gagal menampilkan data

Article

Apa itu Passive Income? Ini Cara Mudah Mendapatkannya, Cocok untuk Anak Muda!

Written by Adila Putri Anisya

Mendapatkan penghasilan tanpa adanya usaha dan kerja memang nggak memungkinkan. Tetapi, ada loh, cara untuk menghasilkan uang tanpa harus terlibat aktif di dalamnya. Inilah yang disebut dengan passive income. Untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu passive income, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: 3 Sumber Penghasilan Tambahan untuk Remaja, Pasti Cuan!

APA ITU PASSIVE INCOME?

Passive income adalah pendapatan yang diperoleh seseorang tanpa harus aktif dalam mengelolanya. Jadi, meskipun kamu sedang tidak bekerja, maka penghasilan terus mengalir kepadamu. 

Beberapa orang tidak menganggap pendapatan pasif sebagai pekerjaan utama. Biasanya hal ini hanya dijadikan pekerjaan sampingan. Tapi ada pula yang menjadikan pekerjaan utama tergantung seberapa besar penghasilan yang didapatkan.

Pendapatan pasif ini umumnya diperoleh dengan menjalankan sistem atau investasi yang berjalan secara otomatis atau sedikit campur tangan dari pengelolanya. Mungkin kedengarannya rumit, namun jika kamu ingin mendapatkan uang tambahan dan tekun menjalaninya, maka ini cocok untuk kamu.

Baca juga: Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Online untuk Anak SMA, Dijamin Cuan Meski Sambil Rebahan!

APA SAJA PASSIVE INCOME YANG COCOK UNTUK ANAK MUDA?

Apa itu passive income? Memiliki passive income artinya kamu tak hanya bergantung pada satu sumber penghasilan saja. Ketika penghasilan satunya tidak mencukupi kebutuhan atau keinginan, maka kamu bisa mengandalkan penghasilan lainnya. Hal ini penting untuk melewati masa-masa krisis keuanganmu. 

Berikut adalah beberapa jenis pendapatan pasif yang bisa kamu lakukan:

INVESTASI SAHAM DAN REKSA DANA

Investasi di pasar saham dan reksa dana dapat memberikan dividen atau keuntungan modal dari pergerakan harga saham. Meskipun berinvestasi di pasar saham melibatkan risiko, dengan pengetahuan dan pendekatan yang tepat, ini bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang menguntungkan. Ada beberapa platform investasi yang aman digunakan oleh anak muda, seperti:

  • Bibit
  • Stockbit
  • Ajaib
  • Bareksa
  • Tanamduit
  • ONe Mobile OCBC NISP
  • IpotGo
  • BCAS

Aplikasi investasi tersebut, dapat kamu install melalui Google Play Store atau App Store. 

PROGRAM AFILIASI

Afiliasi menjadi pekerjaan yang tren akhir-akhir ini, banyak anak muda yang memanfaatkan program afiliasi sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Untuk menjalani pekerjaan ini, memang membutuhkan sedikit effort di awal-awal untuk membesarkan akunmu. Tapi, seiring berjalannya waktu dan sudah dikenal banyak orang, uang bisa mengalir tanpa harus bekerja. 

Bagaimana cara kerja program afiliasi?

  • Melakukan pendaftaran program afiliasi seperti di Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain
  • Setelah menjadi afiliasi, pilih produk atau layanan yang ingin dipromosikan dari katalog produk yang tersedia oleh program afiliasi
  • Afiliasi akan mendapatkan tautan yang berisi kode identifikasi afiliasi, sehingga dapat melacak penjualan atau tindakan yang dihasilkan dari tautan tersebut
  • Melakukan promosi dengan mencantumkan tautan produk melalui berbagai metode pemasaran, seperti media sosial, blog, dan saluran lainnya

Jika ada seseorang yang klik tautan tersebut dan melakukan tindakan seperti membeli produk atau berkunjung ke situs web, maka kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan program afiliasi.

MENJADI CONTENT CREATOR 

Ingin mendapatkan passive income dari internet? Cobalah jadi content creator. Pekerjaan ini banyak dijadikan ‘pekerjaan sampingan’ oleh beberapa orang karena penghasilannya yang cukup besar. Ada berbagai platform yang bisa digunakan, seperti Youtube, TikTok dan Instagram. 

Pastikan kamu memiliki niche content, seperti topik yang ingin kamu bahas dalam platform tersebut, misalnya, kecantikan, fashion, work life, atau lain sebagainya. Jika akunmu menjadi besar dan banyak yang mengikuti akunmu, biasanya ada banyak brand yang akan mengajak kerjasama. Ini bisa menjadi pendapatan pasif yang sangat besar.

MENJUAL TEMPLATE DESAIN

Bagi kamu yang memiliki keterampilan desain grafis, maka cobalah menjual template desain. kamu dapat membuat desain template website yang siap pakai untuk berbagai platform seperti WordPress, Shopify, atau Joomla. Template ini bisa mencakup tata letak, desain halaman, elemen UI/UX, dan fitur khusus lainnya. Tak hanya template website, template grafis seperti pamflet, CV, kartu nama dan lainnya juga bisa dijual. Kamu bisa menjual template di berbagai platform online seperti Creative Market, ThemeForest, atau Envato Market.

MEMBANGUN PODCAST

Kamu senang berbagi cerita? Coba deh membangun podcast. Ada berbagai platform yang bisa kamu gunakan, seperti Spotify, Noice, Anchor, dan lain-lain. Namun, penting untuk diingat bahwa mendapatkan passive income melalui podcast tidaklah instan dan memerlukan waktu, usaha, dan strategi yang tepat. 

Berikut adalah tips membangun podcast:

  • Memilih tema dan konten menarik, pilihlah tema podcast yang relevan dengan target audiens
  • Pastikan podcast kamu memiliki kualitas produksi yang baik, seperti peralatan audio atau alat rekam yang bersih dan jelas
  • Rencanakan jadwal publikasi secara konsisten untuk podcast kamu
  • Promosikan podcastmu di media sosial untuk mendapatkan pendengar baru

Ingatlah bahwa tujuan utama pendapatan pasif adalah menciptakan stabilitas keuangan dan membebaskan waktu dari ketergantungan pada pendapatan yang terbatas. Mengenal apa itu passive income memang sangat menguntungkan, namun memerlukan usaha, waktu, dan modal awal untuk mengembangkan dan membangun sistem atau investasi yang tepat.

Mau dapat info seputar jenis passive income lainnya? Join komunitas Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Begini Cara Investasi Bagi Pemula, Nggak Ribet & Minim Risiko!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond