Menu
Scholarship

Yuk, Daftar 10 Beasiswa Kuliah di Dalam Negeri Ini!

Kalau ngomongin beasiswa kuliah di luar negeri, tuh rasanya sudah mainstream banget, ya, girls! Namun, bagaimana dengan beasiswa untuk mahasiswa yang kuliah di dalam negeri alias Indonesia? Ada nggak, ya kira-kira? 

Nah, untuk kamu yang kuliah di Indonesia, nggak perlu khawatir! Kita punya segudang beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa dalam negeri. Apa saja itu? Berikut 10 beasiswa kuliah di dalam negeri yang patut kamu coba!

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Beasiswa LPDP

Beasiswa yang satu ini pastinya sudah nggak asing lagi bagi kamu para scholarship hunter. Ternyata, beasiswa LPDP nggak cuma ditawarkan untuk studi di mancanegara, tetapi juga di dalam negeri. Skema pembiayaannya kurang lebih sama dengan awardee yang berkuliah di luar negeri. Beasiswa LPDP meliputi biaya kuliah, uang saku bulanan, serta tunjangan untuk penelitian, publikasi, seminar, dan sebagainya. 

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa LPDP bisa kamu cek di sini, ya.

Baca juga: Kuliah Gratis di Mana Aja dengan Beasiswa LPDP

Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

Masih dari pemerintah, beasiswa ini diberikan oleh Kemendikbudristek kepada para mahasiswa berprestasi tingkat nasional maupun internasional. Berbeda dengan beasiswa LPDP, Beasiswa Unggulan diberikan setelah kamu resmi menjadi mahasiswa di suatu kampus. Komponen beasiswa ini meliputi biaya kuliah, uang saku, serta tunjangan buku referensi perkuliahan.

Jika kamu tertarik, kamu bisa klik di sini untuk mencari tahu informasi selengkapnya tentang Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek.

Bantuan Pendidikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Biaya seringkali menjadi kendala terbesar bagi seseorang untuk melanjutkan studinya. Namun, nggak perlu khawatir, karena pemerintah Indonesia memiliki komitmen untuk memeratakan pendidikan di seluruh lapisan masyarakat. Komitmen tersebut diwujudkan dalam program bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. 

Bantuan pendidikan ini diberikan kepada setidaknya 400 ribu mahasiswa setiap tahun. Cakupan beasiswa ini disesuaikan dengan kondisi perekonomian serta kebutuhan masing-masing penerima. Kamu bisa cek informasi lebih lanjut mengenai bantuan KIP Kuliah di sini, ya.

Baca juga: 8 Beasiswa Khusus Perempuan, Kamu Perlu Tahu!

Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa ini khusus bagi mahasiswa yang almamaternya tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN. Sebut saja Telkom University, Universitas Pertamina, dan Universitas Internasional Semen Indonesia. Jika kamu menerima beasiswa ini, kamu nggak perlu lagi membayar biaya kuliah sampai lulus nantinya. Menarik, bukan?

Nah, informasi mengenai beasiswa APERTI BUMN bisa kamu lihat di sini, ya.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Pertamina Foundation menawarkan beasiswa bagi mahasiswa yang berkuliah di kampus mitra mereka. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi meliputi bantuan uang kuliah, biaya hidup, tunjangan buku dan praktikum, serta kegiatan capacity building bagi para penerimanya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang punya passion di kegiatan sosial kemasyarakatan maupun lingkungan hidup. 

Informasi lebih detail mengenai program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi bisa kamu baca di sini, ya.

Baca juga: 10 Prodi Langka Ini Cuma Ada Satu di Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia

Bank Indonesia menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa D3, D4, serta S1 dalam negeri, baik yang berkuliah di PTN, PTS, maupun politeknik. Beasiswa ini terdiri dari dua jenis, yaitu beasiswa unggulan untuk mahasiswa berprestasi serta beasiswa reguler. Dana dari beasiswa ini diberikan setiap bulan dengan jumlah 1 juta rupiah selama satu tahun penuh. 

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa Bank Indonesia bisa kamu lihat di sini.

Djarum Beasiswa Plus

Para pemburu beasiswa tentunya sudah familiar dengan yang satu ini. Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu program beasiswa dalam negeri yang nggak pernah sepi peminat. Beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa di jenjang pendidikan D4 maupun S1. 

Setiap bulan, kamu akan mendapatkan dana pendidikan sebesar 1 juta rupiah selama satu tahun penuh. Selain itu, kamu juga akan mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan oleh Djarum Foundation, seperti character building, leadership development, hingga berbagai kompetisi.

Kamu tertarik dengan Djarum Beasiswa Plus? Yuk, klik di sini untuk baca informasi lengkapnya!

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Adakah Pilihanmu?

Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation

Tanoto Foundation merupakan salah satu organisasi filantropi ternama di Indonesia. Organisasi ini memiliki fokus terhadap pemerataan akses pendidikan di Indonesia, Singapura, dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Program TELADAN yang diadakan Tanoto Foundation diperuntukkan bagi mahasiswa di kampus-kampus mitra mereka. 

Cakupan beasiswa ini meliputi pembiayaan uang kuliah, uang saku bulanan, serta berbagai program capacity building. Kamu bahkan bisa mendapatkan bantuan dana untuk mengikuti kompetisi atau melakukan penelitian, serta kesempatan magang di Tanoto Foundation, kelompok perusahaan Royal Golden Eagle (RGE), maupun mitra industri lainnya.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa TELADAN Tanoto Foundation bisa kamu baca di sini.

Beasiswa Astra

Beasiswa dari PT. Astra Internasional ini diberikan kepada para mahasiswa S1 dari perguruan tinggi di Pulau Jawa. Skema pembiayaannya mencakup bantuan pendidikan sebesar 5 juta per semester selama satu tahun, program pendampingan komprehensif, serta kesempatan magang di Astra Group. 

Informasi mengenai program Beasiswa Astra bisa dilihat di sini, ya.

Baca juga: 5 Jurusan Teknik yang Direkomendasikan bagi Perempuan

Beasiswa Bakti Tani 

Program beasiswa yang satu ini merupakan hasil kerja sama dari TaniFoundation dan Yayasan Khouw Kalbe. Beasiswa Bakti Tani diperuntukkan bagi anak-anak petani yang memiliki passion untuk mengembangkan sektor pertanian di daerah asalnya. Pembiayaannya meliputi dana pendidikan sebesar 6 juta rupiah per semester, program pengembangan diri, serta kesempatan praktik atau bermitra dengan TaniHub Group.

Informasi selengkapnya mengenai program Beasiswa Bakti Tani bisa kamu cek di sini.

Nah, itu tadi 10 program beasiswa yang bisa dicoba oleh kamu yang berkuliah di dalam negeri. Tetap rajin ngepoin tentang beasiswa agar jangan sampai kamu ketinggalan informasi dan melewatkan kesempatan emas. Best of luck to you, girls!

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Kamu pengen sharing lebih banyak seputar beasiswa dan pendidikan? Yuk, gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya

No Comments

    Leave a Reply