gagal menampilkan data

Article

Digital Nomad Adalah: Kelebihan, Kekurangannya, serta Cara Mendalaminya!

Written by Adila Putri Anisya

Digital nomad adalah fenomena modern yang semakin merambah kehidupan profesional di era digital saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi digital, seseorang dapat menghasilkan uang dengan mudah.

Meskipun digital nomad sering dianggap menarik karena fleksibilitasnya, namun tidak semua orang cocok dengan jenis pekerjaan ini, sehingga perlu dipertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk mempraktekannya.

Untuk informasi lebih jelas tentang digital nomad, kelebihan dan kekurangan serta rekomendasi pekerjaannya, simak artikel berikut ini.

Baca juga: 10 Pekerjaan Ini Bisa Kamu Lakukan Secara Remote

APA ITU DIGITAL NOMAD?

Digital nomad adalah istilah untuk seseorang yang bekerja secara remote (jarak jauh) dengan memanfaatkan teknologi digital online. 

Mereka tidak terikat pada satu tempat kerja fisik dan memiliki kebebasan untuk bekerja dari mana saja yang mereka inginkan. 

Sebagai digital nomad, mereka mengandalkan internet sebagai sarana utama untuk mengakses pekerjaan dan berkomunikasi dengan klien atau rekan kerja.

Orang-orang seperti ini biasanya akan bekerja di mana pun, baik di coffee shop, perpustakaan atau bahkan taman. 

Pada intinya, lingkup seorang digital nomad memadukan antara pekerjaan, passion, dan travel. Konsep ini mirip dengan freelancer, namun hanya memanfaatkan teknologi digital saja.

Baca juga: 10 Situs Terbaik dan Terpercaya untuk Cari Kerja Remote

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIGITAL NOMAD

Setiap “konsep” pekerjaan, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan digital nomad. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

KELEBIHAN

Kelebihan utama digital nomad adalah fleksibilitas waktu dan tempat kerja. Sebagai digital nomad, kamu dapat mengatur jadwal kerja sesuai keinginan dan bekerja dari mana saja yang kamu sukai, seperti pantai, cafe, atau hotel.

Selain itu, menjadi digital nomad juga memberikan kesempatan untuk menjelajahi dunia dan mengalami budaya baru. kamu dapat tinggal di berbagai negara dan merasakan kehidupan lokal, sambil tetap melakukan pekerjaan.

Apabila pekerjaan lebih cepat selesai, maka kamu dapat memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih.

KEKURANGAN

Disamping kelebihan, menjadi digital nomad juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah ketidakpastian. Sebagai digital nomad, kamu harus selalu mencari proyek baru untuk memastikan penghasilan tetap. 

Hal tersebut dapat menimbulkan stres dan ketidakstabilan keuangan jika tidak dikelola dengan baik. 

Selain itu, beberapa orang juga terkadang sulit untuk menjaga keseimbangan antara bekerja dan bersantai, karena harus dapat mengatur sendiri jadwal kerja tersebut.

Baca juga: Ada 5 Pekerjaan Freelance Online Kekinian Supaya Weekend Tetap Produktif

PERTIMBANGAN MENJADI DIGITAL NOMAD

Menjadi seorang digital nomad adalah suatu hal yang perlu dipertimbangkan secara matang. Sebelum memutuskan, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan, yaitu:

MEMILIKI KETERAMPILAN YANG RELEVAN

Pastikan kamu memiliki keterampilan yang dapat diandalkan dan relevan dengan pekerjaan digital atau online. Ini akan memastikan kamu dapat menemukan proyek dan mendapatkan penghasilan yang stabil.

Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan secara digital, itulah mengapa keterampilanmu mempengaruhi pertimbangan ini. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan keterampilan dan peningkatan keahlian, adalah langkah yang sangat bijak bagi mereka yang bercita-cita menjadi digital nomad.

MEMPERTIMBANGKAN BIAYA HIDUP

Jika kamu adalah seorang traveler yang ingin menjelajah dunia sambil bekerja secara nomad, mempertimbangkan biaya hidup sangatlah penting. 

Beberapa negara atau kota mungkin lebih mahal daripada yang lain, dan kamu perlu memastikan bahwa memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di negara tersebut.

MEMASTIKAN MEMILIKI KONEKSI INTERNET YANG LANCAR

Percuma saja jika kamu sudah membawa handphone, laptop atau ipad untuk bekerja, namun tidak ada koneksi di tempat kamu bekerja. Pasalnya, inti dari digital nomad adalah kelancaran koneksi internet.

Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil dapat mengganggu produktivitas kerja kamu. Jadi, pastikan kamu dapat mengakses internet yang andal di tempat-tempat yang kamu kunjungi.

KESEHATAN FISIK DAN MENTAL

Konsep digital nomad merajuk pada bekerja sambil melakukan perjalanan. Kasarnya, bekerja saja sudah melelahkan, apalagi sembari melakukan perjalanan? Hal inilah yang perlu kamu pertimbangkan sebelum jadi digital nomad.

Sebelum memasuki dunia digital nomad, pastikan bahwa kesehatan fisik dan mentalmu terjaga dengan baik.

Secara prinsip, kesehatan harus menjadi prioritas utama. Kondisi kesehatan yang buruk dapat mengganggu efektivitas kerja, yang pada akhirnya akan merugikan baik dirimu maupun pihak lain yang bekerja sama denganmu.

Baca juga: 5 Konsultasi Psikolog Gratis Online untuk Jaga Kesehatan Mental Kamu

CARA MENJADI DIGITAL NOMAD

Jika kamu telah mempertimbangkan semua pertimbangan dan memutuskan untuk menjadi digital nomad, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk memulai:

  • Identifikasi keterampilan. Kenali skill yang kamu miliki, dan cari pekerjaan yang relevan dengan keterampilan tersebut. kamu dapat mencari pekerjaan lewat platform online seperti Upwork atau Freelancer.
  • Buat portofolio online. Kamu bisa menampilkan pekerjaan terbaik kamu melalui portofolio,Ini akan membantu kamu memperoleh proyek baru dan membangun reputasi di dunia digital.
  • Cari tempat-tempat yang cocok untuk bekerja. Kamu dapat mencari kafe yang memiliki koneksi internet yang baik atau ruang kerja bersama untuk digital nomad. Pastikan tempat tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu untuk produktivitas kerja.
  • Kelola keuangan dengan bijak. Buat anggaran dan pastikan kamu memiliki cadangan keuangan yang cukup untuk mengatasi ketidakpastian dalam karir digital nomad.
  • Networking. Dengan networking yang luas, kamu bisa mendapatkan lebih banyak proyek atau job. Cobalah aktif dalam platform profesional seperti LinkedIn atau join ke komunitas digital nomad.

Baca juga: 9+ Rekomendasi Pekerjaan Freelance untuk Pemula dengan Gaji Jutaan Rupiah Meski Kerja dari Rumah

CONTOH PEKERJAAN DIGITAL NOMAD

Sebagai digital nomad, kamu dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan yang dapat dilakukan secara online. Beberapa contoh pekerjaan tersebut meliputi:

  • Penulis
  • Desainer grafis
  • Penerjemah
  • Konsultan pemasaran digital
  • Web developer
  • Virtual assistant
  • Data entry
  • Editor
  • Virtual admin
  • Influencer
  • Konseling
  • Voice over

Menjadi digital nomad adalah pilihan gaya hidup yang menarik bagi banyak orang pada masa kini. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kamu dapat bekerja secara fleksibel dari mana saja di dunia. 

Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi digital nomad, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, serta melakukan persiapan yang tepat sebelum terjun ke dunia ini.

Tertarik menjadi digital nomad Indonesia? Diskusi yuk, bareng teman-teman di Girls Beyond Circle, dapatkan networking di sana!

Baca juga: 10 Pekerjaan Sampingan Malam Hari yang Bikin Cuan dan Mudah Dilakukan

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond