gagal menampilkan data

Article

10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi beserta Gajinya, Asyik dan Beragam Banget!

Written by Adila Putri Anisya

Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang sangat banyak peminatnya. Ini dikarenakan mata kuliahnya yang sangat menyenangkan dan relevan dengan kebutuhan sepanjang zaman. Selain itu, prospek kerjanya sangat luas dibandingkan dengan jurusan-jurusan lainnya. 

Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan komunikasi dan memikirkan prospek kerjanya di masa depan. Berikut adalah 10 prospek kerja jurusan komunikasi beserta gajinya.

Baca juga: 50+ Jurusan Kuliah IPS dan IPA yang Ada di Indonesia, Cek Daftarnya!

MARKETING COMMUNICATION

Marketing communication atau komunikasi pemasaran adalah pekerjaan yang bertugas menyampaikan informasi seputar produk, merek hingga layanan kepada potensi konsumen. Tanggung jawab utamanya adalah mempengaruhi sikap, perilaku dan keputusan konsumen. 

Ada beberapa metode atau saluran komunikasi yang digunakan oleh marketing communication, seperti penggunaan media (televisi, radio, dan alat digital), pemasaran langsung (email, telemarketing, dll), hingga pemasaran content marketing (blog, video, infografis) untuk menarik perhatian audiens.

Gaji staf marketing communication bervariasi, sesuai dengan tingkat pengalamannya, mulai dari Rp4,5 juta - Rp6 juta per bulan.

PUBLIC RELATIONS

Public relations atau hubungan masyarakat adalah fungsi manajemen yang bertujuan untuk membangun dan menjalin hubungan yang positif antara suatu organisasi atau perusahaan dengan publiknya, termasuk konsumen, karyawan, investor, media, pemerintah, dan masyarakat umum. 

Tujuan dari public relations (PR) adalah membangun citra yang baik, meningkatkan pemahaman, kepercayaan, dan dukungan publik terhadap organisasi atau perusahaan tersebut.

Gaji per bulan seorang public relations tergantung dari perusahaan atau organisasinya. Untuk PR level staff berkisar Rp6 juta - Rp8 juta, sementara untuk tingkat PR manager/senior Rp15 juta per bulan.

REPORTER

Pasti banyak dari kamu yang bertanya, “Apa yang dipelajari di jurusan ilmu komunikasi?” Kalau kamu bercita-cita sebagai reporter, maka ini sangat membantu karena jurusan ilmu komunikasi dapat memberikan kamu pemahaman tentang prinsip-prinsip komunikasi, penelitian, etika jurnalistik, dan keterampilan menulis yang dibutuhkan untuk menjadi seorang reporter.

Sebagai reporter, tugas utama kamu adalah mencari, mengumpulkan, dan menyampaikan informasi berita kepada publik. Kamu akan melakukan wawancara, menyusun laporan, melakukan riset, dan menangkap peristiwa atau kejadian penting untuk mengumpulkan informasi yang akurat dan relevan. 

Tinggi rendahnya nominal gaji tergantung dari perusahaan dan jam terbangmu. Di Indonesia, gaji reporter berada di antara Rp3 juta-Rp8 juta ke atas, dengan rata-rata Rp4,5 juta per bulan.

COPYWRITER DAN CONTENT WRITER

Copywriter dan content writer merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda, namun memiliki skill yang hampir sama, yaitu harus memiliki kemampuan menulis yang baik.

Copywriter bertugas membuat copy menarik untuk membujuk audiens, sementara content writer bertugas untuk mengedukasi dan memberikan hiburan pada audiens melalui sebuah tulisan.

Gaji copywriter dan content Writer di Indonesia rata-rata Rp8,5 juta. Paling rendah Rp4,1 juta dan tertinggi Rp13 juta. Semakin tinggi jam terbangmu, semakin besar nominal gajinya. 

SOCIAL MEDIA SPECIALIST

Social media specialist termasuk bidang pekerjaan yang disukai generasi milenial. Selain memiliki jenjang karir yang menjanjikan, pekerjaan ini memiliki nominal gaji yang tinggi.

Tugas utamanya adalah merencanakan dan mengembangkan strategi media sosial yang efektif sesuai dengan tujuan bisnis dan target audiens perusahaan. Ini melibatkan pemilihan platform yang tepat, menampilkan jenis konten yang akan diposting, menjadwalkan publikasi, dan pengaturan metriks untuk mendorong keberhasilan kampanye.

Gaji social media specialist dimulai dari Rp6 juta - Rp19 juta per bulan dengan rata-rata Rp12 juta per bulannya. Gimana? Tertarik dengan pekerjaan ini? 

GRAPHIC DESIGNER

Jurusan ilmu komunikasi mempelajari banyak bidang termasuk desain. Untuk kamu yang tertarik menciptakan ilustrasi, tipografi, hingga keperluan visual lainnya, maka jadilah seorang graphic designer.

Graphic designer bertanggung jawab menciptakan elemen visual yang menarik dalam berbagai bentuk media, seperti brosur, pamflet, poster, katalog, booklet, infografis, dan materi pemasaran lainnya.

Gaji yang ditawarkan pun bervariasi. Di Jakarta, gaji rata-rata untuk graphic designer adalah Rp4,9 juta per bulan dan Rp5 juta - Rp 7 juta untuk 2 tahun pengalaman. Sementara, gaji Rp8 juta ke atas biasanya diberikan untuk kandidat yang memiliki pengalaman yang lebih dari 3 tahun.

FOTOGRAFER DAN VIDEOGRAFER

Bagi kamu yang tertarik dan memiliki skill dalam pengambilan gambar, maka menjadi fotografer dan videografer bisa menjadi pilihan. 

Mungkin di jurusan komunikasi tidak banyak mendalami seputar fotografi. Namun, setidaknya kamu belajar tentang teknik dasar fotografi dan videografi, seperti komposisi visual, pencahayaan, pengaturan kamera, dan teknik pengambilan gambar/video yang efektif.

Agar kemampuanmu semakin meningkat diperlukan pemahaman mendalam, seperti mengenali kamera, belajar mengenali subjek, pahami komposisi, hingga berpartisipasi dalam komunitas Fotografi.

Gaji rata-rata fotografer/videografer perbulan antara Rp2,6 juta - Rp9,2 juta per bulan. Tergantung dari perusahaan dan kemampuanmu. Semakin bagus portofoliomu, semakin tinggi nominal gaji yang didapatkan.

PENYIAR RADIO

Banyak diantara penyiar radio yang berasal dari jurusan ilmu komunikasi. Bagi kamu yang memiliki keterampilan berbicara, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan up-to-date banget, maka menjadi penyiar radio cocok untuk kamu.

Tetapi perlu diketahui, bahwa tanggung jawab penyiar radio bukan hanya membawakan program acara siaran radio saja. Kamu juga harus bisa mengoperasikan peralatan siaran, memiliki kemampuan riset yang baik dan kemampuan problem solving.

Mayoritas gaji penyiar radio per bulan adalah sekitar Rp2,2 juta - Rp18 juta di tahun 2023. Sementara, untuk level pemula berkisar Rp,2,2 juta- Rp10 juta per bulan.

FLOOR DIRECTOR

Bekerja di stasiun TV merupakan impian setiap orang dengan jurusan komunikasi. Salah satu pekerjaan yang disukai adalah, floor director (FD). Floor director berperan penting dalam mengoordinasikan dan mengatur produksi program televisi secara langsung di lantai studio.

Seorang FD harus memiliki kemampuan memimpin, memanajemen waktu dan pemahaman yang baik tentang jadwal program. Kamu juga dituntut harus memiliki interaksi yang baik pada semua yang terlibat di studio.

Gaji rata-rata floor director berkisar antara Rp6 juta - Rp10 juta per bulan. Tergantung dari perusahaan dan jam terbangmu sebagai FD.

EVENT PLANNER

Ada suatu mata kuliah di jurusan komunikasi yang mempelajari tentang event organizer (EO). Biasanya mahasiswa diberikan projek untuk membuat suatu event, dan dituntut untuk menuangkan ide acara, menjalankan acara hingga mendapatkan keuntungan dari event tersebut.

Jika kamu tertarik dalam dunia event organizer, kamu bisa mengambil pekerjaan seperti event planner, yang bertugas mengatur strategi event, menghubungi vendor, hingga mengelola acara agar berjalan dengan baik.

Gaji event planner cukup menjanjikan, untuk pemula dapat menghasilkan gaji Rp4,9 juta. Seiring bertambahnya pengalaman dan acara yang dibuat, kamu bisa menghasilkan gaji lebih dari Rp17 juta per bulan.

Jadi jika kamu masih ragu dan bertanya tentang “Jurusan ilmu komunikasi kerja apa saja?” Ini bisa menjawab pertanyaanmu, sehingga tidak ragu lagi memilih ilmu komunikasi sebagai jurusan kuliah.

Satu hal yang perlu dicatat, bahwa prospek kerja dalam bidang ini dapat bervariasi tergantung pada spesialisasi, keahlian tambahan, dan pengalaman kerjamu.

Baca juga: 7 Jurusan Ini Punya Prospek Kerja Tinggi di Masa Depan, Bisa Bikin Sukses! 

Tertarik dengan jurusan ilmu komunikasi? ketahui lebih banyak prospek kerjanya dengan bergabung di Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Adakah Pilihanmu?

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond