gagal menampilkan data

Article

5 Program Beasiswa Kuliah di Korea yang Wajib Kamu Coba!

Written by Zefanya Pardede

K-Lovers, merapat, yuk! Kalau kamu suka budaya, musik, seni, makanan, dan gaya hidup khas Korea Selatan, mungkin kamu sudah pernah bertanya-tanya bagaimana rasanya tinggal di sana.

Kuliah di Korea jadi cara bagi banyak orang untuk merasakan kehidupan di Korea. Selain itu, pendidikan, keuntungan, dan dukungan biaya yang diberikan pun juga menarik. 

Buat kamu yang tertarik mengambil S1 di Korea, ini 5 program beasiswa Korea terakreditasi yang bisa kamu coba!

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 5 Hal yang Wajib Direncanakan!

Global Korea Scholarship (GKS)

Program beasiswa Korea yang paling banyak diminati adalah Global Korea Scholarship (GKS) atau yang dulu dikenal sebagai KGSP. Beasiswa Korea dari GKS disediakan oleh National Institute for International Education (NIIED), sebuah lembaga eksekutif milik kementerian pendidikan Korea Selatan.

Dalam program beasiswa Korea GKS, kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk belajar di universitas-universitas Korea ternama, seperti Korea University (KU), Seoul National University (SNU), Hanyang University, Kookmin University, dan Sungkyunkwan University.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pendaftaran GKS 2023–2024, kamu bisa cek informasi lengkapnya di laman resmi Kemdikbud!

Baca juga: Begini Tips Agar Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

KAIST Scholarship

Beasiswa Korea ini merupakan program beasiswa Korea dari universitas terkemuka di Korea Selatan yang berada di peringkat kedua tertinggi, loh. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) adalah  universitas berbasis riset pertama yang didirikan di Korea Selatan.

KAIST menawarkan beasiswa Korea yang untuk semua pelajar di seluruh dunia. Benefit beasiswa Korea dari KAIST meliputi biaya kuliah, biaya hidup per bulan, dan asuransi kesehatan. Untuk mempertahankan beasiswa Korea KAIST, kamu harus terus mendapat nilai yang sesuai standar KAIST setiap semesternya.

Kepoin benefit menarik dan ketentuan lainnya tentang program beasiswa Korea KAIST di sini!

Baca juga: Mau Lolos Wawancara LPDP? Ikuti 5 Tips Ini!

AMA+ Scholarship

(FOTO: Facebook.com)

Buat kamu yang suka K-Pop, K-Drama, dan tertarik untuk belajar seni beasiswa Korea yang satu ini mungkin cocok untukmu. Art Major Asian Plus (AMA+) Scholarship adalah beasiswa Korea yang diadakan oleh Korea National University of Arts yang terbuka untuk semua calon mahasiswa secara global.

Kalau kamu berhasil mendapat beasiswa Korea AMA+, kamu akan mendapat bantuan biaya kuliah secara penuh, biaya penerbangan pulang dan pergi, biaya hidup sebesar 800.000 KRW (Rp8.852.592), asuransi, kelas bahasa Korea selama 6 bulan, biaya pembuatan skripsi, dan masih banyak lagi!

Cari tahu benefit lengkap dan cara mendaftarnya di situs resmi AMA+.

Baca juga: Beasiswa Kuliah di Asia Tenggara Ini Patut Kamu Coba!

POSTECH Scholarship

Beasiswa Korea selanjutnya adalah POSTECH Scholarship. Pohang University of Science and Technology (POSTECH) adalah salah satu universitas swasta terbaik di Korea Selatan dan nggak gampang, loh, untuk masuk di kampus tersebut. Di POSTECH kamu bisa memilih berbagai macam jalur studi, mulai dari ekonomi, hukum, teknik, dan sains.

Beasiswa Korea POSTECH akan membayar biaya kuliah sampai lulus, biaya penerbangan, biaya hidup setiap bulannya, uang bonus setelah lulus kelas bahasa Korea yang juga dibayarkan oleh beasiswa Korea POSTECH, asuransi kesehatan, dan biaya tugas riset.

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar diri ke beasiswa Korea ini, kamu bisa cek laman ini.

Baca juga: Beasiswa untuk Kamu yang Ingin Kuliah Gratis di Jepang

Beasiswa Reguler LPDP

Beasiswa Reguler LPDP adalah program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah Indonesia. Kamu bisa mendapat beasiswa kuliah di berbagai negara melalui program ini, salah satunya beasiswa Korea.

Program beasiswa Korea melalui LPDP menyediakan beasiswa untuk jenjang D4, S1, dan S2. Melalui program ini, kamu akan menerima dana untuk dua jenis biaya, yaitu biaya pendidikan dan biaya pendukung.

Dana biaya pendidikan digunakan untuk membayar semua hal yang harus dibayar ke kampus. Sementara itu, biaya pendukung mencakup biaya transportasi, tunjangan hidup, tiket pesawat, dan lainnya. Seterusnya tentang beasiswa Korea melalui LPDP bisa kamu cek di sini!

Nah, Itu dia 5 beasiswa Korea terbaik yang bisa kamu lihat-lihat. Gimana? Tertarik, nggak?

Mau informasi ter-update soal beasiswa? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond