gagal menampilkan data

Article

20 Contoh CV Lamaran Kerja ATS dan Kreatif, Perhatikan Bedanya!

Written by Zefanya Pardede

CV lamaran kerja adalah dokumen yang digunakan pelamar kerja untuk menunjukkan pengalaman, keterampilan profesional, dan prestasi yang dimiliki untuk melamar pekerjaan. CV kerja diperlukan untuk melamar posisi di area-area tertentu dengan keahlian khusus. CV menarik bisa membuat recruiter makin melirik kamu.

Secara umum, CV lamaran kerja memuat informasi mengenai informasi kontak, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan skill. Informasi tambahan yang biasa dimuat dalam CV lamaran kerja adalah sertifikasi, asosiasi, bahasa, publikasi, dan penghargaan.

Namun, ada dua jenis CV lamaran kerja yang banyak digunakan jobseekers saat mencari kerja, yaitu CV ATS dan CV kreatif.

Apa bedanya? Sebelum itu, mari pahami apa itu CV ATS dan CV kreatif!

Baca juga: 5 Tips Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Wajib Dibaca Fresh Graduate!

Perbedaan CV ATS dan CV Kreatif

CV lamaran kerja berbentuk ATS dan kreatif memiliki perbedaan berikut.

Tampilan yang Berbeda

Perbedaan yang paling mencolok di antara kedua CV menarik ini adalah tampilan dan design yang sangat bertolak belakang satu sama lain.

CV lamaran kerja ATS biasanya memiliki tampilan hitam putih dan dibuat dalam bentuk file A4 atau HVS. Font yang digunakan juga biasanya font-font yang umum digunakan, seperti Times New Roman dan Arial. Tujuannya adalah supaya CV lamaran kerja bisa dibaca oleh mesin ATS tanpa gangguan.

Cek di sini untuk mengetahui tampilan dan format CV ATS yang benar.

Sementara itu, CV lamaran kerja berbentuk kreatif berwarna-warni dan tidak mengikuti panduan font tertentu. Tampilan CV kreatif dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelamar itu sendiri. Biasanya, design CV lamaran kerja kreatif diciptakan untuk mencerminkan kepribadian pelamar dan membuat CV menarik.

Kata Kunci dalam CV

CV lamaran kerja ATS sangat mementingkan pemilihan kata kunci. Mesin ATS biasanya akan menyaring CV berdasarkan kata kunci yang ditetapkan oleh perusahaan. Jadi, penting bagi kamu untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dengan posisi lamaran.

Semakin banyak kata kunci yang cocok, semakin tinggi peringkat CV lamaran kerja kamu dalam sistem ATS. Kamu bisa menentukan kata kunci yang tepat dengan cara memperhatikan kosakata yang pada job posting posisi incaranmu dan menggunakannya dalam CV lamaran kerja ATS kamu.

Akan tetapi, CV lamaran kerja kreatif tidak mengikuti ketentuan kata kunci yang setegas CV ATS. Bahkan, beberapa perusahaan tidak mementingkan kata kunci dalam CV kreatif. Dalam Cv kreatif, penting untuk menyesuaikan tampilan dan isi secara keseluruhan dengan posisi yang dilamar. Semakin unik tampilan CV kerja kreatif kamu, semakin besar kesempatan kamu untuk diterima.

Baca juga: Mau CV Tanpa Pengalaman Tetap Keren? Ketahui 5 Langkah Ini!

Contoh CV ATS

Di bawah ini adalah beberapa CV lamaran kerja jenis ATS yang bisa kamu jadikan referensi!

app.kinobi.asia
cakeresume.com
binaracademy.com
cakeresume.com
dailysocial.id
dailysocial.id
glints.com
layanan.pintarnya.com
resumeworded.com
weefer.co.id

Contoh CV Kreatif

Kalau sedang mencari inspirasi untuk membuat CV kreatif, beberapa contoh CV lamaran kerja jenis kreatif berikut ini bisa jadi ide!

canva.com
canva.com
canva.com
canva.com
canva.com
canva.com
canva.com
merdeka.com
canva.com
canva.com

Kedua CV lamaran kerja ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Kamu bisa sesuaikan jenis CV kerja yang akan digunakan sesuai dengan posisi yang kamu lamar, ya!

Mau tahu info loker terbaru? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond