gagal menampilkan data

Article

Fakta Menarik Anna Wintour: Miliarder di Balik Adanya Met Gala

Written by Adila Putri Anisya

Met Gala 2024 baru saja digelar pada Senin, (6/4) di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat. Acara fashion bergengsi ini selalu diadakan setiap hari Senin pertama bulan Mei. Setiap tahunnya, nama Anna Wintour selalu menarik perhatian, tak heran karena ia merupakan sosok dibalik kesuksesan acara Met Gala.

Jadi, Anna Wintour siapa sih? Wintour merupakan salah satu perempuan yang memiliki peran penting dalam dunia fashion. Salah satu pencapaian terbesarnya adalah mendirikan acara Met Gala yang menjadi sorotan dunia setiap tahunnya.

Dalam partisipasinya, Wintour tak hanya mengatur tempat, tema, dan rangkaian acara, namun juga mengatur tamu-tamu yang hadir dalam Met Gala. 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Met Gala selalu berhasil menjadi trend topic di berbagai negara. Tema yang diusung kali ini adalah ‘The Garden of Time’ yang juga menjadi rujukan untuk dress code para bintang tamu.

Berbicara tentang Anna Wintour, mungkin banyak dari kalian yang penasaran dengan beliau, yakni sosok perempuan yang “memimpin” jalannya acara Met Gala. Nah, Girls Beyond telah merangkum beberapa fakta menarik nih, simak sampai habis, ya!

Baca juga: Prospek Kerja Menjanjikan di Dunia Fashion

ANNA WINTOUR MET GALA ADALAH SEORANG JURNALIS DAN EDITOR INGGRIS-AMERIKA

Anna Wintour
Sumber foto: Hypebeast

Anna Wintour adalah seorang tokoh ternama dalam dunia fashion dan jurnalis fashion asal Inggris. Dia terkenal sebagai editor-in-chief majalah Vogue Amerika sejak tahun 1988, ini artinya ia sudah memimpin redaksi selama lebih dari tiga dekade.

Selama karirnya, Wintour dikenal karena kepemimpinannya yang tegas dan visi yang kuat dalam menentukan tren fashion secara global. Hal inilah yang membawanya mewujudkan Met Gala, acara fashion tahunan yang dipimpin oleh Anna Wintour sejak tahun 1995.

MEMILIKI GAYA RAMBUT KHAS “THE WINTOUR BOB” SEJAK USIA 14 TAHUN

Anna Wintour
Sumber foto: Kingscliff

Salah satu fun fact menarik tentang Anna Wintour adalah rambut pendeknya yang selalu tertata rapi dengan poni yang ikonik.

Gaya rambutnya ini dikenal juga dengan sebutan “The Wintour Bob” dan telah menjadi ciri khasnya selama bertahun-tahun, bahkan sejak usia 14 tahun. Wintour mengaku ia selalu merawat rambutnya dua kali sehari serta selalu merawatnya ke salon langganannya sendiri di New York.

Selain rambutnya yang ikonik, Wintour juga selalu mengenakan kacamata berwarna hitam besar yang menjadi ciri khas gaya misteriusnya. Seakan kombinasi rambut bob pendek serta kacamata hitam besar sangat menggambarkan Anna Wintour.

TELAH MENDAPATKAN PENGHARGAAN PEREMPUAN PALING BERPENGARUH DI DUNIA

Anna Wintour
Sumber foto: BBC

Anna Wintour telah menerima berbagai penghargaan atas kontribusinya yang luar biasa dalam industri fashion dan jurnalisme. 

Salah satu yang paling menonjol adalah Penghargaan Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia (Most Powerful Women) yang diberikan oleh majalah Forbes selama bertahun-tahun.

Selain itu, Wintour juga dianugerahi Order of the British Empire (OBE) oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2008 atas jasanya dalam industri fashion. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam promosi industri fashion Britania Raya secara global.

SEBELUM BEKERJA DI VOGUE AMERIKA, ANNA WINTOUR BEKERJA DI HARPER’S BAZAAR

Anna Wintour
Sumber foto: The Guardian

Setelah meninggalkan North London Collegiate School, Wintour tidak langsung melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, ia segera memulai karirnya tahun 1970 di dunia fashion dengan bekerja sebagai asisten editor di majalah Harper’s & Queen di London.

Setelah 5 tahun berkarier di sana, Wintour harus menerima kenyataan bahwa dirinya dikeluarkan dari pekerjaan tersebut yang kemudian pindah ke Amerika Serikat (AS).

Pada tahun 1975, Anna Wintour pindah ke AS dan mulai bekerja di majalah New York sebagai editor fashion. 

Di sana, ia memperoleh posisi yang semakin tinggi di dunia editorial, termasuk menjadi editor-in-chief di beberapa majalah bergengsi seperti House & Garden, British Vogue, dan akhirnya Vogue Amerika Serikat pada tahun 1988.

Baca juga: 5 Toko Thrifting Shop Tas Branded yang Autentik!

MENYUKAI OLAHRAGA TENIS DAN ROGER FEDERER ADALAH IDOLANYA

Anna Wintour
Sumber foto: Vogue

Anna Wintour dikenal sebagai penggemar tenis, lho! Dia sering terlihat hadir di turnamen tenis besar seperti Wimbledon di London dan US Open di New York. 

Wintour bahkan pernah mengatakan bahwa tenis adalah salah satu hobinya yang dia nikmati, dan dia senang menghabiskan waktu di lapangan tenis untuk berolahraga dan bersosialisasi dengan teman-temannya.

Fun fact-nya, Anna Wintour ternyata memiliki idola petenis favorit bernama Roger federer dari Swiss, yang ternyata memang telah berteman selama bertahun-tahun. 

DIKENAL KARENA PERHATIANNYA TERHADAP DETAIL, TERMASUK PADA ACARA MET GALA

Anna Wintour
Sumber foto: The New York Times

Wintour dikenal karena ketelitian dan perhatiannya terhadap detail, ia selalu memastikan bahwa setiap aspek tentang fashion hingga pelaksanaan acara dilakukan dengan sempurna.

Sebagai orang yang telah memimpin acara Met Gala selama 30 tahun sejak tahun 1995, ia tak pernah lupa untuk memperhatikan setiap detail acara dengan sempurna. 

Bahkan, Wintour sendirilah yang bertanggung jawab dalam mengundang para selebriti papan atas untuk makan malam dengan busana yang istimewa di Met Gala. Tak heran jika setiap tahun, acara tersebut selalu menjadi topik hangat di media sosial.

ANNA WINTOUR ADALAH SOSOK YANG DERMAWAN KARENA RAJIN BERAMAL

Anna Wintour
Sumber foto: Forbes

Meskipun Anna Wintour lebih dikenal karena kontribusinya dalam industri fashion, dia juga dikenal sebagai sosok yang dermawan, lho. Anna Wintour telah terlibat dalam berbagai kegiatan amal dan acara penggalangan dana untuk berbagai penyebab, termasuk pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

Salah satu contohnya, pada tahun 1990, Wintour berperan strategis dalam mengembangkan nilai amal industri fashion untuk penderita AIDS. Dia juga memimpin 16 acara penggalangan dana dan berhasil mengumpulkan hampir US$ 130 juta untuk Metropolitan Museum of Art Costume Institute.

Anna Wintour adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam dunia fashion, terutama dalam adanya Met Gala. Dari gaya berpakaian yang fashionable hingga keputusannya untuk mendirikan acara ini, Wintour telah menciptakan sebuah platform yang menghubungkan dunia fashion dengan dunia selebriti dan seni. Met Gala telah menjadi sebuah tradisi yang dinantikan setiap tahunnya dan tentunya tidak akan terwujud tanpa kehadiran Anna Wintour.

Mau tahu fun fact tentang selebriti lainnya? Gabung Girls Beyond Circle sekarang, yuk!

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Bidang Kecantikan, Bisa Kejar Passion Sekaligus Cuan!

Sumber foto: Forbes

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond