gagal menampilkan data

Article

Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Tipe MBTI Kamu

Written by Angela Ranitta

Girls, apakah kamu masih kebingungan menentukan jalan kariermu? Atau kamu takut terjebak dalam pekerjaan yang nggak sesuai passion? Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang sering dimiliki oleh para pencari kerja, terutama yang baru lulus kuliah. 

Jika kamu punya pertanyaan di atas, nggak perlu khawatir, girls! Kamu bisa mempelajari kepribadianmu menurut MBTI untuk mencari tahu pilihan karier yang cocok untukmu.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan indikator kepribadian yang populer di dunia psikologi. MBTI dikembangkan oleh penulis Amerika Serikat, Katherine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers pada tahun 1944. MBTI terdiri dari 16 tipe kepribadian yang dikembangkan dari 4 kategori, yaitu introversion/extroversion (I/E), intuition/sensing (N/S), thinking/feeling (T/F), dan judging/perceiving (J/P). 

Tes kepribadian MBTI bisa kamu akses secara gratis melalui website 16Personalities. Saat ini, MBTI kerap digunakan sebagai panduan karier seseorang. Berikut adalah prospek kerja yang direkomendasikan sesuai dengan MBTI kamu:

Baca juga: Kenali Peluang Kerjamu Berdasarkan Tipe Kepribadian DISC!

INTJ – The Mastermind

female researcher

INTJ adalah seorang problem solver yang unggul. Kamu punya kemampuan analisis tinggi serta berorientasi pada detail. Kamu adalah pribadi yang kreatif sekaligus rasional. Namun, kamu cenderung perfeksionis. Akibatnya, kamu kerap merasa superior seakan-akan nggak ada orang lain yang bisa bekerja lebih baik darimu. 

INTJ cocok melakukan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analisis tinggi dan bisa dikerjakan secara individu. Misalnya, peneliti, akuntan, konsultan finansial, software developer, dan system analyst

INTP – The Architect

INTP dikenal sebagai pribadi yang sangat filosofis. Kamu punya rasa ingin tahu besar terhadap makna atau alasan di balik segala sesuatu. Karenanya, kamu nggak pernah takut untuk bereksperimen dengan imajinasimu. Di sisi lain, kamu sulit berpikir atau bekerja secara sistematis. Belum lagi, kamu sering meremehkan orang lain yang kamu anggap nggak selevel atau sefrekuensi denganmu. 

INTP menyukai pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan daya imajinasi tinggi. Kamu lebih cocok bekerja secara individu atau mandiri. Contoh pekerjaan yang cocok untukmu adalah arsitek, penulis, programmer, dosen, dan ahli ekonomi.

Baca juga: 5 Jurusan Teknik yang Direkomendasikan bagi Perempuan

ENTJ – The Commander

ENTJ adalah jagonya menyusun strategi. Kamu punya kemampuan mengidentifikasi masalah dan membuat keputusan yang sangat cepat. Karenanya, kamu sangat cocok menempati posisi pemimpin. Di sisi lain, dorongan untuk memimpin kerap bikin kamu ambisius untuk jadi sosok yang dominan dalam sebuah kelompok. Kamu juga sering ceplas-ceplos dalam mengungkapkan kritik dan ketidaksetujuanmu. 

ENTJ cocok dengan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analisis dan decision making yang cepat sekaligus tepat. Beberapa pekerjaan yang direkomendasikan untukmu, yaitu pengacara, venture capitalist, market research analyst, manajer konstruksi, dan eksekutif.

ENTP – The Visionary

female lawyer

ENTP dikenal sebagai pribadi yang memiliki wawasan luas. Kamu menyukai hal-hal yang intellectually challenging. Selain itu, kamu adalah sosok yang mudah beradaptasi dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Namun, kamu perlu belajar untuk lebih fokus terhadap sesuatu. Kamu juga perlu menghentikan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. 

ENTP sepertimu menyukai pekerjaan yang menuntutmu untuk terus berkembang dan berinovasi. Karier yang cocok untuk ENTP, yaitu pengacara, creative director, marketing director, financial planner, dan pengusaha. 

Baca juga: Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja Menjanjikan

INFJ – The Counselor

female psychologist talking to client

INFJ adalah si idealis yang suka memandang atau memaknai segala sesuatu secara intens dan mendalam. Kamu punya kepedulian tinggi terhadap sekitarmu. Karenanya, kamu selalu merasakan dorongan untuk membantu orang lain. Namun, empatimu sering bikin kamu jadi sosok yang terlalu sensitif. Kamu suka menolong orang, tetapi di saat yang sama sulit membuka diri dan mempercayai orang lain. 

INFJ menyukai lingkungan kerja yang relatif tenang dan stabil. Karier di bidang sosial atau kemanusiaan sangat direkomendasikan untukmu. Sejumlah profesi yang cocok untuk INFJ adalah psikolog, penulis, konselor, HR manager, dan customer relations manager

INFP – The Healer

female physiotherapist with patient

INFP merupakan sosok yang idealis sekaligus imajinatif. Meski nggak banyak bicara, tetapi diam-diam kamu suka mengobservasi orang-orang di sekelilingmu. Kamu juga memiliki dorongan untuk menciptakan perubahan dalam diri atau kehidupan orang lain. Dorongan ini seringkali bikin kamu jadi people pleaser yang nggak ada kapoknya walau sudah dimanfaatkan berkali-kali. Selain itu, kamu kerap memandang sesuatu hanya dari sudut pandangmu saja, dan mengabaikan pendapat orang lain. 

INFP sangat menyukai pekerjaan yang tujuannya adalah membantu orang lain. Kamu cenderung mencari pekerjaan yang visi-misinya sejalan dengan value yang kamu pegang. Sebagai INFP, kamu cocok bekerja sebagai psikolog, terapis fisik, pekerja sosial, graphic designer, dan penulis.

ENFJ – The Teacher

marketing executive

ENFJ adalah social butterfly yang punya misi membawa perubahan positif dalam kehidupan orang lain. Kamu jago mengidentifikasi potensi dalam diri seseorang dan membantu mereka mengembangkannya. Selain itu, kamu sangat persuasif sehingga mudah memengaruhi orang lain. Namun, kamu sering lupa berpikir dua kali sebelum melakukan sesuatu. Kamu juga sering mengalami kesulitan untuk membuat keputusan yang besar. 

ENFJ direkomendasikan untuk pekerjaan yang banyak melibatkan interaksi sosial. Kamu menyukai lingkungan kerja yang kolaboratif sekaligus suportif. Karier yang cocok untukmu, antara lain PR specialist, advertising executive, HR manager, sales manager, dan art director.

ENFP – The Champion

female musician singing while playing guitar

ENFP adalah jiwa-jiwa kreatif yang sangat terbuka terhadap ide-ide baru. Kamu punya intuisi yang kuat dan suka berada di tengah banyak orang. Kemampuan komunikasi dan leadership-mu pun nggak perlu diragukan lagi. Namun, kamu perlu mengurangi kebiasaan overthinking dan haus validasi. Kamu juga perlu melatih konsentrasimu ketika menyelesaikan suatu pekerjaan. 

ENFP menyukai lingkungan kerja yang memberimu kebebasan untuk berpikir dan mengembangkan sebuah ide. Beberapa pekerjaan yang direkomendasikan, yaitu musisi, creative director, jurnalis, event planner, dan personal trainer.

ISTJ – The Inspector

female accountant

ISTJ adalah pribadi yang selalu memberikan kesan formal dan serius. Kamu menyukai keteraturan dan kepatuhan terhadap sistem. Kamu menjunjung tinggi kedisiplinan, tanggung jawab, serta kerja keras. Di sisi lain, kamu relatif sulit menerima perubahan, sehingga terkesan kolot dan keras kepala.

ISTJ bekerja secara terorganisir dan terencana. Kamu menaruh perhatian lebih pada detail sekecil apa pun itu. Pekerjaan yang cocok untukmu, antara lain akuntan, auditor, ASN, business analyst, dan chief financial officer (CFO).

Baca juga: Pekerjaan Apa Saja yang Cocok untuk Introvert?

ISFJ – The Protector

elementary school teacher

ISFJ adalah seorang caretaker yang telaten dan berempati tinggi. Kamu sangat suportif terhadap orang-orang di sekitarmu. Kamu juga memiliki komitmen dan rasa tanggung jawab tinggi pada apa yang kamu kerjakan. Namun, kamu sering banget memforsir diri ketika mengerjakan sesuatu. Sifat altruistis yang kamu miliki bikin kamu rentan jadi people pleaser dan mempertahankan orang yang toxic

ISFJ menyukai pekerjaan yang bertujuan untuk membantu orang lain. Kamu adalah pekerja keras dengan daya ingat kuat dan cara kerja yang rapi serta teratur. Kamu direkomendasikan untuk berkarier sebagai guru SD, customer service representative, bank teller, pustakawan, dan perawat.

ESTJ – The Supervisor

black female judge

ESTJ merupakan seorang pekerja keras yang memiliki dedikasi tinggi. Kamu menjunjung tinggi kejujuran, integritas, dan ketaatan terhadap aturan. Itulah sebabnya kamu cocok mengambil peran sebagai pemimpin. Namun, kamu harus ingat bahwa nggak semua hal di dunia ini bersifat biner atau hitam-putih. Kamu perlu menyadari bahwa apa yang kamu yakini belum tentu dianggap benar oleh orang lain. 

ESTJ bekerja dengan cara yang terstruktur dan efisien. Kamu cocok diberikan posisi kunci yang memberimu wewenang untuk mengorganisir sesuatu. Sejumlah profesi yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu hakim, manajer hotel, apoteker, agen asuransi, dan agen real estate.

ESFJ – The Provider

female nurse with patient

ESFJ dikenal sebagai sosok yang people-oriented. Kamu mendapatkan energi dari orang-orang di sekitarmu. Selain itu, kamu selalu menaruh perhatian dan sensitif terhadap perasaan mereka. Meski dikenal sebagai pribadi yang hangat, tetapi sejatinya kamu berpikir secara biner (hitam-putih, baik-buruk, benar-salah, dll.). Akibatnya, kamu mudah menghakimi orang lain. Kamu juga sering bersikap terlalu kaku, sehingga sulit berimprovisasi ketika sesuatu nggak berjalan sesuai rencana.

ESFJ cenderung mengandalkan kemampuan interpersonalnya ketika bekerja. Kamu suka bekerja dalam tim dan melakukan pekerjaan yang terorganisir. Rekomendasi karier untukmu, antara lain sales representative, tenaga kesehatan, manajer kantor, medical researcher, dan PR account executive.

Baca juga: Kenalan dengan Prospek Kerja bagi Kepribadian Ekstrovert, Yuk!

ISTP – The Craftsman

female pilot

ISTP adalah pribadi yang rasional. Uniknya, kamu memiliki logika yang fleksibel dan kreatif. Kamu kerap menunjukkan image misterius yang bikin orang lain sulit memprediksi sikapmu. Di sisi lain, sikap ini bikin kamu terkesan dingin dan cuek terhadap orang lain. Selain itu, ketertarikan kamu terhadap pemecahan masalah sering bikin kamu mengambil tindakan yang terlalu berisiko.

ISTP cocok melakukan pekerjaan membutuhkan kemampuan problem solving. Kamu menyukai pekerjaan yang bersifat teknis atau analitis. Namun, kamu membutuhkan lingkungan kerja yang memberi kamu kebebasan berpikir. Profesi yang direkomendasikan untukmu, yaitu civil engineer, pilot, teknisi, programmer, dan dokter IGD. 

ISFP – The Composer

female graphic designer working in front of computers

ISFP kerap identik dengan image “YOLO” yang sering banget ngomong,”Jalani aja dulu.” alias go with the flow. Kamu selalu menunjukkan antusiasme terhadap hal-hal yang terjadi di sekelilingmu. Kamu dikenal sebagai sosok yang hangat, bold, sekaligus perhatian terhadap sekitarmu. Namun, kamu sering bersikap plin-plan dan kesulitan membuat rencana jangka panjang. Kamu juga mudah merasa bosan dan seringkali terlalu spontan dalam mengambil keputusan.

ISFP menyukai pekerjaan yang memberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri. Karenanya, nggak jarang kamu mencari pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan passion-mu. Kamu juga memiliki kepekaan yang sangat tinggi terhadap seni dan keindahan. Beberapa opsi karier yang cocok untukmu, yaitu graphic designer, arsitek lanskap, social media manager, penulis, dan terapis. 

ESTP – The Dynamo

female firefighter

ESTP adalah si penyuka adrenalin yang selalu mencari tantangan baru. Kamu sangat cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitarmu. Nggak heran, sikapmu ini bikin kamu dijuluki sebagai “life of the party”. Kamu juga sangat sigap ketika diminta untuk mengerjakan sesuatu, serta cenderung asertif ketika berpendapat. Di sisi lain, kamu sangat sulit berkomitmen terhadap sesuatu. Cara kerjamu juga kurang terstruktur dan manajemen waktumu perlu diperbaiki. 

ESTP adalah pemikir yang cekatan. Kamu relatif cepat dalam mencari solusi untuk sebuah masalah. Selain itu, kamu cocok dengan pekerjaan yang selalu memberimu tantangan baru setiap harinya. Contohnya, detektif, pemadam kebakaran, paramedis, pekerja dunia hiburan, dan pelatih olahraga. 

ESFP – The Performer

actors on set with green screen

ESFP adalah seorang natural performer, seolah-olah kamu memang dilahirkan untuk menjadi pusat perhatian banyak orang. Sangat mudah bagimu untuk mencuri perhatian orang lain dan menghibur mereka. Kamu adalah pribadi yang enerjik dan fun-loving, serta selalu mengapresiasi hal-hal yang ada di sekitarmu. Namun, kamu sering bermasalah dengan konsentrasi jangka panjang. Kamu mudah bosan dan terdistraksi. Kamu juga cenderung menghindari dan nggak menyelesaikan konflik.

ESFP menyukai lingkungan kerja yang aktif, interaktif, serta bebas. Sifat orang-orang di sekitarmu cukup berpengaruh bagimu, sehingga kamu menginginkan rekan kerja yang antusias, ramah, dan fun-loving. Sejumlah pekerjaan yang cocok bagimu adalah aktor, desainer interior, event planner, pemandu wisata, dan primary care physician

Baca juga: Kenali 10 Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu di Bawah Ini

Itulah definisi singkat mengenai 16  kepribadian MBTI, serta prospek kerja yang menjanjikan bagi masing-masing tipe. Apa pun tipe kepribadianmu, hal yang paling penting dalam memulai karier adalah mengenali diri sendiri. Semoga setelah ini kamu nggak bingung lagi dalam menentukan langkah dalam merintis karier, ya. Good luck, girls!

Kalau kamu pengen ngobrol seputar personal growth dan karier, yuk gabung ke Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk bergabung, ya!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond