gagal menampilkan data

Article

10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Written by Angela Ranitta

Melanjutkan studi di luar negeri adalah impian banyak orang. Nggak sedikit orang yang kerja keras mengejar beasiswa kuliah di luar negeri. Sebab, berkuliah dengan beasiswa memang punya segudang manfaat. Nggak cuma bisa kuliah gratis, kamu biasanya juga akan mendapat uang saku untuk menunjang kebutuhan sehari-harimu di sana. Selain itu, lembaga penyedia beasiswa biasanya hanya akan berafiliasi dengan kampus-kampus jempolan di mana kamu bisa mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik.

Sebenarnya, ada banyak banget beasiswa kuliah di luar negeri yang masih jarang diketahui orang-orang. Nah, kamu pastinya nggak mau, dong kalau sampai melewatkan kesempatan emas hanya karena kurang informasi. Yuk, simak 10 beasiswa gratis ke luar negeri di bawah ini yang masih jarang diketahui!

Rhodes Scholarship, Inggris

Para pemburu beasiswa pasti tahu, dong kalau Inggris termasuk salah satu negara tujuan kuliah yang paling diminati. Selain karena kualitas pendidikannya yang nggak perlu diragukan, negara yang satu ini memang cukup sering memberikan beasiswa kepada pelajar internasional. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Rhodes Scholarship.

Rhodes Scholarship merupakan program beasiswa yang diadakan oleh Oxford University untuk jenjang S2 dan S3. Komponen pembiayaan beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, uang saku, akomodasi, asuransi kesehatan, dan sebagainya. Pendaftaran Rhodes Scholarship dibuka pada bulan Juni-Agustus setiap tahunnya. Sementara itu, perkuliahan di Oxford University dimulai pada bulan Oktober. 

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek https://www.rhodeshouse.ox.ac.uk/ scholarships/the-rhodes-scholarship/

Baca juga: Yuk, Kuliah S2 di Inggris! Kupas Tuntas Beasiswa Gratis dari Chevening

Knight-Hennessy Scholars Fund, Amerika Serikat

Siapa, sih yang nggak pengen berkuliah di Stanford University? Kampus swasta di Stanford, California ini merupakan perguruan tinggi terbaik ketiga se-Amerika Serikat, loh. Keren banget, ‘kan?

Kamu bisa banget kuliah pascasarjana gratis di Stanford University dengan program beasiswa mereka, Knight-Hennessy Scholars Fund. Program beasiswa ini meliputi biaya kuliah S2 dan S3 di Stanford University selama maksimal 3 tahun. 

Pendaftaran Knight-Hennessy Scholars Fund dibuka sampai bulan Oktober setiap tahunnya. Pendaftar yang lolos seleksi akan diumumkan pada bulan Desember hingga bulan April di tahun selanjutnya, dan perkuliahan akan dimulai pada musim gugur. 

Informasi lebih lengkap mengenai beasiswa ini bisa kamu baca di https://knight-hennessy .stanford.edu/

Griffith University Scholarship, Australia

Australia merupakan salah satu negara yang cukup sering memberikan beasiswa kepada pelajar Indonesia. Namun, masih banyak yang belum tahu soal program beasiswa satu ini, Griffith University Scholarship.

Griffith University yang berlokasi di Queensland, Australia merupakan salah satu kampus yang paling rajin memberi beasiswa. Sejumlah beasiswa yang diberikan oleh Griffith University, antara lain Griffith Remarkable Scholarship, International Student Academic Excellence Scholarship, International Student Academic Merit Scholarship, Griffith Research Scholarship, dan sebagainya. 

Informasi lebih lengkap mengenai ketentuan dan skema pembiayaan dari masing-masing program beasiswa dari Griffith University bisa kamu cek di https://www.griffith.edu.au/ international/scholarships-finance

Eric Bleumink Fund Scholarship, Belanda

Belanda merupakan salah satu negara tujuan kuliah atau riset yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Kamu pun bisa jadi salah satu dari mereka dengan Eric Belumink Fund Scholarship. Beasiswa ini diperuntukkan buat kamu yang pengen kuliah S2 di University of Groningen.

Eric Bleumink Fund Scholarship mencakup biaya kuliah, tiket pesawat PP Indonesia-Belanda, uang saku bulanan, tunjangan buku, asuransi kesehatan, dan sebagainya. Untuk menerima beasiswa ini, kamu harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran ke program S2 University of Groningen dan diterima secara bersyarat. Setelahnya, pihak admisi akan memilih pendaftar yang memenuhi kriteria penerimaan Eric Bleumink Fund Scholarship

Kamu bisa cek informasi selengkapnya tentang Eric Bleumink Fund Scholarship di https:// www.rug.nl/education/scholarships/eric-bleumink-fund?lang=en

Baca juga: Kuliah Gratis di Mana Aja dengan Beasiswa LPDP

Russia Skolkovo Scholarship, Rusia 

Buat kamu yang pengen kuliah di jurusan saintek, bisa banget, nih daftar beasiswa yang satu ini. Skolkovo Institute of Science and Technology merupakan perguruan tinggi saintek yang terletak di Moskow, Rusia. Meski baru didirikan pada tahun 2011, tetapi universitas yang sering dijuluki Skoltech ini punya kualitas pendidikan yang oke banget. 

Skoltech menyediakan beasiswa pascasarjana buat pelajar internasional yang tertarik kuliah saintek di Rusia. Skema pembiayaannya mencakup biaya kuliah, uang saku bulanan, dan asuransi kesehatan. Pendaftaran beasiswa Skoltech biasanya dibuka hingga bulan Juli setiap tahun. 

Informasi lebih lengkap mengenai beasiswa ini bisa kamu cek di https://www.skoltech.ru/ en/apply/

Baca juga: Susah Cari Kerja? Jangan-jangan Kamu Alami Skills Gap

Stipendium Hungaricum, Hungaria

Hungaria terkenal sebagai negara dengan biaya hidup yang relatif terjangkau di Eropa. Selain itu, angka kriminalitas di sana juga tergolong rendah, menjadikan Hungaria sebagai negara yang aman nggak cuma buat warga negaranya, tetapi juga foreigners. Karenanya, melanjutkan studi di Hungaria merupakan keputusan yang sangat tepat. 

Pemerintah Hungaria menawarkan beasiswa Stipendium Hungaricum bagi para pelajar internasional yang ingin kuliah di sana. Pendanaan Stipendium Hungaricum meliputi biaya kuliah gratis 100%, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, dan akomodasi berupa asrama selama kamu tinggal di sana. 

Pendaftaran Stipendium Hungaricum umumnya dibuka pada awal tahun. Perkuliahan di Hungaria sendiri biasanya dimulai pada bulan September. Biar nggak ketinggalan informasi, yuk cek selengkapnya di https://stipendiumhungaricum.hu/

Goh Keng Swee Scholarship, Singapura

Kamu pasti sudah tahu, dong kalau negara tetangga kita, Singapura merupakan negara paling maju di Asia Tenggara. Bahkan Singapura menempati ranking pertama sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik sedunia. Nggak heran kalau pelajar dari berbagai belahan dunia rebutan untuk bisa kuliah di sana. 

Kamu pun bisa mewujudkan mimpi berkuliah di Singapura dengan Goh Keng Swee Scholarship. Beasiswa yang disebut juga GKS Scholarship ini dikelola oleh lembaga swasta, Association of Banks in Singapore (ABS). Beasiswa ini memberikan kesempatan buat kamu kuliah S1 di 4 kampus top di Singapura: National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Selain gratis biaya kuliah dan mendapat uang saku, kamu juga bisa mendapatkan tunjangan asrama dari Goh Keng Swee Scholarship. Jadi, nggak perlu pusing-pusing lagi nyari tempat tinggal, deh. Kamu juga akan mendapat setting-in allowance sebesar 2 juta rupiah saat baru pertama kali tiba di Singapura.

Pendaftaran GKS Scholarship biasanya akan dibuka pada bulan November. Cek https://abs.org.sg/dr-goh-keng-swee-scholarship untuk tahu informasi lebih lengkapnya, ya.

Baca juga: 8 Beasiswa Khusus Perempuan, Kamu Perlu Tahu!

Tokyo NODAI Scholarship, Jepang

Selain Singapura, negara tujuan kuliah di Asia yang paling diminati adalah Jepang. Negara ini menjadi rumah dari sejumlah kampus terbaik dunia dengan kualitas pendidikan yang nggak perlu diragukan lagi. Nah, buat kamu yang tertarik berkuliah di bidang agrikultur, kamu bisa daftar Tokyo NODAI Scholarship.

Tokyo NODAI Scholarship merupakan program beasiswa dari Tokyo University of Agriculture. Program ini diberikan kepada para pemegang gelar Magister Agrikultur yang ingin melanjutkan studinya hingga ke jenjang S3 atau doktor. Skema pembiayaannya meliputi tiket pesawat PP Indonesia-Jepang, uang saku, serta tunjangan akademik (disertasi, ujian, bimbingan akademik, dan lain-lain).

Jika kamu tertarik, kamu bisa cek informasi selengkapnya di https://www.searca.org/tokyo-nodai-scholarship

Art Major Asian Scholarship, Korea Selatan

Kata siapa jurusan seni minim beasiswa? Kalau kamu masih beranggapan seperti itu, artinya kamu harus tahu beasiswa yang satu ini! Art Major Asian (AMA) merupakan beasiswa internasional yang diberikan oleh Korea National University of Arts (K-Arts), kampus seni jempolan di Korea Selatan. Sesuai namanya, beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar internasional se-Asia, nggak terkecuali Indonesia.

Pembiayaan AMA Scholarship meliputi biaya kuliah (full coverage), uang saku bulanan, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat PP Indonesia-Korea Selatan. Kamu juga akan mendapatkan pelatihan Bahasa Korea secara intensif selama 4 bulan sebelum memulai perkuliahanmu di K-Arts. 

Pendaftaran AMA Scholarship biasanya dibuka pada bulan Mei-Juni. Kamu bisa cek di https:// www.karts.ac.kr/en/karts/ama.do untuk informasi mendetailnya, ya. 

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Shanghai Government Scholarship, Republik Rakyat Tiongkok

Masih di Asia Timur, salah satu negara tujuan kuliah yang nggak boleh terlewatkan tentunya adalah Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Setiap tahun, pemerintah Shanghai memberikan beasiswa untuk para pelajar internasional melanjutkan studinya di kota terbesar di RRT tersebut. 

Shanghai Government Scholarship dibuka untuk jenjang S1, S2, dan S3. Kamu bebas memilih bidang keilmuan yang ingin kamu pelajari di sana, mulai dari saintek, ekonomi, humaniora, hingga seni. Kamu juga bisa memilih ingin mengambil perkuliahan berbahasa Inggris atau Mandarin. Skema pembiayaan Shanghai Government Scholarship mencakup biaya kuliah, uang saku, akomodasi, hingga asuransi kesehatan. 

Pendaftaran Shanghai Government Scholarship umumnya dibuka hingga bulan Mei setiap tahun. Kunjungi http://lxs.ecnu.edu.cn/EN/msg.php?id=35 untuk mendapatkan informasi selengkapnya, ya. 

Baca juga: 10 Prodi Langka Ini Cuma Ada Satu di Indonesia

Nah, itu tadi 10 beasiswa kuliah di luar negeri yang masih jarang diketahui. Adakah yang membuatmu tertarik? Jangan pernah lelah mengulik informasi beasiswa kuliah di luar negeri ya, girls! Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan emas tersebut!

Kalau kamu pengen sharing lebih banyak seputar pendidikan dan beasiswa, Girls Beyond Circle is the right place for you! Klik di sini untuk bergabung, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond