gagal menampilkan data

Article

Sertifikat BNSP Bikin Skill Diakui Secara Nasional, Ini Cara Buatnya

Written by Zefanya Pardede

Girls, kamu tahu nggak, sih, kalau kamu bisa mendapatkan sertifikasi keahlian yang diakui langsung oleh pemerintah untuk mencari kerja? Nggak perlu bergantung pada kursus digital melulu, kamu bisa dapat sertifikat BNSP untuk menunjang karier.

Sertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) adalah sertifikasi profesional yang diselenggarakan oleh LSP BNSP.  Kalau kamu punya sertifikat BNSP, kamu bisa dapat peluang lebih besar untuk bekerja di berbagai perusahaan karena kemampuanmu akan diakui secara nasional.

Kamu bisa mendapat sertifikat BNSP dengan keahlian yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu, seperti digital marketing, human resources (HR), dan bahkan data science!

Yuk, cari tahu manfaat dan cara mendapatkan sertifikat BNSP!

Baca juga: Mulai Upskilling dengan 5 Platform Kursus Online Ini, Dijamin Gratis dan Bersertifikat!

Manfaat Sertifikat BNSP

Di Indonesia, mempunyai sertifikat BNSP atas nama diri sendiri bisa membuka banyak sekali pintu kesempatan. Apa saja manfaat utama sertifikat BNSP?

Kemampuan Bisa Diakui Secara Nasional

Sertifikat digunakan oleh jobseeker untuk membuktikan keaslian keahlian yang dimiliki. Kebanyakan orang menggunakan sertifikat yang didapatkan dari platform belajar digital atau lembaga belajar independen lainnya.

Sertifikat-sertifikat tersebut tentu bisa digunakan untuk melamar. Akan tetapi, sertifikat BNSP bisa meningkatkan kredibilitas kemampuanmu karena sertifikat BNSP diakui secara resmi. Ada juga beberapa perusahaan yang menuntut sertifikat dari lembaga resmi, loh, jadi sertifikat BNSP bisa banget dimanfaatkan untuk meyakinkan recruiter!

Bisa Bersaing di Perusahaan Internasional

Nggak cuma di perusahaan Indonesia, kamu juga bisa bisa menggunakan sertifikat BNSP untuk bekerja di perusahaan internasional, terutama perusahaan di Asia Tenggara.

Banyak perusahaan, organisasi, institusi, dan lembaga multinasional serta internasional di Asia Tenggara yang memberikan poin plus kepada orang-orang yang memegang sertifikat BNSP. Kalau kamu mengincar perusahaan besar atau perusahaan di luar negeri, sertifikat BNSP bisa sangat membantu.

Baca juga: 5 Sertifikasi HR Online Gratis, Bisa Masuk HRD dengan Cepat!

Meningkatkan Jenjang Karier

Sertifikat BNSP juga bisa dimanfaatkan untuk jenjang karier, loh. Di sebagian perusahaan, adanya sertifikasi, khususnya sertifikat BNSP, bisa mempercepat proses peningkatan jenjang kariermu.

Ini karena sertifikat BNSP bisa digunakan sebagai bukti kompetensi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sertifikat BNSP untuk posisi-posisi kepemimpinan dan manajerial.

Cara Mendapatkan Sertifikat BNSP

Kalau kamu tertarik untuk mendapatkan sertifikat BNSP, ini langkah umum yang harus dilakukan.

  • Daftarkan diri ke laman resmi sertifikat BNSP.
  • Memilih profesi yang disertifikasi. Pastikan kamu telah memenuhi persyaratan yang tertera.
  • Membayar biaya sertifikat BNSP. Setiap sertifikat BNSP memiliki biaya yang berbeda, sesuai dengan jenisnya. Berapa biaya sertifikat BNSP yang paling umum diambil versi LSP BNSP untuk profesi digital adalah:
    • Junior Web Developer dengan biaya Rp800.000
    • Junior Web Programmer dengan biaya Rp900.000
    • Data Analyst dengan biaya Rp1.200.000
    • Programmer dengan biaya Rp1.200.000
    • Software Engineer dengan biaya Rp1.400.000
    • Web Developer dengan biaya Rp2.500.000
  • Mengikuti ujian kompetensi untuk mengukur kualifikasi. Ujian biasa dibagi menjadi:
    • Pra-assessment
    • Uji Kompetensi Tes Tulis
    • Uji Kompetensi Tes Praktik
  • Jika dinyatakan lulus, kamu akan mendapat sertifikat BNSP kurang lebih 30 hari setelah ujian sertifikat BNSP.

Baca juga: 5 Situs Belajar Data Analyst Gratis, Cocok untuk Pemula!

Perlu diingat bahwa sertifikat BNSP berlaku selama tiga tahun. Pastikan juga bahwa kamu mendapat sertifikat BNSP asli, ya! Sertifikat BNSP asli hanya didapatkan dari LSP BNSP.

Nah, itu dia manfaat sertifikat BNSP dan cara mendapatkannya. Gimana? Kamu tertarik, nggak?

Mau info lowongan kerja paling update? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond