gagal menampilkan data

Article

Beasiswa Kuliah di Asia Tenggara Ini Patut Kamu Coba!

Written by Angela Ranitta

Negara-negara Asia Tenggara merupakan salah satu tujuan studi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain karena lokasinya yang relatif dekat dengan Indonesia, biaya hidup di sana umumnya nggak begitu mahal. Belum lagi, cukup banyak beasiswa yang ditawarkan untuk berkuliah di Asia Tenggara.

Apakah kamu memiliki rencana untuk menuntut ilmu di negara-negara Asia Tenggara? Di bawah ini terdapat sejumlah beasiswa kuliah di Asia Tenggara yang bisa kamu coba untuk mendukung perkuliahanmu nanti. Apa saja kira-kira?

Baca juga: Yuk, Daftar 10 Beasiswa Kuliah di Dalam Negeri Ini!

Malaysian International Scholarship, Malaysia

Malaysian International Scholarship (MIS) adalah program beasiswa yang dibuka oleh pemerintah Malaysia untuk pelajar asing. Beasiswa ini ditawarkan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di 24 universitas terpilih, di antaranya Universiti Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Universiti Teknologi Malaysia. 

Beasiswa MIS mencakup biaya kuliah serta uang saku sebesar 1.500 ringgit setiap bulan. Jika kamu tertarik, kamu bisa cek informasi selengkapnya mengenai Malaysian International Scholarship di sini

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

Malaysian Technical Cooperation Programme, Malaysia

Masih di Malaysia, pemerintah menawarkan program beasiswa Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP). Beasiswa ini diberikan untuk pelajar asing yang ingin kuliah S2 selama 12-24 bulan di Malaysia. Kamu bisa memilih satu dari 23 universitas terpilih asal Malaysia, di antaranya Universiti Teknikal Malaysia Melaka, Universiti Malaysia Sarawak, dan Universiti Putra Malaysia. 

Cakupan beasiswa MTCP meliputi biaya kuliah, uang saku sebesar 3,500 ringgit per bulan, serta tiket pesawat pulang-pergi. Informasi selengkapnya mengenai MTCP bisa kamu baca di sini, ya. 

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

UCSI University Trust Graduate Scholarship, Malaysia

Beasiswa kuliah di Malaysia ternyata nggak hanya datang dari pemerintah, tetapi juga lembaga swasta. UCSI University, perguruan tinggi swasta di Kuala Lumpur menawarkan program beasiswa bagi pelajar internasionalnya. UCSI University Trust Graduate Scholarship ditawarkan untuk jenjang S2 dan S3. 

Penerima beasiswa tersebut akan mendapatkan pembiayaan kuliah secara penuh atau parsial yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Selain itu, UCSI University juga menyediakan program-program beasiswa lain yang nggak kalah menarik. Contohnya, beasiswa asistensi dan hibah pendidikan. Informasi lebih detail mengenai program beasiswa UCSI University bisa kamu baca di sini

Goh Keng Swee Scholarship, Singapura

Asosiasi Bank Singapura (ABS) menawarkan program Goh Keng Swee (GKS) Scholarship bagi pelajar asing yang hendak melanjutkan studi S1 di Singapura. Beasiswa ini dibuka bagi pelajar dari 15 negara Asia-Pasifik, di antaranya Indonesia, India, dan Jepang.

Dalam program beasiswa ini, ABS bekerja sama dengan 4 kampus berkualitas di Singapura. Mereka adalah National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD). 

Cakupan GKS Scholarship, antara lain biaya kuliah dan keperluan akademik lainnya, tiket pesawat, tunjangan tahunan sebesar 6.500 dollar Singapura, sewa asrama, serta tunjangan kedatangan sebesar 200 dollar Singapura. Setelah lulus, kamu akan ditawari kontrak kerja selama 3 tahun di Singapura atau perusahaan asal Singapura di Indonesia.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa cek informasi lebih detail seputar Goh Keng Swee Scholarship di sini, ya. 

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

ASEAN Undergraduate Scholarship, Singapura

Selain GKS Scholarship, kamu juga bisa berkuliah di National University of Singapore (NUS) dengan beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS). Sesuai namanya, beasiswa ini ditawarkan bagi pelajar dari negara-negara ASEAN (kecuali Singapura) yang berkuliah pada jenjang S1 di NUS. 

Pembiayaan AUS meliputi biaya kuliah, uang saku 5.800 dollar Singapura per tahun, biaya komputer 1.750 dollar Singapura, dan akomodasi sebesar 3 ribu dollar Singapura per tahun. Cek informasi selengkapnya mengenai ASEAN Undergraduate Scholarship di sini

HM The King & HM The Queen’s Scholarship, Thailand

School of Environment, Resource, and Development (SERD) merupakan sebuah universitas di Provinsi Pathum Thani, Thailand. SERD berada di bawah naungan Asian Institute of Technology (AIT). AIT menawarkan dua program beasiswa bagi pelajar internasional, yaitu His Majesty The King’s Scholarship dan Her Majesty The Queen’s Scholarship

HM The King’s Scholarship merupakan skema beasiswa bagi pelajar asal negara-negara Asia yang ingin melanjutkan studi S2 di prodi apa saja yang ada di AIT. Sementara itu, HM The Queen’s Scholarship dikhususkan bagi mereka yang ingin mengambil prodi magister yang berkaitan dengan isu lingkungan di SERD. 

Kedua program beasiswa tersebut mencakup biaya kuliah selama 4 semester, serta akomodasi dan tunjangan hidup selama 22 bulan. Total skema pembiayaannya mencapai 970.900 baht atau sekitar 430 juta rupiah. Informasi lebih detail mengenai HM The King dan HM The Queen’s Scholarship bisa kamu baca di sini.

Baca juga: Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Prospek Kerja Menjanjikan

EFS Scholarship, Thailand

Beasiswa kuliah di Thailand yang nggak kalah menarik ditawarkan oleh Sirindhorn International Institute of Technology (SIIT). Kampus ini menawarkan beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 melalui skema Excellent Foreign Students (EFS) Scholarship

Skema EFS Scholarship meliputi biaya kuliah (termasuk tesis/disertasi), biaya matrikulasi, tunjangan pendidikan per semester, uang saku sebesar 10 ribu baht per bulan, tiket pesawat, serta asuransi kesehatan dan kecelakaan. Kamu bisa lihat informasi lengkapnya tentang EFS Scholarship di sini, ya.

Baca juga: Peluang Kerja Perempuan di Sektor Pertambangan dan Perminyakan

Government of Brunei Darussalam Scholarship, Brunei Darussalam 

Pemerintah Brunei Darussalam menawarkan beasiswa bagi pelajar asing yang ingin melanjutkan studi pada jenjang diploma, sarjana, serta magister di sana. Dalam mengadakan program tersebut, pemerintah bekerja sama dengan 5 kampus, yaitu Universiti Brunei Darussalam, Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan, Universiti Islam Sultan Sharif Ali, Universiti Teknologi Brunei, dan Politeknik Brunei.

Cakupan beasiswa ini, antara lain biaya kuliah, tiket pesawat, uang saku bulanan (500 dollar Brunei), uang makan bulanan (150 dollar Brunei), uang buku tahunan (600 dollar Brunei), akomodasi tempat tinggal, hingga asuransi. Kamu bisa cek informasi selengkapnya mengenai Government of Brunei Darussalam Scholarship di sini

CIMB ASEAN Scholarship

CIMB Group merupakan bank asal Malaysia yang beroperasi di negara-negara ASEAN. Mereka menawarkan program beasiswa bagi para pelajar dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. CIMB ASEAN Scholarship ditawarkan untuk jenjang S2. 

Skema beasiswa ini mencakup uang kuliah, uang saku, asuransi, serta biaya-biaya lain yang diperlukan untuk menunjang masa studi. Selain itu, kamu akan mendapatkan career mentoring dari CIMB. Bahkan kamu juga berkesempatan untuk magang maupun bekerja di CIMB ketika sudah lulus nantinya.

Apabila kamu tertarik, kamu bisa baca informasi lebih lengkap seputar CIMB ASEAN Scholarship di sini

ASEAN-Maybank Scholarship

Maybank adalah bank yang beroperasi di Malaysia, Indonesia, dan Singapura. Bank asal Malaysia tersebut bekerja sama dengan Sekretariat ASEAN untuk mengadakan program beasiswa bagi para pelajar dari negara-negara ASEAN. ASEAN-Maybank Scholarship ditawarkan untuk jenjang S1 di sejumlah universitas terpilih yang ada di negara-negara ASEAN. 

Cakupan beasiswa ini meliputi biaya kuliah (fully funded), uang saku bulanan, akomodasi tempat tinggal, tunjangan kedatangan, laptop, tiket pesawat, serta asuransi kesehatan dan kecelakaan. Selain itu, kamu akan mendapat kesempatan untuk magang di Sekretariat ASEAN, Yayasan ASEAN, maupun kantor-kantor Maybank. Setelah lulus kuliah, kamu akan ditawari kontrak kerja selama 3 tahun di Maybank maupun ASEAN.

Informasi selengkapnya mengenai ASEAN-Maybank Scholarship bisa kamu lihat di sini, ya.

Baca juga: Kenali Peluang Kerjamu Berdasarkan Tipe Kepribadian DISC!

Nah, itulah beberapa program beasiswa kuliah di Asia Tenggara yang bisa kamu coba. Segera persiapkan dirimu sebaik mungkin, ya. Good luck, girls!

Kalau kamu pengen sharing seputar beasiswa dan pendidikan, yuk join Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk bergabung, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond