gagal menampilkan data

Article

Cek 9 Program Beasiswa S2 di Dalam Negeri dan Luar Negeri, Sudah Tahu Belum?

Written by Caroline Siane

Setelah lulus kuliah, mayoritas orang memilih untuk berkarier atau mencari kerja. Namun, ada juga, lho, yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, yaitu S2 atau master. 

Kalau kamu tertarik untuk berkuliah S2, kamu bisa mengikuti beberapa beasiswa S2 luar negeri dan beasiswa S2 dalam negeri dari beberapa lembaga. Apa saja lembaga yang menyediakan beasiswa S2? Cari tahu di bawah ini.

Beasiswa Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan program beasiswa S2 luar negeri dan beasiswa S2 dalam negeri untuk mahasiswa yang ingin mendalami bidang informatika, khususnya program studi Chief Information Officer atau Tata Kelola TIK.

Kalau kamu tertarik, beasiswa S2 ini dibuka untuk 10 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi di Tiongkok, India, Hungaria, Belanda, dan Jepang.

Website: beasiswa.kominfo.go.id

Beasiswa Gates Cambridge

Kalau dengar nama Gates, pasti tahu, dong, beasiswa  S2 ini dari organisasi apa? Yup! Bill and Melinda Gates Foundation punya program beasiswa S2 untuk kamu yang mau melanjutkan jenjang pendidikan ke University of Cambridge.

Organisasi tersebut memberikan beasiswa S2 penuh untuk 80 mahasiswa dari luar Inggris selama 24 bulan, lho. Kamu nantinya akan mendapatkan manfaat berupa biaya pendidikan, biaya visa, tiket pp, biaya hidup, tunjangan keluarga, dan lain-lain.

Website: www.postgraduate.study.cam.ac.uk 

Beasiswa PMDSU - DIKTI

Selain Kominfo, lembaga dalam negeri Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) memiliki program beasiswa S2, yakni Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). 

Beasiswa S2 tersebut mencakup dipenuhinya biaya pendidikan, buku, perjalanan, hidup, dosen, serta tenaga kependidikan yang mendaftar. Jadi mau coba, nggak, sih?

Website: www.pmdsu.id 

Beasiswa Fulbright - AMINEF

Menjadi salah satu program beasiswa S2 dengan proses seleksi yang cukup ketat, American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) bisa membiayai studimu ke Amerika Serikat. 

Jenis beasiswa S2-nya pun beragam dan menyesuaikan beberapa sasaran. Jenisnya terbagi menjadi 3, yaitu; Fulbright Master’s Degree Scholarship, Fulbright Doctoral Degree Scholarship, serta Fulbright DAI.

Website: www.aminef.or.id 

Beasiswa LPDP - Kementerian Keuangan RI

Pasti kamu udah nggak asing dengan beasiswa S2 yang satu ini! Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan atau yang biasa disingkat LPDP menawarkan 2 jenis beasiswa S2; Beasiswa Reguler dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia.

Jenis beasiswa S2 yang pertama memiliki lebih dari 50 universitas yang sudah disaring tim LPDP. Tenang aja. Ada banyak program studi yang tersedia yang bisa kamu pilih, kok!

Website: lpdp.kemenkeu.go.id

Baca halaman selanjutnya.

Mau tahu info lebih banyak tentang beasiswa? Yuk, gabung di komunitas Girls Beyond Circle sekarang juga!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond