Menu
Scholarship

10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri adalah impian banyak orang sejak dulu. Kamu mungkin salah satunya. Sayangnya, nggak semua orang punya privilege untuk menuntut ilmu sampai ke negeri orang. Biaya sering banget jadi kendala utama seseorang buat kuliah di luar negeri. 

Namun, jangan berkecil hati dulu, girls! Kamu masih punya kesempatan, kok untuk kuliah di luar negeri, bahkan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun! Yup, saat ini ada banyak banget beasiswa kuliah di luar negeri yang berasal dari pemerintah, lembaga swasta, maupun universitas yang bersangkutan. Nggak tanggung-tanggung, mereka bahkan memberikan beasiswa fully-funded alias kamu bisa kuliah gratis sampai lulus nantinya.

Menarik banget, kan? Yuk, simak daftar beasiswa kuliah di luar negeri di bawah ini yang bisa kamu coba!

Baca juga: 10 Prodi Langka Ini Cuma Ada Satu di Indonesia

Beasiswa LPDP

Beasiswa yang satu ini berasal dari pemerintah Indonesia, tepatnya dikelola oleh Kementerian Keuangan RI. Beasiswa LPDP ada buat kamu yang mau melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3, baik di dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, serta biaya-biaya lainnya, seperti transportasi, asuransi kesehatan, aplikasi visa (residence permit), serta uang saku bulanan. 

Pendaftaran beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun dengan tahapan seleksi sebanyak 4 kali. Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa LPDP, kamu bisa cek di situs resmi https://lpdp.kemenkeu.go.id/, ya. 

Baca juga: Kuliah Gratis di Mana Aja dengan Beasiswa LPDP

Beasiswa Chevening

Beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah Inggris bagi masyarakat Indonesia yang berminat untuk kuliah S2 di sana. Beasiswa ini telah dibuka sejak tahun 1983 dan meluluskan lebih dari 50 ribu alumni dari seluruh penjuru dunia, loh.

Salah satu syarat pendaftaran beasiswa Chevening adalah telah memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun atau 2.800 jam kerja. Selain itu, penerima beasiswa bersedia kembali ke negara asalnya setelah menyelesaikan pendidikan S2 di Inggris selama 2 tahun.

Beasiswa Chevening akan membuka lebih dari 1.500 kuota untuk tahun akademik 2023/2024 mendatang. Tahap pendaftaran beasiswa ini sendiri telah dibuka sejak tanggal 2 Agustus lalu sampai 1 November 2022 nanti. Apabila kamu tertarik, kamu bisa cek informasi selengkapnya di https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/

Baca juga: Yuk, Kuliah S2 di Inggris! Kupas Tuntas Beasiswa Gratis dari Chevening

Beasiswa Turkiye Burslari 

Beasiswa asal negara Turki ini diberikan untuk program S1, S2, hingga S3 sekaligus, loh. Bahkan disediakan beasiswa khusus buat kamu yang ingin menempuh pendidikan pada bidang kesenian di Ankara University of Music and Fine Arts. Menarik, ‘kan?

Beasiswa Turkiye Burslari nggak cuma mencakup biaya pendidikan, uang saku bulanan, akomodasi, dan asuransi kesehatan saja. Kamu juga bakal dibiayai untuk kursus Bahasa Turki selama satu tahun sebelum memulai studi kamu di sana.

Tahap pendaftaran beasiswa Turkiye Burslari biasanya dibuka pada awal tahun, yaitu bulan Januari-Februari. Kalau kamu tertarik, kamu bisa cek informasi selengkapnya di situs resmi https://www.turkiyeburslari.gov.tr/

Beasiswa Fulbright 

Kamu pengen kuliah di Amerika Serikat? Beasiswa yang satu ini bisa jadi pilihan buatmu! Beasiswa Fulbright merupakan sebuah program beasiswa yang ditawarkan oleh lembaga American-Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) buat kamu yang pengen melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Negeri Paman Sam tersebut. 

Program ini telah dibuka untuk masyarakat Indonesia sejak tahun 1952 dan telah membantu lebih dari 3 ribu WNI untuk menuntut ilmu maupun melakukan penelitian di AS. Pendaftaran Beasiswa Fulbright umumnya dibuka setiap awal tahun. Cek situs resmi https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/scholarship/ untuk informasi lengkapnya, ya. 

Baca juga: 8 Beasiswa Khusus Perempuan, Kamu Perlu Tahu!

Beasiswa MEXT

Jepang merupakan salah satu negara yang paling diincar oleh para pemburu beasiswa. Nggak heran, karena kualitas pendidikan di Negeri Sakura tersebut memang juara. Kalau kamu tertarik kuliah di sana, kamu bisa melamar beasiswa Monbukagakusho (MEXT).

MEXT Scholarship ditawarkan oleh pemerintah Jepang untuk jenjang pendidikan S1 dan S2. Beasiswa ini terdiri dari 3 program, yaitu undergraduate (gakubu), specialized training college (senshu), dan college of technology (kosen). 

Beasiswa MEXT bakal menanggung seluruh biaya pendidikan kamu selama di Jepang, termasuk biaya sekolah persiapan sebelum kamu mulai kuliah di sana. Kamu juga akan mendapatkan uang saku sebesar 15 juta rupiah per bulannya.

Kalau kamu tertarik dengan beasiswa yang satu ini, kamu bisa simak informasi selengkapnya di https://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

Beasiswa KAIST 

Nggak cuma Jepang, negeri tetangganya, yaitu Korea Selatan juga punya kualitas pendidikan yang nggak kalah oke. Makanya, banyak banget yang pengen kuliah di sana. Kamu pun bisa jadi salah satunya melalui program beasiswa S1 yang ditawarkan oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST).

Kampus yang satu ini terkenal akan pendidikannya di bidang sains, teknik, dan teknologi. Namun beberapa tahun silam, program pendidikan bisnis KAIST telah meraih akreditasi internasional. KAIST merupakan almamater dari sejumlah tokoh hebat dalam bidang teknologi, seperti founder aplikasi KakaoTalk, Rim Ji-hoon dan founder aplikasi LINE, Lee Hae-jin. 

Kamu bisa cek informasi selengkapnya tentang beasiswa KAIST dari https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/

Beasiswa AMA

Selain beasiswa KAIST, ada beasiswa lain yang nggak kalah menarik dari si Negeri Ginseng. Buat kamu yang pengen kuliah di bidang kesenian, beasiswa Art Majors Asian (AMA) dari Korea National University of Arts ini patut kamu coba!

Beasiswa ini dibuka untuk jenjang S1 maupun S2, loh! Program studi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari seni musik, seni rupa, seni tari, seni peran, dan sebagainya. Bahkan dibuka pula beasiswa untuk program studi seperti Broadcasting, Multimedia, dan Filmmaking

Pembiayaan beasiswa AMA mencakup pelatihan Bahasa Korea selama 4 bulan sebelum perkuliahan dimulai. Tapi kalau kamu sudah punya sertifikasi TOPIK level 6, kamu nggak perlu ikut kursus Bahasa Korea lagi. 

Gimana? Tertarik daftar beasiswa yang satu ini? Cek informasi lengkapnya di https://www.karts.ac.kr/en/karts/ama.do

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Malaysian International Scholarship

Pengen kuliah di luar negeri tapi nggak terlalu jauh dari Tanah Air? Malaysian International Scholarship (MIS) solusinya! Beasiswa ini dibuka oleh pemerintah dari negara tetangga, Malaysia untuk pelajar internasional, termasuk Indonesia.

Hingga kini, MIS telah memberikan beasiswa bagi lebih dari 100 ribu pelajar dari 150 negara. Nggak tanggung-tanggung, program beasiswa ini bahkan memberikan tunjangan tesis, serta hibah perjalanan untuk konferensi dan publikasi ilmiah bagi kamu yang mengambil pendidikan S3.

Buat kamu yang tertarik mendaftar Malaysian International Scholarship, kamu bisa cek informasi lebih detailnya di https://biasiswa.mohe.gov.my/INTER/index.php, ya!

Australia Awards Scholarship

Beasiswa yang satu ini bisa jadi pilihan buat kamu yang pengen kuliah S2 dan S3 di Australia. Australia Awards Scholarship (AAS) diberikan oleh pemerintah Australia kepada para pelajar internasional yang ingin menimba ilmu di universitas-universitas terkemuka di sana. 

Program AAS mencakup pembiayaan, seperti pelatihan sebelum keberangkatan (pre-departure training) dan kerja lapangan selama berkuliah di sana. Beasiswa ini juga memprioritaskan pelamar perempuan serta penyandang disabilitas. Selain itu, pelamar yang berasal dari Area Fokus Geografis, yaitu Aceh, NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara) juga dianjurkan untuk mendaftar.

Informasi lebih lengkap mengenai Australia Awards Scholarship (AAS) bisa kamu temukan di situs resmi https://www.australiaawardsindonesia.org/

IFA Paris Scholarship

Kata siapa kuliah di bidang fashion minim beasiswa? Buat kamu yang punya ketertarikan untuk mendalami dunia fashion, kamu bisa kuliah di International Fashion Academy (IFA) Paris, Prancis dengan beasiswa fully-funded yang satu ini.

Sekolah mode internasional yang didirikan pada tahun 1982 ini menawarkan beasiswa untuk jenjang S1 maupun S2. Sejumlah program studi yang bisa kamu ambil di IFA Paris, antara lain Bachelor Fashion Design and Technology, Bachelor Visual Merchandising, Master Fashion Management, dan Master of Arts Contemporary Fashion Design

Selain menawarkan beasiswa penuh alias gratis, IFA Paris juga menawarkan excellence scholarship dengan pengurangan biaya pendidikan sebesar 40 persen, dan distinction scholarship dengan pengurangan biaya pendidikan sebesar 20 persen. Khusus untuk program excellence scholarship dan distinction scholarship tidak ada batas waktu pengajuan, ya.

Kamu bisa cek informasi lebih detailnya di https://www.ifaparis.com/admissions/scholarships/

Nah, gimana, nih? Tertarik untuk kuliah di luar negeri dengan program-program beasiswa di atas? Selamat mencoba dan semoga beruntung, ya, girls!

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

Buat kamu yang pengen ngobrol-ngobrol seputar pendidikan dengan sesama cewek keren dari seluruh Indonesia, yuk gabung sama kami di Girls Beyond Circle! Klik di sini, ya!

No Comments

    Leave a Reply