gagal menampilkan data

Article

Ini 5 Cara Menentukan Personal Style Agar Penampilanmu Menarik!

Written by Adila Putri Anisya

Pernah nggak sih kamu ngikutin fashion orang lain, tapi saat diaplikasikan ke diri sendiri malah jadi jelek? Nah, bisa jadi personal style mereka nggak cocok denganmu. Personal style adalah gaya seseorang dalam mengekspresikan diri melalui penampilan dan aksesoris yang mencerminkan citra diri mereka. Lalu, bagaimana sih cara menentukan personal style tersebut? Yuk, baca artikel ini sampai habis. 

Baca juga: Tampil Sehat dan Cantik di Super Bowl 2023, Ini 5 Tips Jitu ala Rihanna yang Pasti Kamu Belum Tahu!

CARA MENENTUKAN PERSONAL STYLE

Dalam dunia mode, personal style (gaya pribadi) cukup penting untuk menentukan citra seseorang. Hal ini mencakup pakaian, aksesoris, sepatu, hingga tas yang digunakan. Sebagian orang mungkin suka dengan pakaian elegan, namun sebagian lagi suka tampil edgy, eksentrik atau colorful.

Bagi kalian yang masih bingung untuk berpakaian dan ingin memiliki gaya khas sendiri, mungkin tips menentukan personal style di bawah ini bisa membantu!

MENGENALI BENTUK TUBUH

Ilustrasi bentuk tubuh
Sumber foto: wanitamoden.com

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Inilah yang terkadang membuat seseorang terlihat berbeda ketika mengikuti style orang lain. Dengan mengenali bentuk tubuh, seperti rectangle, pear, hourglass, oval, dan apple, mungkin akan membantu kamu dalam memilih pakaian yang tepat dan menonjolkan kelebihan serta mengimbangi bagian tubuh yang ingin disembunyikan.

Misalnya, kamu memiliki bentuk tubuh rectangle, tipe tubuh ini membutuhkan pakaian yang bisa menonjolkan lekukan tubuh. Pilihlah atasan dengan bagian leher berbentuk V, halter atau off shoulder. Kamu juga bisa memasukan baju ke dalam rok, celana, atau menggunakan tali pinggang untuk menampilkan lekukan tubuh.

MENGENALI BENTUK WAJAH

Ilustrasi bentuk wajah
Sumber foto: merdeka.com

Personal style nggak hanya tentang berpakaian saja, aksesoris, dan gaya rambut sangat berpengaruh pada penampilanmu. Untuk menentukan aksesoris dan gaya rambut yang tepat, kamu harus mengenali bentuk wajah, seperti oval, square, round, heart, diamond, dan long.

Misalnya, kamu memiliki bentuk wajah oval, maka gaya rambut yang cocok adalah medium hair atau bob layer. Intinya, potongan layer sangat cocok untuk tipe wajah oval. Jika kamu pakai kacamata, semua gaya kacamata sebenarnya cocok, namun hindari kacamata yang oversize karena bisa menutupi sebagian wajahmu.

TEMUKAN ROLE MODEL FASHION KAMU

Perempuan berada di depan laptop sambil memegang rok hijau untuk membuat konten
Sumber foto: freepik.com

Cara mencari style diri sendiri lainnya adalah dengan mencari role model fashion-mu, baik itu artis, influencer atau fashion blogger yang gaya berpakaiannya kamu sukai. Gaya-gaya mereka mulai dari pakaian, aksesoris, tas hingga sepatu bisa kamu tiru untuk dijadikan inspirasi dalam berpakaian.

Namun, pastikan role model yang kamu sukai memiliki tampilan fisik dan warna kulit yang setidaknya mirip dengan kamu. Ini akan sangat membantu dibandingkan dengan yang memiliki tampilan fisik berbeda. 

BERANI PADU PADAN BUSANA

Diana Rikasari menggunakan baju berwarna biru dan outer kuning
Sumber foto: Redcomm/Diana Rikasari

Beranilah mencampur dan memadukan berbagai pakaian dan aksesori yang kamu miliki. Coba padukan atasan dengan bawahan yang berbeda, atau tambahkan aksesori seperti syal, kalung, atau ikat pinggang untuk memberikan sentuhan yang unik pada penampilan kamu.

Manfaatkan kesempatan untuk bereksperimen dengan pakaian saat kamu tidak harus berhadapan dengan banyak orang. Kamu bisa mencobanya ketika pergi keluar bersama teman-teman, berkencan, atau saat acara santai di akhir pekan.

TERUS MENGEKSPLOR 

Perempuan berbaju putih memegang gantungan baju di rak baju
Sumber foto: freepik.com

Cara menentukan personal style memang nggak mudah, terkadang kamu harus terus mengeksplorasi berbagai gaya (cut dan materials) dan warna baju untuk menemukan “unik” dari personal style kamu. 

Dengan begitu, ketika kamu mencari baju, kamu jadi tahu “what kind of items” yang berhasil di badan kamu dan mana yang nggak. Mencari karakteristik baju yang cocok di badan kamu juga dapat menutupi dan menonjolkan hal-hal yang bikin kamu percaya diri dan tidak percaya diri. Intinya carilah pakaian yang membuat kamu percaya diri dan nyaman ketika digunakan.

Personal style adalah tentang mengekspresikan diri kamu dengan cara yang unik dan otentik. Tidak semua percobaan akan berhasil, tetapi dengan berani mencoba dan bersikap terbuka terhadap pengalaman baru, kamu akan semakin menemukan gaya yang sesuai. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertemu profesional untuk melakukan personal style test!

Yuk, diskusi dan dapatkan saran lainnya tentang cara menentukan personal style bersama teman-teman komunitas Girls Beyond Circle. Join di sini untuk bergabung!

Baca juga: Prospek Kerja Menjanjikan di Dunia Fashion

Sumber: Dewimagazine, Validnews.id, Fitinline.com

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond