gagal menampilkan data

Article

Yuk, Berbagi Kebaikan! Donasi Online Melalui 7 Lembaga Terpercaya di Bawah Ini

Written by Angela Ranitta

Di era digital seperti sekarang ini, sudah semakin banyak aktivitas manusia yang bisa dilakukan secara online. Salah satu contohnya, yaitu melakukan donasi. Dulu, kamu harus datang secara langsung ke lembaga penerima donasi untuk menyalurkan bantuan. Saat ini, semua bisa kamu lakukan melalui gadget. Dengan begitu, kamu bisa berdonasi ke mana saja dengan cepat dan mudah.

Sayangnya, kemudahan berdonasi di era digital ini ternyata dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab. Maraknya penipuan berkedok donasi membuat banyak orang ragu-ragu untuk menyalurkan bantuan secara online

Namun, jangan khawatir dulu, ya! Berikut adalah sejumlah lembaga terpercaya untuk kamu menyalurkan donasi:

Hoshizora Foundation

Setiap tahun, tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Tema yang ditentukan pada tahun ini adalah “kesetaraan dan inklusi bagi setiap anak”. Tahukah kamu bahwa pada tahun 2021, lebih dari 75 ribu anak di Indonesia putus sekolah? Kondisi ini dipengaruhi oleh pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang tua nggak lagi sanggup membiayai pendidikan anak-anaknya. 

Hoshizora Foundation merupakan sebuah organisasi nirlaba asal Yogyakarta yang fokus pada pemerataan pendidikan bagi anak-anak di Indonesia. Salah satu program yang diadakan oleh Hoshizora Foundation adalah Kakak Bintang. Sebagai seorang Kakak Bintang, kamu bisa memberikan dukungan finansial bagi Adik Bintang yang membutuhkan. Hoshizora Foundation juga memiliki program-program lain, seperti pemberdayaan guru, community fund, dan one-time donation

Dengan berdonasi ke Hoshizora Foundation, kamu bisa memberikan kesempatan bersekolah bagi anak-anak yang membutuhkan. Cek informasi lebih lanjut mengenai Hoshizora Foundation di sini.

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

UNICEF Indonesia

UNICEF merupakan lembaga yang diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk peningkatan kesejahteraan anak di negara-negara berkembang. Aktif sejak tahun 1946, UNICEF telah hadir di 192 negara dan teritori, termasuk Indonesia. 

Salah satu isu yang menjadi fokus utama UNICEF Indonesia adalah pendidikan. Pandemi COVID-19 yang melanda sejak tahun 2020 mengakibatkan begitu banyak anak di Indonesia kehilangan akses pendidikan. Berdasarkan data, sebanyak 4,3 juta anak di Indonesia nggak bisa mengenyam pendidikan formal. Sementara itu, 2,3 juta anak nggak bisa baca-tulis. 

Kamu bisa mendukung upaya UNICEF untuk memberikan kembali hak pendidikan anak-anak Indonesia dengan cara berdonasi. UNICEF Indonesia membuka 2 program donasi, yaitu Pendekar Anak dan One-Time Donation. Melalui program Pendekar Anak, kamu dapat berdonasi rutin setiap bulan dengan nominal berapa pun. Yuk, klik di sini untuk informasi lebih lanjut. 

Lovepink Indonesia

Bulan Oktober lalu diperingati sebagai Breast Cancer Awareness Month. Kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di kalangan perempuan. Keterlambatan penanganan serta keterbatasan biaya untuk mengakses layanan kesehatan menjadi salah satu faktor utamanya. 

Nah, kamu bisa berdonasi bagi para penyintas kanker payudara melalui Lovepink Indonesia. Lovepink Indonesia merupakan sebuah organisasi non-profit yang memiliki visi meningkatkan kesadaran akan deteksi dini kanker payudara. Donasi yang kamu berikan dapat membantu kelancaran kampanye yang diadakan Lovepink Indonesia. 

Kamu bisa transfer ke nomor rekening 006-392-8787 a.n. Yayasan Daya Dara Indonesia (BCA KCU Equity Tower SCBD). Selain itu, kamu juga bisa berdonasi dengan cara membeli kaos serta buku yang dijual oleh Lovepink Indonesia. Klik di sini untuk informasi selengkapnya, ya.

Baca juga: Breast Cancer Awareness Month: Cegah Tingginya Angka Kanker Payudara dengan SADARI

Yayasan Kanker Payudara Indonesia

Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) merupakan organisasi nirlaba yang bergerak dalam upaya penyuluhan serta penanggulangan kanker payudara di Indonesia. Organisasi ini telah bermitra dengan pemerintah Indonesia. Sejumlah program YKPI, antara lain sosialisasi deteksi dini, unit mobil mammografi, serta rumah singgah bagi pengidap kanker payudara. 

Donasi untuk pengidap kanker payudara bisa kamu salurkan ke nomor rekening 126-000-705-9198 a.n. Yayasan Kanker Payudara Indonesia (Bank Mandiri Cab. Wijaya) maupun 217-111-9997 a.n. Yayasan Kanker Payudara Indonesia (Bank Mandiri). Informasi selengkapnya mengenai YKPI bisa kamu cek di sini.

Yayasan Pulih

Baca juga: 5 Rekomendasi Layanan Psikolog Mudah dan Murah di Indonesia

Sepanjang tahun 2021, Komnas Perempuan menerima lebih dari 300 ribu kasus kekerasan berbasis gender (KBG). Salah satu permasalahan utama kasus KBG di Indonesia adalah minimnya akses terhadap bantuan bagi korban. Maka dari itu, Yayasan Pulih hadir untuk menyediakan layanan konseling psikologi bagi korban KBG yang ingin pulih dari traumanya.

Yayasan Pulih mematok biaya konseling sebesar 200-300 ribu rupiah per sesi. Namun, biaya tersebut bersifat fleksibel berdasarkan kondisi ekonomi kliennya. Hal ini dilakukan agar korban-korban KBG yang terbatas secara finansial tetap bisa mengakses layanan pemulihan psikis. 

Kamu bisa mendukung Yayasan Pulih dengan berdonasi ke nomor rekening 126-000-401-5722 a.n. Yayasan Pulih (Bank Mandiri Cab. Kemang Raya). Donasi yang kamu salurkan akan digunakan untuk meningkatkan layanan psikologi bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi. Kamu bisa cek situs resmi Yayasan Pulih untuk tahu informasi selengkapnya.

Baca juga: Ke Mana Korban Harus Melapor? Layanan Bantuan Korban Kekerasan Berbasis Gender (KBG) yang Bisa Dihubungi

Rumah Faye

Rumah Faye merupakan sebuah organisasi independen yang fokus pada pemberantasan perdagangan, eksploitasi, serta kekerasan anak. Organisasi ini diinisiasi oleh aktivis muda, Faye Simanjuntak dan berbasis di Jakarta serta Batam. Rumah Faye memiliki 3 program kerja utama, yaitu pencegahan, pembebasan, serta pemulihan korban. 

Kamu bisa terlibat dalam upaya memperjuangkan hak-hak anak dengan berdonasi ke Rumah Faye. Donasi bisa kamu salurkan melalui QRIS atau formulir yang disediakan oleh Rumah Faye. Klik di sini untuk baca informasi lebih lanjut tentang Rumah Faye, ya.

Lindungi Hutan

Nggak cuma sesama manusia, ternyata alam pun juga butuh bantuanmu. Selama beberapa tahun terakhir, krisis lingkungan menjadi salah satu isu concerning yang sering dibahas. Berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan planet kita, salah satunya dengan memperbanyak penanaman pohon.

Lindungi Hutan merupakan sebuah yayasan asal Kota Semarang yang fokus pada pelestarian ekosistem hutan. Lindungi Hutan nggak cuma menerima donasi, tetapi juga menyediakan platform bagi kamu yang ingin menggalang dana secara online. Dana yang berhasil dikumpulkan nanti akan dipakai untuk menanam pohon. 

Nah, kamu bisa berdonasi secara mandiri maupun membuat kampanye alam melalui platform Lindungi Hutan. Yuk, klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Nah, itu tadi 7 lembaga terpercaya tempat kamu bisa menyalurkan donasi secara online. Jangan pernah lelah untuk berbagi, ya, girls. Sebab, segala yang baik nggak hanya membawa perubahan bagi orang lain, tetapi juga diri kita sendiri. Jadi, yuk berbagi kebaikan untuk dunia yang lebih baik!

Pengen sharing lebih banyak seputar isu-isu yang lagi happening? Yuk, gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond