gagal menampilkan data

Article

Boleh Sikat Gigi saat Puasa? Ini Hukum dan Penjelasannya

Written by Rayya Adila Sakinah

Sikat gigi saat puasa kerap menjadi sebuah dilema di banyak orang. Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar saja, tapi kita juga harus menghindari sesuatu yang dari luar masuk ke dalam tubuh melalui bagian mana pun, terutama yang masuk ke dalam tenggorokan. Sikat gigi ketika puasa kerap menjadi kekhawatiran sebagian orang, karena takut dapat membatalkan puasa, apalagi menyikat gigi merupakan kegiatan yang memasukan sesuatu kedalam mulut.

Apakah benar menyikat gigi saat puasa dapat membatalkan puasa kita? Atau hanya sekedar mitos belaka? Yuk, kita telusuri mitos dan faktanya!

Menyikat Gigi Dapat Membatalkan Puasa?

Menyikat Gigi Dapat Membatalkan Puasa?
Sumber: Pexels

Banyak yang mengira, jika menyikat gigi setelah waktu sahur usai dapat membatalkan puasa. Beberapa orang percaya bahwa saat kita berkumur ataupun menyikat gigi dikhawatirkan tak sengaja tertelan dan aroma serta rasa dari pasta gigi dapat memicu rasa lapar atau haus muncul.

Namun, kenyataan rasa dan aroma dari pasta gigi tidak memengaruhi status puasa seseorang, asalkan kita berhati-hati dalam menyikat gigi agar air ataupun pasta gigi tidak ada yang tertelan oleh kita.

Sikat Gigi saat Puasa Dianjurkan

Sikat Gigi Saat Puasa Dianjurkan
Sumber: Pexels

Sikat gigi saat puasa tidak hanya diperbolehkan, tetapi juga dianjurkan selama menjalankan ibadah puasa. Rasulullah SAW mengajarkan umat islam untuk senantiasa menjaga kebersihan diri, termasuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Beliau juga menegaskan bahwa menjaga kebersihan sebagian dari iman karena menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh termasuk penting dalam ajaran agama Islam. 

Selama puasa, ada baiknya menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang tidak beraroma dan memiliki rasa yang kuat, terutama jika rasa dan aroma dari pasta gigi dapat menimbulkan nafsu makan yang tidak dapat ditahan. Menyikat gigi ketika puasa juga dapat membuat kita lebih nyaman dan merasa segar dalam menjalankan ibadah puasa serta meminimalisir bau mulut.

Metode Menyikat Gigi yang Membatalkan Puasa  

Metode Menyikat Gigi yang Membatalkan Puasa
Sumber: Pexels

Menyikat gigi dapat membatalkan puasa, apabila ada bulu sikat, air atau pasta gigi yang tertelan ke tenggorokan, baik secara tidak sengaja maupun disengaja. Jika air atau pasta gigi hanya sebatas di mulut kemudian dikeluarkan, itu sudah jelas tidak membatalkan puasa. Menyikat gigi untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi serta mulut dianggap tidak membatalkan, malah dianjurkan. Asalkan batas sikat gigi saat puasa tidak sampai masuk ke tenggorokan ya!

Tips Sikat Gigi saat Puasa yang Aman

Tips Sikat Gigi saat Puasa yang Aman
Sumber: Pexels

Menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut selama puasa Ramadhan sangat perlu dilakukan agar ibadah puasa bisa berjalan lancar. Namun, agar menyikat gigi tidak membatalkan puasa di bulan Ramadhan, ada baiknya dilakukan secara hati-hati dan bijaksana.

Ikuti 7 tips berikut ini agar sikat gigi saat puasa tetap aman dan bikin hati tenang, berikut tipsnya:

  1. Boleh sikat gigi saat puasa, asalkan menggunakan pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak mengandung alkohol.
  2. Gunakan sikat gigi yang bersih, pastikan sikat gigi tersebut dalam kondisi baik dan bersih. Gantilah sikat gigi secara teratur setidaknya 3 bulan sekali atau ketika bulu sikatnya sudah tidak layak untuk digunakan kembali, agar dapat menjaga kebersihan gigi secara optimal.
  3. Sikatlah gigi secara lembut, lakukan gerakan menyikat gigi secara lembut dan tepat. Hindari menyikat gigi terlalu agresif karena hal ini dapat melukai gusi, terutama saat kondisi berpuasa.
  4. Hindari menelan pasta gigi atau air kumuran, berkumurlah dengan air secukupnya, jangan sampai airnya tertelan ke tenggorokan. Pastikan, menggunakan pasta gigi yang minim busa agar mudah dibersihkan.
  5. Agar gigi dan mulut senantiasa bersih dan sehat, dianjurkan sikat gigi sebelum sahur dan setelah berbuka.
  6. Bersihkan gigi secara menyeluruh hingga tuntas agar sisa makanan dan sisa pasta gigi yang ada di sela-sela gigi bisa terangkat dengan baik.
  7. Sebaiknya, sikat gigi sebelum waktu imsak datang untuk menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti pasta gigi atau air kumuran tertelan ke tenggorokan. 

Baca juga: 5 Cara Diet di Bulan Puasa yang Tepat & Aman, yang Terakhir Sulit Dilakukan!

Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya! Selain, itu Girl Beyond juga banyak membahas perihal karier, lifestyle, hingga kesehatan, lho. Jadi, yuk gabung Girls Beyond Circle untuk tahu insight lebih banyak!

Halo! Aku Rayya Adila Sakinah salah satu kontributor program YTTA GB dan ini artikelku. Let’s connect on LinkedIn!

Selamat membaca semuanya!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond