gagal menampilkan data

Article

4 Jurusan Kuliah Bidang Kecantikan, Bisa Kejar Passion Sekaligus Cuan!

Written by Adila Putri Anisya

Jurusan kuliah bidang kecantikan banyak digandrungi oleh perempuan. Pasalnya, banyak dari mereka yang bercita-cita menjadi Makeup Artist (MUA), therapist, beautician, bahkan pebisnis skincare.

Tanpa pengetahuan di bidang kecantikan, seseorang sulit untuk mencapai pekerjaan tersebut, meski beberapa pekerjaan dapat diasah atau masuk dalam pelatihan, namun berkuliah dalam bidang kecantikan bisa menjadi satu langkah lebih maju untuk bisa berkarier dalam bidang kecantikan.

Bagi kamu yang tertarik, berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah yang bisa bekerja dibidang kecantikan!

Baca juga: 5 Jurusan Teknik yang Direkomendasikan bagi Perempuan

REKOMENDASI JURUSAN KULIAH BIDANG KECANTIKAN

Cocok untuk pecinta makeup hingga penggemar skincare, yuk simak berbagai jurusan kuliah dalam bidang kecantikan!

JURUSAN TATA RIAS

jurusan kuliah bidang kecantikan tata rias
Sumber foto: Pexels

Bidang kecantikan ambil jurusan apa, sih? Kalau kamu memiliki minat sebagai Makeup Artist, jurusan kuliah Tata Rias merupakan pilihan tepat. 

Dalam jurusan ini, kamu akan belajar berbagai hal tentang kecantikan, mulai dari merias wajah, penataan rambut, perawatan kulit, hingga perawatan kuku.

Adapun beberapa keahlian yang patut dimiliki untuk jurusan Tata Rias, seperti kemampuan menuangkan karya, kemampuan berpikir rasional, kemampuan ketelitian, detail, hingga kreatif dan inovatif.

Rekomendasi universitas terbaik jurusan Tata Rias di Indonesia:

  • ISBI Bandung
  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Padang

JURUSAN TATA BUSANA

jurusan kuliah bidang kecantikan tata busana
Sumber foto: Pexels

Kuliah jurusan kecantikan bukan hanya tentang makeup, namun juga tentang fashion. Kalau kamu memiliki minat terhadap style fashion, OOTD, dan suka mendesain pakaian sendiri, jurusan Tata Busana sangat direkomendasikan.

Semua tentang mode dan busana akan dipelajari dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara menggambar desain, menjahit, hingga mengembangkan inspirasi menjadi “identity”.

Pada jurusan Tata Busana, kamu harus memiliki keahlian dalam merancang, menggambar, memahami alat penjahit, hingga menguasai pola. Karena, nantinya lulusan ini akan menjadi fashion stylist, fashion designer, hingga beautician.

Rekomendasi universitas terbaik jurusan Tata Busana di Indonesia:

  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Yogyakarta

JURUSAN FARMASI

jurusan kuliah bidang kecantikan jurusan farmasi
Sumber foto: Pexels

Jurusan kuliah bidang kecantikan lainnya adalah Farmasi, cocok untuk kamu yang ingin bekerja di dunia medis, selain menjadi dokter atau perawat. 

Secara umum, jurusan ini mengintegrasikan berbagai bidang ilmu seperti kimia, biologi, kedokteran, dan teknik untuk memahami sifat-sifat zat aktif, proses pembuatan obat, serta efeknya pada tubuh manusia.

Lantas, apa hubungan dengan bidang kecantikan? Jurusan Farmasi memiliki hubungan yang erat dengan bidang kecantikan karena banyaknya produk kecantikan yang melibatkan bahan-bahan aktif yang berasal dari ilmu farmasi.

Lulusan Farmasi dapat menjadi ahli kecantikan, tim peneliti di industri kosmetik, pengembangan produk kecantikan, hingga wirausaha dalam bidang kecantikan.

Rekomendasi universitas terbaik jurusan Farmasi di Indonesia:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Universitas Ahmad Dahlan 

JURUSAN KIMIA

jurusan kuliah bidang kecantikan jurusan kimia
Sumber foto: Pexels

Untuk lulusan IPA dan menyukai pelajaran kimia, jurusan kuliah ini bisa menjadi jalan kamu untuk bergelut dalam bidang profesi kecantikan.

Lulusan jurusan Kimia, dapat bekerja di industri kosmetik karena mempelajari seputar sifat, struktur, komposisi, dan perubahan materi penyusun zat. Kamu seringkali melakukan kegiatan di laboratorium.

Di sini, fokus utama kamu akan ditujukan pada merancang produk, mulai dari bahan mentahnya, menguji kelayakan bahan mentah, hingga merumuskan reaksi yang terjadi dalam proses pembuatan produk.

Banyak perusahaan kecantikan yang mencari lulusan jurusan Kimia untuk memastikan keamanan produk, mereka akan bertugas melakukan pengujian produk, menganalisis produk, dan segala hal yang berkaitan dengan riset produk.

Beberapa prospek karier jurusan kimia dalam bidang kecantikan adalah quality control produk kecantikan, research and development, hingga pebisnis brand skincare.

Rekomendasi universitas terbaik jurusan Kimia di Indonesia:

  • Institut Pertanian Bogor 
  • Institut Teknologi Bandung 
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember 
  • Universitas Airlangga 
  • Universitas Brawijaya 

Itulah beberapa rekomendasi jurusan kuliah bidang kecantikan yang bisa kamu coba untuk berkarier dalam bidang kecantikan, seperti MUA, beautician, beauty advisor, hingga beautypreneur

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Mau tahu lebih banyak soal jurusan di bidang kecantikan? Diskusi bareng yuk, dengan komunitas di Girls Beyond Circle!


Baca juga: 50+ Jurusan Kuliah IPS dan IPA yang Ada di Indonesia, Cek Daftarnya!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond