gagal menampilkan data

Article

Lakukan Tips Manajemen Keuangan Ini untuk Menabung Tiket Konser!

Written by Zefanya Pardede

Tahun 2023 jadi musim konser di dunia K-Pop Indonesia. Berbagai artis K-Pop, baik idol group maupun solois, berbondong-bondong mengadakan tur konser dan fanmeet. Mulai dari Blackpink, BTS, NCT, hingga Red Velvet mengadakan konser di Indonesia!

Akan tetapi, banyaknya konser juga pasti bikin dompet jebol, terutama bagi kamu yang multi-stan.

Gimana, ya, cara menjaga manajemen keuangan pribadi supaya tetap bisa nonton konser tanpa khawatir nggak punya uang? Ikuti beberapa cara manage uang di bawah ini, yuk!

Baca juga: Kenali Babymetal, Band Metal Perempuan yang Bakal Konser di Indonesia!

Lakukan Perkiraan Budget Konser

(FOTO: Pexels)

Sebelum membeli tiket konser, lakukan perkiraan budget yang kamu butuhkan. Ini adalah cara manage uang yang paling mudah, loh, khususnya sebagai fans K-Pop. Hal-hal yang termasuk dalam perkiraan budget untuk nonton konser biasanya meliputi:

  • Tiket konser
  • Transportasi
  • Makanan dan minuman
  • Akomodasi (bila perlu)
  • Merchandise untuk dibawa ke konser (bila perlu)
  • Outfit konser (bila perlu)

Untuk harga tiket, kamu bisa cek harga tiket konser di loket pembelian resmi tiket konser tersebut atau bisa melakukan perkiraan berdasarkan konser-konser grup idol sebelumnya. Kalau kamu sudah membuat perkiraan budget kamu akan lebih mudah melakukan manajemen keuangan pribadi.

Baca juga: Nggak Cuma Blackpink, Ada 7 Artis K-Pop Lainnya yang Mengadakan Konser di Indonesia Selama 2023

Fokus Menabung untuk Tiket, Bukan Merch

(FOTO: Pexels)

Biasanya, artis K-Pop suka memanjakan penggemarnya dengan mengeluarkan beragam jenis merchandise, seperti album, photobook, aksesoris dan pakaian eksklusif, serta poster. Kalau udah tergiur dengan merch-merch begini, bisa-bisa rencana manajemen keuangan pribadi kamu hancur!

Sebaiknya, kamu fokus menabung untuk beli tiket konser daripada beli merchandise. Merchandise nggak akan ke mana-mana, tapi konser adalah pengalaman yang hanya sekali seumur hidup.

Baca juga: Habis Nonton Konser, Kok Malah Sedih? Yuk, Kenalan sama Post-Concert Depression!

Tentukan Limit Pengeluaran

(FOTO: Pexels)

Salah satu cara manage uang yang paling banyak dilakukan orang adalah dengan menentukan limit atau batas pengeluaran. Tentukan nominal pengeluaran yang spesifik. Pengeluaran ini bisa per minggu atau per bulan. Pastikan bahwa angka limit cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu, seperti makanan, transportasi, dan  keperluan mendadak.

Beberapa aplikasi perbankan menyediakan fitur limit yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan pribadi. Adanya limit bisa membantu kamu melakukan manajemen keuangan pribadi supaya bisa nonton konser.

Baca juga: Mengenal Parasocial Interaction di Antara Fans K-Pop, Baik atau Buruk?

Ikuti Aturan 50:40:10

(FOTO: Pexels)

Aturan ini menjadi aturan manajemen keuangan yang terbukti efektif oleh banyak orang. Proporsi 50:40:10 menjelaskan bahwa

  • 50% dari uang yang kamu miliki untuk pengeluaran pokok,
  • 40% untuk investasi atau tabungan,
  • dan 10% lainnya untuk pengeluaran yang bersifat luxury.

Selain limit, aturan proporsi ini juga bisa bantu kamu manage keuangan pribadi sebelum dan setelah konser. Cara manage uang yang satu ini bisa kamu mulai lakukan kapan saja.

Baca juga: Mengenal Perilaku Bias is Mine yang Bikin Kamu Jadi Posesif sama Idola

Siapkan Tabungan Terpisah

(FOTO: Pexels)

Kalau kamu kesulitan untuk mengikuti aturan manajemen keuangan yang sudah kamu buat, siapkan tabungan terpisah. Untuk uang tunai atau cash, siapkan celengan tersendiri sebagai tempat tabungan. Untuk uang non-tunai, buka rekening baru supaya kamu nggak sering-sering membelanjakan uang yang ada di tabungan bank. Cara manage uang ini ampuh banget untuk kamu yang sering belanja.

Dengan mengikuti tips-tips manajemen keuangan di atas, dijamin uang kamu pasti cukup untuk ketemu bias di konser!

Mau tahu lebih banyak manajemen keuangan? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond