gagal menampilkan data

Article

7+ Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar SNBT 2024

Written by Septia Sapoetri

Per hari ini hingga 20 Mei nanti, SNBT 2024 sudah memasuki pelaksanaan gelombang keduanya. Nah, siapa di antara kamu yang termasuk tim gelombang kedua dan masih merasa perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi soal UTBK? Kalau kamu termasuk, baca tuntas artikel ini ya karena Gaby punya rekomendasi channel YouTube yang bisa bantu kamu untuk belajar SNBT 2024!

Berbicara tentang persiapan belajarnya, UTBK-SNBT 2024 terdiri dari dua komponen materi, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi. Untuk TPS, terdapat empat sub tes di dalamnya, yaitu Kemampuan Penalaran Umum (PU), Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), Kemampuan Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), dan Pengetahuan Kuantitatif (PK). Kemudian, untuk Tes Literasi terbagi menjadi tiga sub tes, yaitu Literasi Bahasa Indonesia (Litbind), Literasi Bahasa Inggris (Litbing), dan Penalaran Matematika (PM). 

Yuk, langsung saja masuk ke 8 rekomendasi channel YouTube yang bisa bantu kamu untuk mempersiapkan diri menuju UTBK-SNBT 2024!

Baca juga: 6+ Channel YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris Paling Recommended, Ada untuk Pemula!

Privat Al Faiz

Belajar SNBT 2024 Privat Al Faiz
Sumber foto: YouTube (Privat Al Faiz)

Rekomendasi pertama adalah channel Privat Al Faiz dengan slogan “Belajar nyaman prestasi mengesankan” yang tertera di banner akun YouTube-nya. Sesuai dengan slogannya, Kak Faiz memang menyajikan video pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Ia mengajak audience untuk belajar SNBT 2024 dengan membahas soal dari beberapa subtes, seperti PU, PK, dan PM. Tentu saja, pembawaannya santai dan mudah dimengerti.

Tidak jarang juga Kak Faiz memberikan penjelasan materi secara umum terlebih dahulu sebelum masuk ke pembahasan secara khusus dari latihan soal. Oleh karena itu, channel Privat Kak Faiz sangat cocok untuk kamu jadikan sumber belajar soal SNBT 2024. Paket lengkap!

Pak Franzz

Belajar SNBT 2024 Pak Franzz
Sumber foto: YouTube (Pak Franzz)

Nah, rekomendasi kedua channel YouTube untuk belajar SNBT 2024 adalah Pak Franzz. Channel ini terkenal karena menyajikan trik dalam menjawab soal hitung-hitungan untuk subtes PK dan PM. Nggak muluk-muluk, video yang disajikan juga benar-benar simpel, hanya soal dengan mode dark (latarnya hitam dan tulisannya putih), dilengkapi voice over, juga pensil coret berwarna kuning.

“Trik Cara Cepat” menjadi andalan Pak Franzz dalam membahas soal latihan SNBT. Sehingga, channel ini lebih disarankan untuk kamu yang sudah mengerti konsep materinya secara umum dan mau belajar cara menjawab soal yang cepat dan tepat. 

Tubuh Kata

Belajar SNBT 2024 Tubuh Kata
Sumber foto: YouTube (Tubuh Kata)

Lanjut ke rekomendasi ketiga, yaitu Tubuh Kata. Berbeda dengan dua channel sebelumnya yang membahas angka dan operasi hitungan, channel ini menghadirkan pembahasan SNBT untuk subtes PBM dan PPU.

Salah satu tips belajar soal SNBT 2024 untuk subtes PBM dan PPU adalah banyak membaca dan menjawab soal. Tetapi jika kamu tidak terbiasa membaca dan lebih suka mendengarkan, Tubuh Kata dapat menjadi solusinya. Ia menyajikan video pembahasan soal yang juga dilengkapi dengan pembahasan materi secara detail, sehingga membuat kamu paham secara konsep.

GEP Media

Belajar SNBT 2024 GEP Media
Sumber foto: YouTube (GEP Media)

GEP Media merupakan channel YouTube yang membahas seluruh subtes SNBT, mulai dari TPS hingga Tes Literasi dengan mentor yang berbeda di setiap subtesnya. Mereka menyajikan video pembahasan dengan durasi rata-rata 10 menit.

Selain itu, mereka juga memiliki video dengan format YouTube Shorts yang hanya terdiri dari satu soal. Dengan format ini, mereka memudahkan para pejuang SNBT 2024 untuk belajar, meskipun hanya dengan satu soal latihan yang sudah dilengkapi pembahasan.

Jadi, kalau kamu nggak mau ribet dan cuma mau menggunakan satu channel YouTube untuk belajar SNBT 2024, kamu bisa menggunakan GEP Media sebagai pilihan, karena isinya yang super lengkap!

Belajar Bareng English (BBE)

Belajar SNBT 2024 Belajar Bareng English (BBE)
Sumber foto: YouTube (Belajar Bareng English (BBE))

Rekomendasi kelima ada Belajar Bareng English (BBE). Melalui channel ini, kamu bisa mendapatkan tips belajar soal SNBT 2024 untuk subtes Literasi Bahasa Inggris. Videonya berisi soal latihan sekaligus pembahasan dan trik cepat untuk menjawab soal dengan teks bacaan yang panjang.

Penjelasannya detail, mudah dipahami, dan tidak bertele-tele. Kamu bisa menemukan serangkaian video pembahasan soal Bahasa Inggris di playlist-nya yang berjudul “Literasi Bahasa Inggris UTBK-SNBT 2024”.

Baca juga: 10 Channel Youtube untuk Belajar CPNS 2024, Berikan Penjelasan Mudah dan Lengkap!

Pahamify

Belajar SNBT 2024 Pahamify
Sumber foto: YouTube (Pahamify)

Pahamify merupakan sebuah aplikasi belajar yang juga menyediakan kelas online setiap Kamis untuk me-review latihan soal SNBT 2024 secara gratis dan terbuka untuk umum melalui channel YouTube-nya. Tidak tanggung-tanggung, ia membahas seluruh subtes UTBK secara bergilir.

Seluruh video siaran langsungnya dapat kamu tonton kembali di channel YouTube Pahamify. Kamu nggak perlu ragu-ragu untuk mulai belajar SNBT 2024 dari channel ini, karena Pahamify adalah salah satu platform edukasi yang banyak direkomendasikan untuk persiapan UTBK. No kaleng-kaleng pastinya!

Fauzan Al Rasyid

Belajar SNBT 2024 Fauzan Al-Rasyid
Sumber foto: YouTube (Fauzan Al-Rasyid)

Kak Fauzan merupakan salah satu tutor PBM yang terkenal di kalangan kaum ambis sejak 2020 lalu. Ia sering mengunggah pembahasan materi kebahasaan secara singkat dan jelas melalui akun media sosialnya, seperti Twitter dan Instagram, hingga akhirnya ia mulai membuka kelas PBM UTBK di tahun 2021 di channel YouTube-nya.

Meskipun tidak ada unggahan terbaru untuk tahun ini, materi-materi yang tersedia di channel Fauzan Al-Rasyid sudah sangat cukup dijadikan referensi belajar soal SNBT 2024 subtes PBM. Ia menyajikan pembahasan secara lengkap berikut dengan contoh soal sederhana dan latihan soal UTBK yang dapat menambah pemahaman kamu terkait bahasa Indonesia.

Butet Mengajar

Belajar SNBT 2024 Butet Mengajar
Sumber foto: YouTube (Butet Mengajar)

Sama seperti Fauzan Al-Rasyid, Butet Mengajar juga sudah tidak begitu aktif mengunggah pembahasan soal UTBK. Tetapi channel-nya hingga kini masih eksis dan dikunjungi para pejuang SNBT 2024. Channel ini menyajikan pembahasan soal subtes PM dengan vibes yang ceria dan penuh warna. Setiap videonya memiliki durasi yang cukup panjang karena ia membahas soal dalam jumlah yang banyak.

Selain video pembahasan soal, Butet Mengajar juga memiliki video pembahasan materi Matematika mulai dari konsep dasarnya. Jadi, channel ini sangat cocok buat kamu yang benar-benar mau memulai dari dasar materinya sebelum masuk ke latihan soal.

Dari kedelapan channel YouTube untuk belajar SNBT 2024 di atas, mana yang jadi favorit kamu? Yuk, sharing tentang persiapan UTBK bersama komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Deretan Universitas Dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik 2024

Sumber: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond