gagal menampilkan data

Article

Beasiswa untuk Kamu yang Ingin Kuliah Gratis di Jepang

Written by Angela Ranitta

Melanjutkan studi di Jepang merupakan mimpi banyak orang. Nggak heran, sebab negara ini memiliki sistem pendidikan terbaik ketujuh di dunia. Jepang menjadi rumah dari begitu banyak universitas yang kualitasnya telah diakui secara global. Selain itu, banyak kampus yang membuka prodi internasional yang cocok bagi mahasiswa asing. Jepang juga dikenal sebagai negara Muslim-friendly meskipun agama Islam merupakan minoritas di sana. 

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang ingin berkuliah di Jepang? Berikut adalah sejumlah beasiswa yang bisa kamu coba untuk menuntut ilmu di Negeri Sakura. Check this out!

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

MEXT Scholarship

Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) ditawarkan oleh pemerintah Jepang kepada pelajar internasional yang ingin berkuliah di jenjang S1 dan S2. Beasiswa ini terdiri dari 3 program, yaitu undergraduate (gakubu), specialized training college (senshu), dan college of technology (kosen). Cakupan MEXT Scholarship nggak hanya meliputi biaya kuliah, tetapi juga persiapan sebelum kamu memulai studi di Jepang. Selain itu, kamu akan mendapatkan uang saku hingga 15 juta rupiah per bulan. 

Informasi selengkapnya mengenai MEXT Scholarship bisa kamu lihat di sini, ya. 

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Mitsui Bussan Scholarship

Beasiswa dari perusahaan Mitsui & Co. ini diberikan kepada kamu yang ingin kuliah S1 di Jepang. Mitsui Bussan Scholarship ditawarkan kepada pelajar internasional di bidang sains dan teknologi, maupun ilmu sosial dan bisnis. Cakupan beasiswa ini, yaitu 1,5 tahun kursus Bahasa Jepang dan 4 tahun studi S1. Selain biaya kursus dan kuliah, kamu juga akan mendapatkan uang saku, tiket PP Indonesia-Jepang, tunjangan kedatangan, dan asuransi. Biaya sewa asrama, konsumsi, transportasi lokal, dan buku kuliah juga akan ditanggung oleh Mitsui Bussan Scholarship

Kamu bisa membaca informasi selengkapnya mengenai Mitsui Bussan Scholarship di sini, ya. 

Ajinomoto Scholarship

Ajinomoto merupakan merek bumbu masak populer asal Jepang. Mereka menawarkan beasiswa pascasarjana di Jepang bagi para pelajar terpilih asal Indonesia. Beasiswa ini ditawarkan apabila kamu berkuliah di 7 kampus yang bermitra dengan Ajinomoto. Mereka adalah The University of Tokyo, Kyoto University, Nagoya University, Tokyo Institute of Technology, Ochanomizu University, Kagawa Nutrition University, dan Waseda University

Kalau kamu tertarik, simak informasi lebih detail mengenai Ajinomoto Scholarship di sini, ya.

INPEX Scholarship

Yayasan INPEX menawarkan beasiswa internasional sebagai bentuk kerja sama dengan Indonesia, Australia, serta Uni Emirat Arab. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin kuliah S2 bidang ilmu pengetahuan alam di Jepang. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, uang saku bulanan, biaya transportasi lokal, dan tiket PP Indonesia-Jepang. 

Informasi lebih detail mengenai INPEX Scholarship dapat kamu lihat di sini, ya.

Japan Scholarship Program

Japan Scholarship Program (JSP) merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Asian Development Bank. Beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa asal negara-negara Asia-Pasifik, termasuk Indonesia. Kamu bisa kuliah S2 bidang ekonomi, bisnis dan manajemen, sains dan teknologi, dan sebagainya selama satu tahun di Jepang. Pembiayaan JSP meliputi biaya pendidikan fully-funded, uang saku bulanan (termasuk biaya sewa asrama), buku penunjang kuliah, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan PP Indonesia-Jepang. 

Informasi lebih lengkap mengenai Japan Scholarship Program bisa kamu baca di sini

Aichi Scholarship

Aichi adalah prefektur yang terletak di wilayah Chubu, Pulau Honshu. Ibu kota prefektur ini adalah Nagoya. Setiap tahun, pemerintah Aichi menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional yang ingin menuntut ilmu di sana. Cakupan beasiswa tersebut adalah 2 tahun 4 bulan, dengan rincian 4 bulan masa penelitian dan 2 tahun perkuliahan magister. Pembiayaannya meliputi biaya kuliah, uang saku 150 ribu yen per bulan, tiket perjalanan dari negara asal ke Jepang. 

Kamu bisa menyimak informasi selengkapnya mengenai Aichi Scholarship di sini.

Tokyo NODAI Scholarship

Berbeda dengan program-program sebelumnya, beasiswa ini dikhususkan bagi kamu yang ingin berkuliah di jenjang S3 bidang agrikultur di Jepang. Sebab, penyelenggara beasiswa ini tak lain dan tak bukan adalah Tokyo University of Agriculture alias Tokyo NODAI. Cakupan beasiswa ini meliputi tunjangan akademik (disertasi, ujian, bimbingan akademik, dll.), tiket PP Indonesia-Jepang, serta uang saku. 

Informasi lebih detail mengenai Tokyo NODAI Scholarship bisa kamu simak di sini, ya.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Nah, itu tadi sejumlah program beasiswa menarik untuk kamu yang ingin kuliah di Jepang. Persiapkan dirimu sebaik mungkin mengingat seleksi beasiswa kuliah di luar negeri relatif ketat. Tetap semangat dan semoga beruntung, ya!

Kalau kamu ingin sharing lebih banyak seputar beasiswa dan pendidikan, kamu bisa bergabung bersama Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond