gagal menampilkan data

Article

5 Tips Mencari Tempat Magang untuk Mahasiswa dan Persiapannya

Written by Adila Putri Anisya

Mencari tempat magang untuk mahasiswa ternyata tak semudah yang dibayangkan. Persaingan yang ketat, kualifikasi yang tinggi, dan kesesuaian pekerjaan bisa menjadi faktor seseorang sulit dapat tempat magang. Namun, kamu tak perlu khawatir. Dengan mengetahui tips di bawah ini, kamu bisa mendapatkan tempat magang dengan cepat. Baca ulasannya sampai habis, ya!

Baca juga: Dari Google Internship hingga Nesternship, Ada 5 Program Magang yang Bisa Diikuti!

TIPS MENCARI TEMPAT MAGANG UNTUK MAHASISWA

Dalam pencarian tempat magang mahasiswa, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari sektor industri, jarak, dan pekerjaan tersebut. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi karirmu untuk kedepannya. Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah cara mencari tempat magang untuk mahasiswa. 

CARI TEMPAT MAGANG DI JOB PORTAL ATAU MEDIA SOSIAL

Selain konsultasi ke pihak pengembang karir kampus, kamu juga bisa mencari tempat magang melalui job portal dan media sosial. Ada banyak lowongan magang mulai dari on-site, WFH (work from home), dan hybrid. Beberapa tempat magang ada yang memberikan gaji yang mungkin dapat menambah uang sakumu. 

Untuk Instagram kamu bisa follow akun @magangupdate, @magang_id, @anakmagang.id @karirspot, dan lain-lain. Untuk portal job, kamu bisa mengakses web Indeed.com, Glints.com, Kalibrr.com, Jobstreet.co.id, dan lain-lain. 

MEMILIKI BERBAGAI OPSI TEMPAT MAGANG

Jangan pilih hanya satu tempat untuk jadi tujuan akhir magang. Lebih baik pilih beberapa opsi dan jadikan salah satu tempat menjadi prioritas utama. Kalau kamu hanya fokus di satu tempat, kamu mungkin akan kehilangan peluang-peluang lain yang mungkin cocok untuk kamu. Dengan begitu, mendapatkan tempat magang bisa lebih cepat.

HINDARI ASAL MEMASUKAN CV KE SEMUA TEMPAT MAGANG

Semakin banyak menyebarkan CV, maka semakin besar peluang kamu diterima di suatu perusahaan. Namun, di sisi lain hal ini juga tidak baik jika kamu asal memasukkan CV yang tidak sesuai dengan minatmu. Oleh karena itu, sebelum melamar magang, sebaiknya tanyakan beberapa hal kepada diri sendiri, seperti:

“Apa yang ingin aku pelajari dari magang ini?” “Pengalaman apa yang ingin aku tambahkan di CV?” “Harus digaji atau tidak?” “Bagaimana dengan jarak kantornya?”

Mengetahui apa minatmu dan bagaimana kesiapanmu akan membantumu untuk tidak asal dalam memilih perusahaan. Kamu hanya fokus pada perusahaan yang memang menyediakan tempat sesuai dengan kebutuhanmu.

CARI TAHU TIPS DAN TRIK UNTUK MASUK KE TEMPAT MAGANG TERSEBUT

Ada beberapa tempat magang untuk mahasiswa yang mungkin sulit untuk ditembus. Agar kamu bisa magang di tempat tersebut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tips dan trik agar mudah diterima. Kamu bisa mendapatkan informasinya dari berbagai macam, baik dari seorang kenalan yang pernah magang di sana atau bahkan orang yang bekerja di sana. Kamu bisa approach mereka melalui LinkedIn atau media sosial.

CARI TEMPAT MAGANG YANG MEMUNGKINKAN MENJADI PEKERJA FULL TIME

Bagi mahasiswa akhir yang juga akan segera mencari pekerjaan setelah lulus, carilah tempat magang yang memungkinkan kamu menjadi pekerja full-time disana. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak perlu repot-repot lagi mencari pekerjaan setelah lulus. Begitu kamu lulus, kamu tidak menganggur seperti kebanyakan orang. Namun, pastikan kamu memiliki keterampilan dan beradaptasi yang baik di sana agar perusahaan tertarik untuk memperkerjakanmu di tempat tersebut.

Baca juga: Ikuti 7 Tips Pintar Ini untuk Ubah Pengalaman Magang Jadi Full-Time, Fresh Graduate Harus Tahu!

PERSIAPAN MAGANG UNTUK MAHASISWA

Agar menjalankan magang dengan baik, penting untuk melakukan beberapa persiapan, antara lain:

  • Persiapkan CV kreatif dan ATS-friendly. Pastikan kamu memiliki kedua jenis CV tersebut. Beberapa perusahaan mungkin menggunakan tracking system untuk menyaring lamaran pekerjaan secara otomatis. Namun, sebagian perusahaan mungkin lebih tertarik dengan CV kreatif.
  • Latihan interview. Beberapa tempat magang untuk mahasiswa mewajibkan pelamarnya untuk interview. Kamu bisa melatih interview dengan berbagai cara, seperti melihat di YouTube, merekam dirimu saat berlatih, atau meminta saudara/teman untuk mencoba mewawancaraimu.
  • Mencari tahu detil tentang perusahaan. Pastikan riset sebelum apply CV ke suatu perusahaan. Mulai dari profil perusahaan, produk atau layanannya, kultur perusahaan dan posisi yang dilamar. Ini akan mencegah kamu dari kesalahan melamar magang.
  • Tingkatkan keterampilan. Sebelum memulai magang, tingkatkan keterampilan teknis dan soft skills kamu. Ikuti pelatihan, kursus, atau webinar yang relevan dengan bidang magang. Keterampilan tambahan ini akan membuat kamu lebih siap dalam menjalani tugas magang.

Dengan persiapan yang matang, kamu akan lebih siap dan percaya diri dalam menjalani magang. Pengalaman magang yang berharga akan membawa manfaat jangka panjang untuk pengembangan karir kamu di masa depan! 

Ingin tips seputar cara mencari tempat magang untuk mahasiswa lainnya? Yuk, gabung Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Mulai Upskilling dengan 5 Platform Kursus Online Ini, Dijamin Gratis dan Bersertifikat!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond