gagal menampilkan data

Article

Begini Cara Supaya Quality Time Makin Bermakna!

Written by Zefanya Pardede

Setiap pasangan membutuhkan quality time alias waktu yang diluangkan bersama agar hubungan tumbuh dan berkembang. Quality time adalah satu dari lima love language yang kita kenali selain physical touch, receiving gifts, words of affirmation, dan acts of service.

Keinginan untuk meluangkan waktu bersama sangat berdampak pada kualitas hubungan, apalagi ketika hidup sedang sibuk-sibuknya. Akan tetapi, quality time bukan sekadar menghabiskan waktu bersama. 

Mari pahami lebih dalam makna quality time dan cara menerapkannya!

Baca juga: Kenali 5 Love Language Agar Hubunganmu Awet dan Bahagia

Apa Itu Quality Time?

Quality time merupakan waktu yang berfokus pada kebersamaan. Love language quality time mengekspresikan cinta dan kasih sayang yang kamu rasakan untuk pasanganmu dengan penuh perhatian.

Menghabiskan waktu bersama melalui quality time juga penting karena dapat membantu mempererat hubungan emosional antara kamu dan pasangan. Di tengah kesibukan hidup, seringkali sulit untuk menemukan waktu yang cukup untuk berduaan.

Namun, ketika kamu bisa memberikan waktu bagi pasanganmu, pasanganmu akan merasa spesial dan dicintai. Ini menunjukkan bahwa kamu masih menjadikan pasanganmu salah satu prioritas hidup.

Contoh quality time yang paling sederhana adalah mematikan atau meletakkan handphone saat bersama. Kebanyakan orang terlalu terpaku pada handphone ketika sedang bersama pasangan. Quality time antara kamu dan pasanganmu akan semakin langka karena ini.

Baca juga: Physical Touch Penting dalam Semua Hubungan, Ini Alasannya

Tips untuk Membuat Quality Time Lebih Berarti

Quality time bukan berarti kamu dan pasanganmu hanya duduk bersebelahan di tempat dan waktu yang sama. Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan makna quality time yang kamu luangkan dengan pasangan. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti!

Perbanyak Kontak Mata

Dalam hal quality time, kontak mata adalah semacam pintu gerbang. Nyatanya, menjaga kontak mata bisa memberi tahu pasanganmu bahwa kamu sedang memberi perhatian penuh. Kontak mata juga bisa membuat pasanganmu merasa lebih dipahami, terutama saat berbicara.

Selain memberi perhatian, kontak mata juga membuat quality time terasa lebih intim. Kamu bisa memperhatikan setiap emosi dan raut wajah, sehingga koneksi semakin meningkat. Ketika mata kamu ke mana-mana saat pasangamu selama quality time, mereka akan merasa bahwa kamu tidak peduli dan koneksi tersebut akan pudar.

Baca juga: Sebelum Memulai Hubungan, Simak 3 Ciri-ciri Pasangan yang Baik Ini!

Gunakan Active Listening

Penting sekali untuk menerapkan active listening dalam quality time. Active listening adalah ketika kamu tidak hanya mendengar, tetapi juga secara aktif ingin memahami setiap makna dari pembicaraan orang.

Menerapkan active listening saat menghabiskan quality time dengan pasangan bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Fokus pada apa yang dikatakan pasanganmu.
  • Condongkan tubuh sedikit ke arah pasanganmu.
  • Berikan afirmasi secara verbal dan non-verbal, seperti senyuman dan anggukan.
  • Hindari pemberian saran atau nasihat, kecuali jika pasanganmu memang meminta saran.
  • Posisikan dirimu dalam situasi pasanganmu.

Kalau kamu mampu melakukan hal-hal tersebut, quality time akan menjadi semakin bermakna!

Baca juga: Red Flag dalam Hubungan? Kenali 5 Ciri-cirinya

Fokus pada Kualitas, Bukan Kuantitas

Dalam konteks quality time, kualitas waktu bersama jauh lebih berharga dibandingkan jumlah atau kuantitas waktu yang dihabiskan bersama. Hal ini berarti meskipun kamu hanya memiliki waktu yang sedikit bersama pasangan, kamu masih bisa membuat waktu tersebut berkesan.

Kuncinya adalah meluangkan waktu dengan tujuan untuk menikmati kebersamaan. Tidak harus pergi ke tempat yang mewah atau melakukan aktivitas yang heboh. Kamu bisa saja hanya duduk di sofa bersama dan minum kopi untuk quality time. Ingat, ini bukan tentang kuantitas waktu, melainkan kualitasnya!

Baca juga: Kenali Cinta Manipulatif ‘Love Bombing’ Beserta 3 Ciri-cirinya

Buat Rutinitas

Carilah cara-cara kecil untuk tetap terhubung dengan pasangan melalui quality time. Kamu bisa coba menjadwalkan quality time yang ingin diluangkan bersama pasangan.

Kalau kamu orang yang sibuk dan sulit memiliki waktu senggang, carilah paling sedikit satu atau dua hari dalam seminggu untuk quality time, misalnya setiap weekend. Menentukan jadwal merupakan upaya dan contoh quality time yang berarti yang bisa membuat pasanganmu merasa dihargai.

Nah, itu dia arti quality time dan tips penerapannya.

Mau tahu contoh quality time lainnya yang bisa dijadikan inspirasi? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond