Menu
Personal Growth

Berkaca dari Lagunya NIKI, Jangan Sampai Kamu Masuk Jebakan Backburner!

Hayo, siapa di sini yang suka dengerin lagu-lagunya NIKI? Penyanyi bernama asli Nicole Zefanya tersebut memang sedang naik daun. Kemampuannya menulis lirik yang relatable dan menyentuh hati bikin lagu-lagunya digandrungi banyak orang.

Pada bulan Agustus lalu, NIKI merilis album keduanya yang bertajuk “Nicole”. Album tersebut terdiri dari 12 lagu, salah satunya berjudul “Backburner”. Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang nggak pernah menjadi prioritas kekasihnya. Meski berulang kali disakiti, ia tetap bertahan dalam hubungan tersebut. Menjelang akhir lagu, NIKI melantunkan lirik,”Oh, and I know that it’s sad I settle for the backburner.”

Baca juga: Selingkuh untuk Pisah dengan Pasangan, Ini Tandanya Seseorang Melakukan Exit Affair dan Cara Menghadapinya

Apa Itu Backburner?

Backburner adalah seseorang yang memiliki “gebetan cadangan” di saat dirinya telah berada dalam suatu hubungan. Jika relasi tersebut ternyata nggak berjalan mulus, mereka bisa segera mendapatkan pasangan baru sesaat setelah mengakhiri hubungannya. Kayanya kemarin barusan putus, kok hari ini sudah jalan sama yang baru? Mana kelihatan mesra banget! Kapan deketnya, ya? Nah, kemungkinan besar orang tersebut adalah seorang backburner

Mengapa seseorang menjadi backburner? Ketidakpuasan dalam suatu hubungan kerap menjadi alasan utama seseorang menjadi backburner. Alih-alih membicarakan masalah dengan pasangan, mereka lebih memilih mencari “gebetan cadangan” di luar. 

Alasan lainnya adalah takut akan kesepian. Mungkin kamu pernah bertemu orang yang hidupnya, tuh pacaran melulu. Habis putus dengan satu orang, besoknya sudah gandengan sama yang baru. Seolah-olah mereka nggak bisa hidup kalau melajang. Nah, seringkali seseorang menjadi backburner karena takut kesepian apabila nggak punya pasangan. 

Baca juga: Sulit Lepas dari Toxic Relationship, Bisa Jadi Kamu Terjebak Trauma Bonding

Tanda-tanda Seorang Backburner

Pastinya nggak ada yang mau menjalin hubungan dengan backburner, entah sebagai pasangan resmi atau “cadangan”-nya. Sebab, relasi seperti jelas hanya menguntungkan satu pihak, yaitu tak lain adalah si backburner sendiri. Berikut adalah beberapa pertanda bahwa kamu sedang menjalin hubungan dengan backburner:

Lebih Sering Berkomunikasi Melalui Gadget

Backburner biasanya lebih suka berkomunikasi melalui gadget. Entah melalui chatting atau telepon dan video call. Mereka nggak mau atau bahkan nggak berani diajak ketemuan langsung. Hal ini dikarenakan mereka masih menjalin hubungan dengan pasangan resminya. Backburner juga biasanya cenderung hilang-hilangan dan mengajakmu berkomunikasi di waktu tertentu saja. Sebab, bagi mereka kamu bukan prioritas. 

Sering Membatalkan Rencana Secara Mendadak

Nah, ketika gebetanmu mulai berani mengajak ketemuan, jangan buru-buru senang! Sebab, seorang backburner sering banget membatalkan rencana secara mendadak. Bahkan nggak jarang mereka membatalkannya di detik-detik terakhir, ketika kamu sudah siap berangkat. Biasanya mereka melakukan ini karena pasangannya tiba-tiba mengajak ketemuan. 

Gombal Melulu, Komitmen Apa Kabar?

Salah satu ciri khas seorang backburner adalah kemampuan menggombalnya yang nggak main-main. Iya, mereka memang jago banget meluluhkan hati dengan kata-kata manis. Mereka menggombal seolah-olah memujamu, tapi giliran ditanya soal komitmen… nggak dulu, deh! Mereka selalu berkelit jika ditanya ke mana arah hubungan yang tengah dijalani. Nah, kalau kamu merasa berada dalam hubungan yang statusnya nggak jelas, hati-hati, ya! Bisa jadi kamu sedang masuk jebakan backburner

Baca juga: Romantis atau Manipulatif? Yuk, Kenalan dengan Love Bombing!

Datang Hanya Ketika Butuh, Tapi Posesif

Seperti yang sudah dijelaskan, backburner hanya akan datang ketika membutuhkanmu. Misalnya, ketika sedang bertengkar dengan pacarnya, atau LDR-an. Namun, di sisi lain mereka posesifnya minta ampun! Loh, katanya cuma cadangan? Iya, meski kamu bukan prioritas, tetapi mereka tetap berusaha mengikatmu dalam hubungan yang serba nggak jelas. Dan lagi-lagi, kalau ditagih soal komitmen, tetap saja mereka berkelit.

“Suatu Hari, Kamu Akan Jadi Milikku.”

Nah, ini, nih janji manis khas backburner yang paling sering dilontarkan. “Suatu hari nanti, kamu akan jadi milikku.” Mereka sering banget menjanjikan hubungan yang lebih serius denganmu, tapi faktanya omong kosong! Backburner menjanjikan kejelasan hubungan hanya karena nggak ingin kehilangan dirimu. 

Nah, jika gebetanmu memiliki tanda-tanda di atas, belum ada kata terlambat untuk melepaskan diri darinya. Kamu bisa membicarakannya dengan orang-orang yang kamu percaya, seperti keluarga atau teman. Sebab, seperti yang sudah disebutkan bahwa backburner seringkali bersikap posesif. Kalau mereka sampai nekat meneror atau melakukan kekerasan, segeralah minta bantuan kepada orang terdekat. Kamu juga bisa menghubungi layanan bantuan kekerasan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Stay safe, girls!

Baca juga: Ke Mana Korban Harus Melapor? Layanan Bantuan Korban Kekerasan Berbasis Gender (KBG) yang Bisa Dihubungi

Kalau kamu butuh ruang aman untuk ngobrol seputar relationship, gabung dengan Girls Beyond Circle, yuk! Klik di sini untuk bergabung, ya!

No Comments

    Leave a Reply