gagal menampilkan data

Article

4 Zodiak Plegmatis yang Banyak Disukai Orang Lain, Termasuk Kamu?

Written by Adila Putri Anisya

Plegmatis merupakan tipe kepribadian manusia selain melankolis, koleris, dan sanguinis. Tipe kepribadian ini, dikenal cinta damai dan ketenangan. Berdasarkan astrologi, ada beberapa zodiak plegmatis yang menarik untuk dibahas.

Tak hanya cinta kedamaian, namun mereka juga banyak disukai orang lain karena kecenderungan mereka yang selalu menjaga hubungan baik dengan sekitarnya.

Apakah zodiak kamu termasuk plegmatis? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: 5 Top Zodiak yang Beruntung 2024, Adakah Zodiakmu?

APA YANG DIMAKSUD DENGAN KEPRIBADIAN PLEGMATIS?

Kepribadian plegmatis adalah merujuk pada karakter yang tenang, santai, dan tenang. Orang-orang dengan kepribadian plegmatis cenderung tenang dalam menghadapi tekanan dan stres. 

Dilansir dari The Minds Journal, tipe kepribadian ini cenderung menunjukkan keadaan emosi yang stabil dan dapat diprediksi, terlihat santai, serta tidak terganggu oleh rangsangan dari luar. 

Pada intinya, mereka memiliki kecenderungan alami terhadap kedamaian, ketenangan, dan harmoni dalam interaksi mereka dengan orang lain.

Baca juga: 6 Tipe Kepribadian Perempuan: Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta, Sigma

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KEPRIBADIAN PLEGMATIS

Sebelum membahas zodiak plegmatis, sebaiknya ketahui terlebih dahulu karakter orang plegmatis berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan kepribadian plegmatis:

  • Suka menyenangkan hati orang lain. Menurut orang plegmatis, kebahagiaan orang lain adalah kebahagiaannya juga. Tak heran jika mereka selalu memberikan bantuan dan kejutan pada orang di sekelilingnya.
  • Sabar dan toleran. Orang-orang dengan kepribadian plegmatis memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Mereka mampu menghadapi situasi yang sulit dengan tenang dan sabar. Mereka juga cenderung toleran terhadap perbedaan pendapat dan pandangan orang lain.
  • Cenderung introvert. Orang plegmatis memilih lingkungan sosial yang kecil, dan menyukai kesendirian. Dalam lingkungan yang besar, mereka cenderung lebih diam. Namun, di sisi lain mereka juga mudah bergaul karena ramah dan mudah didekati.
  • Menghindari konflik. Ketika ada masalah, mereka memilih untuk menyelesaikannya secara damai. Hal ini karena mereka menyukai hubungan yang harmonis, baik dengan keluarga, teman maupun hubungan asmara.

Kekurangan kepribadian plegmatis:

  • People pleaser. Kecenderungannya untuk menyenangkan hati orang lain membuat mereka menjadi sosok yang people pleaser, yang selalu mendahulukan orang lain dibandingkan dirinya sendiri.
  • Sulit menghadapi perubahan. Cenderung sulit menghadapi perubahan yang cepat atau tiba-tiba. Mereka lebih nyaman dengan rutinitas dan kestabilan. Hal ini bisa menjadi kendala ketika dihadapkan pada situasi yang membutuhkan penyesuaian cepat.
  • Kurangnya ambisi. Mereka kurang ambisius dalam mencapai tujuan. Lebih mementingkan kenyamanan dan stabilitas daripada mencapai kesuksesan yang besar. Hal ini bisa membatasi potensi mereka untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
  • Sulit mengambil keputusan. Ketika dihadapi dalam pilihan, mereka akan frustasi, apalagi jika melibatkan banyak orang. Hal ini dikarenakan rasa takut mengecewakan orang lain karena keputusannya.

Baca juga: Susah Move On, Ini 6 Zodiak yang Paling Suka Stalking Mantan!

URUTAN ZODIAK PLEGMATIS

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah empat zodiak yang memiliki kepribadian plegmatis!

TAURUS (20 APRIL – 20 MEI)

Taurus adalah zodiak yang dikenal dengan stabilitas dan ketahanannya. Mereka memiliki kepribadian plegmatis yang membuat mereka tenang dalam menghadapi tekanan hidup.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki kesabaran yang tinggi dan cenderung berpikir secara logis. Itulah mengapa, mereka terkadang sulit mengambil keputusan karena mempertimbangkan segala hal dengan hati-hati.

Orang berzodiak taurus dikenal memiliki mental yang kuat, karena mereka dikenal sangat sabar. Ini membuat mereka mampu menghadapi tantangan yang timbul dalam perjalanan hidup mereka.

VIRGO (23 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER)

Pada dasarnya, virgo lebih menggunakan logika daripada perasaan ketika menghadapi suatu masalah. Hal inilah yang membuat mereka memiliki kepribadian plegmatis. 

Selain itu, sikap ketidakenakannya dengan orang lain, alias people pleaser, menunjukan bahwa mereka tidak ingin menyakiti perasaan orang dengan kata-katanya. 

Pada intinya, karakter yang terorganisir, analitis, dan cenderung menggunakan logika dalam menghadapi situasi, dapat dianggap memiliki beberapa kesamaan dengan sifat plegmatis yang tenang dan terkendali.

LIBRA (23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER)

Zodiak plegmatis selanjutnya adalah libra, mereka adalah zodiak dengan kepribadian plegmatis yang kuat. Hal ini karena, sifat damai mereka yang membuatnya tidak terpengaruh oleh konflik atau tekanan. 

Zodiak libra juga memiliki sikap yang toleran dan mudah bergaul dengan orang lain, karena kepribadiannya yang terkenal ramah. 

Tak hanya itu, mereka dapat membuat orang di sekitarnya merasa nyaman saat berkomunikasi. Ini didasari karena mereka menyukai keharmonisan dalam setiap hubungan dan selalu menjaga keseimbangan. 

CAPRICORN (22 DESEMBER – 19 JANUARI)

Capricorn dikenal akan kegigihannya dalam menjalani hidup ketika diterpa masalah. Mereka selalu berpikir positif karena memiliki tujuan hidup yang terencana. 

Sifat sensitif mereka terkadang selalu memikirkan perkataan orang lain sehingga tak heran jika mereka selalu mengedepankan orang lain daripada dirinya sendiri. 

Banyak yang suka berteman dengan capricorn karena mereka menjunjung sikap toleransi dan menjadi pendengar yang baik. Menurut mereka, kedamaian hidup merupakan kunci kebahagiaan. 

Itulah empat zodiak yang memiliki kepribadian plegmatis, termasuk taurus, virgo, libra, dan capricorn. Jadi, jika kamu memiliki salah satu zodiak ini, kamu mungkin memiliki kepribadian yang tenang dan stabil.

Gimana? Sesuai dengan karakter kalian? Yuk, diskusi seputar zodiak plegmatis dengan teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 10 Karakter Pisces, dari yang Menyenangkan Sampai Menyebalkan!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond