gagal menampilkan data

Article

6 Universitas Tertua di Dunia, Ada di Inggris dan Spanyol!

Written by Adila Putri Anisya

Sejak zaman kuno, pendidikan sudah menjadi tonggak ilmu pengetahuan bagi manusia. Tak heran jika ada universitas tertua di dunia yang masih berdiri sampai sekarang. 

Sebagai contoh, universitas tertua dunia adalah di Maroko. Berdasarkan catatan UNESCO dan Guinness Record University, universitas Al-Qarawiyyin, menjadi lembaga pendidikan tinggi tertua di dunia sejak 859 Masehi yang masih berdiri hingga saat ini.

Selain Al-Qarawiyyin, tentu ada universitas lainnya yang dicatat sebagai lembaga pendidikan tinggi tertua, apa sajakah itu?

Baca juga: [UPDATE] Top 10 Universitas Terbaik di Dunia versi QS World University Rankings 2024!

DAFTAR UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA

Setelah pendirian Al-Qarawiyyin pada 859 Masehi, kemudian muncul universitas berikutnya, yaitu Al-Azhar, didirikan di Mesir pada tahun 975 Masehi. 

Dilanjutkan dengan pendirian universitas Hunan pada tahun 976, dan kemudian diikuti oleh universitas Bologna yang berdiri pada tahun 1088. 

Setelah keempat universitas tersebut, berikut adalah universitas yang paling tua di dunia yang perlu kamu ketahui.

6. CAMBRIDGE UNIVERSITY (1209 M)

Sumber foto: University of Cambridge

Sama seperti Oxford, Cambridge juga perguruan tertua di dunia yang menjadi idaman. Menariknya, universitas ini didirikan oleh pelajar dari Oxford pada tahun 1209, pasca adanya kerusuhan yang mengakibatkan beberapa pelajar pindah ke kampus ini.

Selama berabad-abad, Cambridge University berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka di dunia, hingga terus menarik para sarjana terbaik dari seluruh dunia untuk belajar di sana.

Universitas ini juga terkenal karena kontribusinya dalam penelitian dan penemuan di berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk matematika, ilmu alam, kedokteran, sastra, dan sejarah.

5. UNIVERSITY OF SALAMANCA (1218 M)

Sumber foto: History Hit

Universitas tertua dunia selanjutnya, terdapat di negara Spanyol yang dibangun pada 1216 Masehi. 

Universitas ini memiliki sejarah yang kaya dan berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Eropa, berdampingan dengan Paris, Bologna, dan Oxford.

Universitas Salamanca mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1854, di mana masa itu jumlah pendaftarnya mencapai 7,000 mahasiswa. Namun, menurun menjadi 391 semenjak kekalahan Napoleon yang dihancurkan oleh Prancis.

4. OXFORD UNIVERSITY (1096 M)

Sumber foto: University of Oxford

Siapa yang tak tahu universitas terkenal yang satu ini? Salah satu perguruan tinggi terbaik yang berlokasi di Inggris ini, ternyata telah berdiri sejak tahun 1096 Masehi. 

Universitas Oxford telah melahirkan banyak ilmuwan dan penerima Nobel, contohnya, Stephen Hawking, seorang cendekiawan, profesor, dan penulis terkenal. 

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua dan terhormat di dunia, Universitas Oxford terus berperan sebagai landasan bagi pencapaian keunggulan intelektual dan inovasi yang membentuk dunia kita saat ini.

Baca halaman berikutnya tentang universitas tertua di dunia.

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond