gagal menampilkan data

Article

5 Tips Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduate!

Written by Zefanya Pardede

Setelah lulus kuliah, umumnya orang akan langsung mencari kerja untuk terjun ke dunia profesional. Nggak heran kalau fresh graduate suka berlomba-lomba membuat CV yang paling bagus agar diterima oleh perusahaan besar.

Curriculum vitae (CV) adalah dokumen penting yang disiapkan oleh job seeker ketika melamar kerja. Namun, kamu nggak bisa sembarang membuat, loh. CV ATS menjadi jenis CV fresh graduate yang makin umum dibuat.

ATS (application tracking system) merupakan sebuah software yang digunakan oleh HR perusahaan-perusahaan dalam pelaksanaan screening CV. CV-mu nggak lagi dibaca oleh orang, melainkan mesin! Karena itu, pembuatannya pun harus sesuai dan bisa dibaca oleh mesin ATS. Inilah yang disebut sebagai CV ATS.

Bingung cara membuat CV lamaran kerja, terutama yang CV ATS friendly? Jangan khawatir, simak beberapa tips di bawah ini!

Baca juga: Mau CV Tanpa Pengalaman Tetap Keren? Ketahui 5 Langkah Ini!

Gunakan Warna Netral

Salah satu kesalahan terbesar dalam cara membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar adalah penggunaan terlalu banyak warna mencolok. Warna-warna yang terlalu “ramai” bisa bikin CV kamu terkesan nggak profesional.

Gunakan warna-warna netral, seperti hitam dan putih. Kamu juga bisa tambahkan warna ketiga, seperti biru gelap atau hijau gelap. Cara membuat CV lamaran kerja dengan warna-warna ini adalah menggunakan warna putih sebagai background, hitam untuk warna tulisan utama, dan warna kita untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu.

Warna-warna ini adalah warna paling aman, terutama untuk CV fresh graduate dan CV ATS.

Baca juga: Ada 3 Tahap Interview Kerja, Ini Caranya Agar Kamu Bisa Lolos Seleksi!

Hindari Font yang Sulit Dibaca

Selain warna, font juga menentukan kualitas CV kamu. Nah, tips selanjutnya dalam cara membuat CV lamaran kerja yang baik adalah menggunakan font yang mudah dibaca. Font yang rumit akan membingungkan pihak yang melakukan screening CV, baik HR maupun mesin ATS.

Berikut beberapa font yang direkomendasikan untuk CV fresh graduate dan CV ATS:

  • Arial
  • Times New Roman
  • Calibri
  • Georgia
  • Helvetica

Ukuran font pun harus sesuai. Umumnya, CV yang baik menggunakan font ukuran 12. Namun, font CV sebaiknya nggak di bawah 10.5.

Pemilihan font nggak bisa kamu lewatkan saat mencari tahu cara membuat CV lamaran kerja!

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Supaya CV Kamu Nggak Kosong Melompong dan Dilirik Perusahaan!

Tampilkan Deskripsi Diri

Menampilkan deskripsi diri yang singkat dan menarik adalah salah satu kunci dalam cara membuat CV lamaran kerja yang mudah dilirik recruiter. Dalam CV kamu, baik CV ATS maupun CV fresh graduate, jelaskan karakter dan keahlian kamu dalam satu paragraf pendek. Simpulkan juga passion dan ketertarikan kamu untuk bekerja.

Ini contoh deskripsi diri yang bisa kamu jadikan referensi:

Saya adalah lulusan S1 Seni dan Desain yang memiliki jiwa bekerja tinggi. Memiliki pengalaman desain selama 1 tahun dan mencari posisi di bidang ilustrasi. Individu yang kreatif, proaktif, dan penuh komitmen.

Baca juga: Jobseekers Wajib Baca: Ini 5 Tanda Gagal Wawancara Kerja dan Cara Menghadapinya!

Tambahkan Kata Kunci yang Berpengaruh

Salah satu cara membuat CV lamaran kerja yang berkualitas adalah dengan menggunakan kata kerja aktif yang berpengaruh. Kata kerja aktif akan membuat pengalaman, kemampuan, dan kepribadianmu lebih menonjol di dunia profesional.

Jika kamu sedang membuat CV dalam bahasa Inggris, kamu bisa mencari ide kata kerja aktif dalam daftar resmi yang dibuat oleh Harvard.

Kalau kamu masih kebingungan, ini adalah beberapa contoh kata kunci berpengaruh dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pilihan Girls Beyond:

Bahasa IndonesiaBahasa Inggris
MencapaiAccomplished, Achieved
MenyusunCompiled
MenyelesaikanSolved
MemulaiInitiated
MemeriksaExamined
Melakukan, MengeksekusiExecuted

CV ATS dan CV fresh graduate wajib banget menampilan kata-kata tersebut!

Baca juga: Gaji Digital Marketer untuk Entry Level hingga Senior, Ternyata Cuan!

Manfaatkan Situs Pembuat CV Online

Jika kamu masih bingung dengan cara membuat CV lamaran kerja, kamu bisa beralih ke situs-situs pembuat CV online untuk membantumu. Situs-situs ini secara otomatis akan menampilkan warna, font, dan format yang sesuai dengan CV ATS.

Beberapa situs pembuat CV online yang bisa kamu coba adalah:

Situs-situs tersebut juga bisa memberikan saran dan masukan yang tepat terkait cara membuat CV lamaran kerja setelah kamu input deskripsi isi CV-mu.

Nah, itu dia beberapa tips cara membuat CV lamaran kerja, khususnya CV ATS dan CV fresh graduate.

Mau tahu tips lain seputar pembuatan CV? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond