gagal menampilkan data

Article

Gunakan 5 Situs Ini untuk Membuat Portofolio Lamaran Kerja Menarik

Written by Zefanya Pardede

Portofolio lamaran kerja yang mengesankan sangat penting untuk menarik recruiter dan klien, baik sebagai designer, penulis, fotografer, editor video, maupun freelancer apa pun. Bagi mahasiswa yang baru lulus, portofolio fresh graduate menentukan kualitas dan tingkat kemampuan yang ditawarkan agar bisa memulai karier secara profesional. 

Namun, menyusun portofolio lamaran kerja bisa terasa membingungkan, terutama ketika kamu tidak yakin harus menggunakan template portofolio seperti apa yang bisa memaksimalkan portofolio lamaran kerja kamu.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi situs pembuat portofolio fresh graduate terbaik yang bisa kamu manfaatkan, pastinya gratis!

Baca juga: Ada 10 Jurusan di SNBP 2023 yang Butuh Portofolio Menarik, Kamu Harus Tahu!

Journo Portfolio

Situs pembuat portofolio lamaran kerja yang pertama adalah Journo Portfolio. Kalau kamu seorang penulis, copywriter, penerjemah, atau hanya ingin membuat portofolio fresh graduate, Journo Portfolio bisa jadi situs yang cocok untukmu.

Portofolio builder ini menawarkan sembilan template portofolio yang berbeda, dengan fitur penambahan URL. Journo Portfolio akan membuat portofoliomu terlihat seperti blog yang menarik dan mudah dibaca. Selain itu, Journo Portfolio bisa langsung terhubung dengan akun Google Analytics kamu!

Pros:

  • Ada fitur editor live preview.
  • Mampu menyesuaikan portofolio lamaran kerja dengan device yang berbeda.

Cons:

  • Untuk menambahkan butir-butir dalam portfolio, pengguna harus membeli paket.

Baca juga: 5 Tips Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduate!

Canva

Kamu pasti tidak asing dengan Canva. Canva memiliki banyak kegunaan, seperti membuat presentasi, mengedit foto, dan video. Namun, situs ini ternyata juga bisa merancang portofolio lamaran kerja dan menyediakan ratusan template portofolio yang menarik!

Selain gratis, Canva menyuguhkan desain-desain template portofolio lamaran kerja untuk berbagai bidang pekerjaan. Kamu hanya tinggal memilih desain yang sesuai dengan keinginan dan mengubah tulisan serta foto-foto yang ada di dalamnya.

Canva juga menjadi salah satu situs terbaik yang digunakan untuk membuat portofolio fresh graduate.

Pros: 

  • Banyak sekali template portofolio lamaran kerja yang bisa digunakan.
  • Desain portofolio lamaran kerja bisa diubah sesuka hati.

Cons:

  • Beberapa template portofolio lamaran kerja tidak gratis.

Baca juga: Mau CV Tanpa Pengalaman Tetap Keren? Ketahui 5 Langkah Ini!

Wix

Wix juga jadi salah satu situs pembuat portofolio lamaran kerja terbaik digunakan secara global. Cara menggunakan Wix pun sangat mudah dan cocok untuk pembuatan portofolio fresh graduate. Dengan Wix, kamu bisa membuat portofolio berupa website pribadi yang modern.

Situs ini memiliki 800+ template portofolio lamaran kerja yang bisa kamu pilih dan edit sesuai kebutuhan. Bila kamu kesusahaan memilih template portofolio, kamu bisa memanfaatkan fitur artificial intelligence (AI) yang bisa secara otomatis menyusun portofolio lamaran kerja untukmu!

Pros:

  • Mudah digunakan untuk pemula.
  • Ada fitur edit, SEO, coding, dan AI.

Cons:

  • Fitur-fitur lainnya bersifat berbayar.

Baca juga: Cari Lowongan Magang Anak SMA dan Kuliah? Cek 5 Situs Ini!

Behance

Jika kamu ingin membuat portofolio fresh graduate yang unik dan berbeda, Behance bisa jadi solusimu. Behance merupakan platform pembuat portofolio lamaran kerja yang dikelola oleh Adobe. Berbeda dari portofolio builder lainnya, Behance membentuk portofoliomu layaknya feeds media sosial.

Behance terlihat seperti gabungan Instagram dan LinkedIn. Di sini, kamu bisa menunjukkan karya-karya terbaikmu, seperti karya seni, fotografi, video, desain UX, dan lainnya. Kemudian, kamu juga mampu terhubung dengan creator, kolaborator, dan recruiter yang juga ada di Behance.

Pros:

  • Memiliki yang menarik, unik, dan fresh.
  • Mudah terhubung dengan perusahaan-perusahaan untuk menambah relasi.

Cons:

  • Pengguna tidak bisa menambahkan cover letter pada profil.

Baca juga: Ada 7 Prospek Kerja Desain Grafis yang Menjanjikan Buat Kamu!

Carbonmade

Carbonmade adalah platform pembuat portofolio lamaran kerja yang berfokus pada portofolio visual, seperti animasi, desain UX, fotografi, typography, desain fashion, dan creative direction

Template yang disediakan juga beraneka macam dan bisa disesuaikan dengan portofolio fresh graduate. Adanya fitur auto-suggesting bisa memberi kamu arahan, saran, dan masukan yang dapat mempercantik portofolio lamaran kerja kamu.

Pros:

  • Mudah dan praktis digunakan.
  • Bisa dihubungkan dengan tools lainnya, seperti Google Analytics.

Cons:

  • Paket gratis hanya sebentar, sisanya pengguna diwajibkan untuk membeli paket premium.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi situs terbaik untuk membuat portofolio fresh graduate!

Mau tahu tips lamaran kerja lainnya? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond