gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Alasan Orang Manfaatkan ASMR untuk Tidur, Apakah Efektif?

Written by Aurelia Lois

Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR) telah menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. 

ASMR adalah sensasi kesemutan yang menyenangkan dan menenangkan, biasanya dimulai dari kulit kepala dan merambat ke bagian belakang leher dan tulang belakang. 

Fenomena ini sering dipicu oleh rangsangan audio-visual tertentu, seperti bisikan lembut, suara ketukan, atau gerakan tangan yang halus. 

Meskipun masih dalam tahap penelitian, banyak orang melaporkan berbagai manfaat positif dari ASMR yang berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Berikut ini, Girls Beyond akan membahas seputar ASMR dan manfaatnya. Penasaran? Simak artikel berikut.

Apa Arti Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR)

Sumber foto: Pexels/Karolina Grabowska

Baik itu bisikan, ketukan, atau goresan, ada sesuatu tentang suara atau visual dalam klip ASMR yang mungkin membuat indera kita bergetar.

Lalu, apa ASMR itu sebenarnya? Melansir dari Healthline.com, ASMR atau singkatan dari “autonomous sensory meridian response” menggambarkan sensasi yang mungkin kamu rasakan dari rangsangan tertentu, termasuk suara, visual, atau bahkan kontak dekat dengan orang lain (baik secara langsung maupun online).

Orang yang mengalami ASMR mengatakan bahwa sensasinya seperti kesemutan yang dimulai dari kepala, lalu bergerak turun ke bagian belakang leher, dan terkadang ke seluruh tubuh.

Orang lain menggambarkannya sebagai perasaan tenang yang menyebar ke seluruh tubuh, dimulai dari kulit kepala dan bergerak ke bawah.

Pemicu ASMR dapat berbeda-beda pada setiap orang, dan sensasinya bisa dipicu oleh berbagai indera. Di antara semua kemungkinan pemicu, ada beberapa yang tampaknya hampir selalu efektif bagi kebanyakan orang. 

Memahami rangkaian pemicu unik yang kamu miliki dapat memungkinkan kamu untuk lebih mendalami aspek-aspek relaksasi dan manfaat dari ASMR.

Pemicu ASMR yang Mungkin Sering Kamu Temui 

Pemicu ASMR dapat berbeda-beda pada setiap orang, dan sensasinya bisa dipicu oleh berbagai indera. Di antara semua kemungkinan pemicu, ada beberapa yang tampaknya hampir selalu efektif bagi kebanyakan orang. 

Memahami rangkaian pemicu unik yang kamu miliki akan memungkinkan kamu untuk lebih mendalami aspek-aspek relaksasi dan manfaat dari ASMR.

  • Bisikan

Salah satu pemicu ASMR yang paling populer adalah bisikan. Suara lembut atau bisikan dapat menimbulkan rasa relaksasi dan ketenangan yang mendalam, bahkan bisa menurunkan detak jantung.

  • Suara Renyah, Mengerut, atau Berdecak

Suara renyah, mengerut, atau berdecak juga merupakan pemicu ASMR yang umum. Suara seseorang menggigit buah, kertas yang dikerutkan, atau suara berdecak dari spons bisa sangat menggugah indera. 

  • Mengetuk atau Mengetik

Suara ritmis dan seringkali seperti metronom dari mengetuk atau mengetik adalah pemicu ASMR lainnya. Pola suara yang seragam ini bisa memberikan efek menenangkan yang mendalam, mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

  • Kontak Mata

Kontak mata memiliki dasar psikologis yang kuat. Kontak mata yang lembut dan berkepanjangan dapat menimbulkan rasa intimasi dan keterhubungan emosional. Hal ini dapat direplikasi dalam video, di mana artis ASMR menatap ke lensa kamera, dan bisa sangat efektif dalam memicu ASMR.

  • Pola Cahaya

Stimulus visual bisa menjadi pemicu yang sangat efektif. Gerakan lembut pola cahaya dapat menarik perhatianmu dan mengalihkan fokus dari stres sehari-hari. Konsentrasi ini dapat memicu respons ASMR, menciptakan kondisi mental seperti aliran. 

Pola cahaya ini bisa termasuk osilasi lambat bayangan kipas langit-langit, lampu bintang yang berkelap-kelip, atau kerlip lembut cahaya lilin. Salah satu YouTuber yang giat menghadirkan video pola cahaya yang mungkin kamu butuhkan adalah ShiverMeTingles.

Dengan memahami pemicu ASMR yang paling umum ini, kamu bisa lebih mengeksplorasi manfaat relaksasi dan ketenangan yang ditawarkan oleh ASMR.

Baca juga: Cara Bijak Menghadapi Quarter-life Crisis, Fase untuk Perkembangan Diri

Bagaimana ASMR Memengaruhi Kualitas Tidur

Sumber foto: Pexels/Eren Li

Setiap orang pasti ingin memiliki kualitas tidur yang baik atau sekadar tertidur nyenyak untuk bisa bangun dengan segar di esok paginya. 

ASMR sebagai pemicu indera ini pun menjadi booming di internet, sehingga banyak dari mereka memanfaatkannya untuk tertidur. Namun, bagaimana pengaruh sebenarnya dari ASMR?

“ASMR dapat melepaskan suasana hati negatif yang sering disertai dengan perasaan tenang dan istirahat, yang pada akhirnya mengarah pada tidur,” kata Dr. Lulu Guo, Sleep Medicine Physician.

Sebagai hasilnya, ASMR telah terbukti meningkatkan kualitas tidur. Melansir dari Sleep Foundation, ada beberapa cara di mana ASMR dapat membantu tidur, termasuk:

  • Mendorong relaksasi

Efek ASMR yang paling umum dilaporkan adalah relaksasi. Merasa rileks adalah langkah penting sebelum tidur karena memungkinkan tubuh untuk melepaskan ketegangan dan pikiran untuk tenang.

  • Mengurangi kecemasan dan stres:

Kecemasan dan stres dapat membuat sulit untuk tidur. ASMR mengurangi tingkat kecemasan dan stres, dan hal itu dapat membantu tidur dengan mencegah pengguna dari terus memikirkan pikiran-pikiran stres di waktu tidur.

  • Meningkatkan mood

Ada hubungan yang terbukti antara depresi dan masalah tidur. ASMR tampaknya meningkatkan mood, yang dapat membantu mengurangi kesulitan tidur pada orang dengan depresi.

  • Mengurangi rasa sakit

Rasa sakit dapat mengganggu tidur, tetapi ASMR telah terbukti memberikan bantuan sementara dari rasa sakit.

“Ketika kami mempertimbangkan tingkat neurotisisme, kecemasan, dan bahkan seberapa banyak individu menikmati video ASMR, kami menemukan bahwa tingkat-tingkat ini juga dapat menjelaskan penurunan kecemasan saat itu bahkan ketika partisipan tidak mengalami sensasi kesemutan,” kata penulis studi Joanna Greer, PhD. 

“Ini adalah hal yang telah membuat kami menyarankan bahwa ASMR mungkin dapat dipertimbangkan sebagai intervensi untuk kecemasan secara umum.”

Itulah informasi mengenai alasan orang manfaatkan asmr untuk tidur. Bagaimana denganmu?

Ingin tahu informasi menarik lain seperti ini? Yuk, gabung Girls Beyond Circle!

Baca juga: Gak Cuma Tidur, Ini 7 Jenis Istirahat Agar Hidup Lebih Berkualitas!