gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Bisa ke Psikolog Gratis dengan BPJS, Begini Caranya!

Written by Zefanya Pardede

Kesehatan mental sangat penting untuk dijaga. Banyak orang beranggapan bahwa semua biaya layanan kesehatan mental memakan biaya yang besar. Alhasil, orang-orang melakukan self-diagnose yang seringkali nggak akurat. 

Padahal, konsultasi psikolog gratis dengan BPJS, loh.

Berikut cara mendapat layanan konsultasi psikolog gratis menggunakan BPJS!

Baca juga: 5 Rekomendasi Layanan Psikolog Mudah dan Murah di Indonesia

Pastikan Status BPJS Aktif

Sebelum konsultasi psikolog gratis menggunakan BPJS, pastikan dulu bahwa BPJS kamu aktif. 

Untuk mengecek status BPJS sebelum konsultasi psikolog gratis, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Cek di aplikasi Mobile JKN.
  • Menggunakan layanan CHIKA (Chat Assistant JKN) melalui nomor WhatsApp 08118750400.
  • Menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165.

Tanpa BPJS, kamu nggak bakal bisa mendapat layanan psikolog gratis dan mendapat surat rujukan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pastikan BPJS kamu belum mati sebelum pergi konsultasi psikolog gratis, ya!

Baca juga: Hindari Self Diagnosis, Segera ke Psikolog atau Psikiater Kalau Kamu Alami 10 Gejala Ini

Kunjungi Faskes Tingkat Pertama (FKTP) yang di BPJS

Kalau BPJS kamu sudah aktif, langkah selanjutnya untuk mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk konsultasi psikolog gratis menggunakan BPJS. FKTP ini mencakup dokter umum, puskesmas, klinik kesehatan, atau rumah sakit yang bekerja dengan BPJS Kesehatan.

Untuk mengecek lokasi FKTP yang bisa kamu kunjungi untuk konsultasi psikolog gratis pakai BPJS, kamu bisa lihat FKTP yang tertera pada kartu BPJS dalam kolom “Faskes Tingkat I” untuk melihat psikolog BPJS terdekat.

Baca juga: 5 Layanan Konsultasi Psikolog Gratis Terbaik di Indonesia

Daftarkan Diri Menggunakan BPJS

Untuk konsultasi psikolog gratis, sebaiknya kamu datang ke FKTP pagi-pagi supaya nggak terjebak antrean pendaftaran. Di tahap pendaftaran konsultasi psikolog gratis menggunakan BPJS, jelaskan bahwa tujuan kunjunganmu adalah untuk menemui psikolog. Kemudian, kamu akan diminta untuk memperlihatkan BPJS dan KTP untuk verifikasi data diri.

Biasanya, semua FKTP memiliki poli jiwa atau layanan psikolog gratis. Namun, sebagian FKTP nggak punya fasilitas ini. Ketika ini terjadi, pihak FKTP yang kamu kunjungi akan memberikan surat rujukan untuk mendapat poli jiwa lain yang terdekat untuk melanjutkan konsultasi psikolog gratis menggunakan BPJS.

Baca juga: Trauma Bisa Turun-temurun, Ini Arti Generational Trauma, Penyebab, dan Tandanya

Tes Pemeriksaan dan Konsultasi

Setelah mendaftar, kamu bisa lanjut ke tahap konsultasi psikolog gratis dengan BPJS. Pemeriksaan dan konsultasi dilakukan sebagaimana konsultasi kesehatan mental pada umumnya.

Jika kondisimu mampu ditangani dengan baik oleh FKTP tersebut, pelayanan selesai. Akan tetapi, kalau kamu masih memerlukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut, kamu kemungkinan akan dirujuk ke rumah sakit atau psikolog BPJS terdekat dengan poli jiwa yang lebih advanced.

Baca juga: Kurangi Stres, Ini 4 Cara Mengatasi Overthinking pada Remaja

Mengunjungi Rumah Sakit Rujukan

Surat rujukan tersebut bisa kamu bawa ke rumah sakit yang dirujuk beserta dengan BPJS kamu. Untuk proses selanjutnya, kamu bisa mengikuti prosedur rumah sakit tersebut. Tenang, kamu masih bisa melanjutkan konsultasi psikolog gratis menggunakan BPJS di proses ini, kok!

Nah, itu dia cara mendapat melakukan konsultasi psikolog menggunakan BPJS dengan gratis!

Mau informasi tentang cara mendapat layanan psikolog gratis lainnya? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!