gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

6 Makanan Penyebab Jerawat, Jangan Dikonsumsi Berlebih!

Written by Septia Sapoetri

Selain faktor kebersihan lingkungan dan diri sendiri, ternyata makanan juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kulit muka kita. Beberapa kandungan dalam makanan, seperti lemak dan gula, dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi secara berlebih. Lantas, apa saja makanan penyebab jerawat itu?

Baca juga: 15 Makanan Tinggi Protein untuk Diet, Turunnya Sehat!

Makanan Penyebab Jerawat

Coklat dan Permen

coklat dan permen makanan penyebab jerawat
Sumber foto: Pexels 

Siapa yang tidak menyukai coklat dan permen? Camilan ini ternyata salah satu makanan manis penyebab jerawat, loh! Coklat dan permen memiliki kandungan gula dan susu yang tinggi.

Kadar gula dan susu yang tinggi meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, yang kemudian dapat merangsang produksi minyak berlebih di kulit. Jumlah minyak itulah yang akhirnya bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Roti

roti makanan penyebab jerawat
Sumber foto: Pexels

Roti dan olahan sejenis roti, seperti pizza, juga merupakan makanan yang menyebabkan jerawat. Bahan utama makanan ini adalah tepung terigu halus dengan kadar indeks glikemik tinggi. Maksudnya, karbohidrat ini dapat dengan cepat dipecah menjadi glukosa, sehingga kadar glukosa dalam tubuh akan meningkat. Peningkatan glukosa ini dapat meningkatkan minyak kulit, menyumbat pori-pori, dan menimbulkan jerawat. 

Selain itu, kandungan gula atau topping pada roti juga bisa memperparah peradangan jerawat. Jadi, roti ini nggak cuma makanan yang bikin jerawatan, tetapi juga bisa bikin jerawat kamu tambah parah.

Susu, Keju, dan Es Krim

susu makanan penyebab jerawat
Sumber foto: Pexels

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah susu dan produk turunannya, seperti keju, es krim, dan yoghurt. Susu mengandung hormon alami yang menyebabkan peningkatan produksi sebum atau minyak. Seperti penjelasan sebelumnya, minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori, dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Mie Instan

mie instan penyebab jerawat
Sumber foto: Pexels

Mie instan merupakan produk makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain karena karbohidratnya yang dapat meningkatkan jumlah gula darah dengan cepat, mie instan juga mengandung pengawet, lemak jenuh, MSG, dan natrium yang tinggi.

Keempat bahan tersebut, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat memperburuk kondisi kulit dan menimbulkan jerawat. So, ayo mulai batasi konsumsi mie instan dan makanan dengan MSG tinggi lainnya!

Gorengan

gorengan makanan penyebab jerawat
Sumber foto: Pexels

Selanjutnya, makanan favorit banyak orang yang ternyata menjadi salah satu makanan penyebab jerawat, yaitu gorengan. Seperti yang kita ketahui, gorengan adalah makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Lemak tersebut dapat meningkatkan peradangan dari tubuh dan merangsang produksi minyak berlebih.

Tidak hanya itu, jenis dan bahan utama gorengan juga bisa memperparah dampaknya. Seperti kentang goreng dan gorengan tepung yang mengandung karbohidrat tinggi.

Soda

soda makanan penyebab jerawat
Sumber foto: Pexels

Minuman bersoda memang pilihan tepat untuk dinikmati pada siang hari atau ketika berkumpul dengan teman. Namun, ternyata soda juga merupakan minuman penyebab jerawat.

Soda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Kandungan gula ini dapat meningkatkan produksi insulin dan minyak dalam tubuh yang kemudian menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, serta menimbulkan jerawat.

Alternatif Makanan untuk Mengurangi Risiko Jerawat

alternatif makanan penyebab jerawat
Sumber foto: Pexels

Keenam makanan penyebab jerawat di atas bukan sama sekali tidak boleh dikonsumsi, ya! Namun, memang sebaiknya tidak dikonsumsi secara terus-menerus atau dalam porsi yang banyak. Kalau kamu mau menikmati makanan atau minuman yang enak dan sehat (plus, rasanya mirip dengan keenam makanan di atas), kamu bisa coba beberapa alternatif makanan di bawah ini.

  • Dark chocolate, coklat jenis ini tidak terlalu banyak mengandung gula.
  • Roti sourdough, proses fermentasi dalam pembuatan sourdough membantu mengurangi kadar indeks glikemik dan membuat kandungan glutennya lebih mudah dicerna.
  • Panggang, bukan goreng, kamu bisa mengganti olahan gorengan, seperti kentang goreng menjadi kentang panggang.
  • Susu nabati, seperti susu almond, susu oat, atau susu kedelai.
  • [Tips] Banyak konsumsi sayur dan buah, kuncinya adalah seimbang. Ketika kamu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi, kamu bisa menyeimbangkannya dengan sayur dan buah segar.

Kalau kamu mau dapat informasi yang bisa bantu kamu glow up, tandanya kamu harus bergabung komunitas Girls Beyond Circle sekarang juga. Ayo join dan nantikan informasi menarik lainnya!

Baca juga: 7 Makanan Khas Bandung Terbaru dan Viral yang Wajib Dicoba!

Sumber: Pexels