gagal menampilkan data

Article

4 Langkah Mudah untuk Membangun Personal Branding Agar Karier Berkembang

Written by Zefanya Pardede

Dalam ruang profesional, personal branding banyak digunakan sebagai alat pengembangan diri dan profesi. Secara singkat, personal branding adalah image, persepsi, dan citra yang ingin kamu bangun di benak orang-orang terkait dirimu sendiri.

Personal branding banyak gunanya, loh. Citra diri bisa digunakan untuk mempromosikan kualitas diri, meningkatkan jenjang karier, dan membuka pintu bagi kesempatan-kesempatan baru! Hal ini juga bisa membuat orang-orang melihat keunikanmu yang mungkin individu-individu lain nggak punya.

Tertarik untuk membangun sebuah personal brand? Ini empat langkah mudah untuk mencapai personal branding yang kamu inginkan!

Baca juga: 5 Aplikasi Digital Journaling yang Bisa Bikin Kamu Kembali Produktif

Ketahui Siapa Dirimu

Ilustrasi wanita yang sedang berpikir

Langkah pertama untuk membuat brand-mu adalah dengan menemukan siapa dirimu. Melalui ini, kamu bisa memahami apa saja yang bisa kamu tawarkan kepada orang lain, metode-metode yang cocok untuk membangun brand-mu, dan bagaimana kamu akan bergerak maju.

Mencari identitas diri mungkin sulit, ya, girls. Untuk itu, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai panduan:

  1. Apa keunikanku?
  2. Apa passion-ku?
  3. Apa saja kelebihan dan kekuranganku?
  4. Apa bidang yang bisa aku kuasai?
  5. Apa saja kegiatan-kegiatan favoritku?

Baca juga: Susah Mencari Work-Life Balance? Cobain Work-Life Integration!

Tulis Keterampilanmu

Ilustrasi mencatat skills

Sebelum menawarkan keunggulan diri, kamu harus mengetahui keterampilan-keterampilan yang kamu miliki. Keterampilan tersebut bisa berupa hard skill ataupun soft skill. Buat semua kemampuan, keterampilan, dan keahlian yang kamu miliki menjadi sebuah tabel. Dari sana, rangkum skill-skill yang menurut kamu sesuai dengan ketertarikan atau passion yang ingin kamu jadikan fokus utama kariermu.

Sebagai contoh, Gaby adalah seorang gadis yang memiliki minat di bidang komunikasi dan ingin menjadi praktisioner public relations. Ini tabel skills yang dibuat oleh Gaby:

Semua skills Gaby
Hard SkillsSoft Skills
Penggunaan software Microsoft OfficeKomunikasi interpersonal
MasakManajemen waktu
CopywritingProblem-solving

Nah, setelah direnungkan, ini daftar skills yang cocok dengan cita-cita Gaby:

Skills untuk menjadi seorang PR
Hard SkillsSoft Skills
Penggunaan software Microsoft OfficeKomunikasi interpersonal
CopywritingManajemen Waktu
Problem-solving

Gimana? Mudah, ‘kan?

Baca juga: 7 Olahraga Anti Ribet Buat Kamu yang Mager

Siapkan Platform-mu

Penggambaran media sosial

Setelah menentukan skill-skill yang akan kamu bawa, menentukan platform digital yang akan kamu gunakan untuk membangun personal branding. Biasanya, orang-orang menggunakan media sosial sebagai platform mereka. Eits, jangan salah pilih media sosial, ya! Ada hal-hal tertentu yang harus kamu pelajari sebelum menentukan platform yang akan digunakan, nih.

Tentukan Target Audience

Menentukan target audience membantu kamu dalam membuat content focus yang lebih terperinci. Jika targetmu adalah audiens yang masih muda, kamu bisa menciptakan konten-konten yang sesuai tren, relatable, dan pasti disukai oleh anak muda. Kalau targetmu adalah audiens yang cenderung lebih tua, sesuaikan kontenmu dengan ketertarikan mereka.

Tentukan Bentuk Kontenmu

Ada beberapa bentuk konten digital yang umum dilihat, seperti gambar atau foto, video, dan tulisan. Setiap platform melayani bentuk konten yang berbeda. Kalau kamu mau membuat konten berbasis foto, kamu bisa membangun personal branding di Instagram. Jika ingin membuat konten berupa video, mungkin TikTok dan YouTube bisa jadi pilihan. Intinya, ada banyak platform cocok denganmu, tapi harus cermat dalam memilih, ya! 

Baca juga: 10 Tools Gratis Ini Buat Skripsimu Cepat Kelar! Udah Tau Belum?

Mulailah Bercerita

Ilustrasi wanita sedang menggunakan media sosial

Oke, kamu punya platform yang sudah kamu pilih dan skills yang dikumpulkan. Sekarang, waktunya bercerita! Bagikan pengalaman dan kisah-kisahmu terkait skill-skill yang kamu miliki, seperti bagaimana kamu mengembangkan diri, tantangan apa saja yang pernah kamu hadapi, dan pengalaman-pengalamanmu dalam menerapkan kemampuanmu. Kamu juga bisa sharing tips-tips yang berguna bagi audiensmu melalui konten-konten yang sesuai dengan kerangka platform tersebut.

Baca juga: Manajemen Waktu Jadi Lebih Efisien, Inilah 10 Teknik Time Management yang Kamu Wajib Tahu!

Itulah empat langkah mudah yang dijamin bisa bikin personal branding-mu bagus!

Mau tahu lebih banyak informasi soal personal branding? Yuk, join Girls Beyond Circle sekarang! Klik di sini untuk bergabung.

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond