gagal menampilkan data

Article

5 Cara Mendapatkan IPK Tinggi untuk Mahasiswa Ambis!

Written by Adila Putri Anisya

Memiliki IPK tinggi merupakan harapan bagi banyak mahasiswa. Apalagi, bagi mereka yang ambis dalam hal akademik. Mungkin, ada berbagai alasan dalam hal ini, seperti kepuasan sendiri, mengincar beasiswa, hingga mendapatkan penghargaan akademik. Lalu, bagaimana cara mendapatkan IPK tinggi? 

Setiap mahasiswa memiliki cara sendiri untuk bisa mendapatkan IPK tinggi. Namun, tak semua dari mereka bisa mencapai hal tersebut. Mungkin saja, ada beberapa faktor yang mereka lewati dalam mencapai tujuannya. Untuk memperoleh IPK tinggi, setidaknya kamu harus mengetahui tips-tips berikut ini!

Baca juga: Tes Gaya Belajar: Visual, Auditori, atau Kinestetik, Kamu yang Mana?

PERHATIKAN PENILAIAN MELALUI BOBOT SKS

cara mendapatkan ipk tinggi melalui bobot sks
Sumber foto: Pexels

Cara mendapatkan IPK tinggi yang pertama adalah memperhatikan penilaian melalui bobot SKS. Umumnya, bobot SKS tinggi adalah 3 atau 4. Mata kuliah dengan bobot SKS lebih tinggi memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap IPK dibandingkan mata kuliah dengan bobot yang lebih rendah.

Jadi, pastikan kamu memperoleh nilai A atau B di mata kuliah dengan SKS tinggi. Biasanya, semester awal relatif mudah dibandingkan dengan semester berikutnya. 

Baca juga: Ada 5 Platform Belajar Coding Gratis yang Bisa Bikin Skill Kamu Level Up!

MEMAHAMI PERSENTASE PENILAIAN 

cara mendapatkan ipk tinggi dengan persentase penilaian
Sumber foto: Pexels

Selain memperhatikan bobot SKS, cara mendapatkan IPK 4.00 lainnya adalah dengan memahami persentase penilaian. Misalnya:

  • Ujian Tengah Semester (UTS): 30%
  • Ujian Akhir Semester (UAS): 40%
  • Tugas individu dan kuis: 20%
  • Kehadiran: 10%

Jika sudah tahu persentase penilaian perguruan tinggi kamu, pastikan kamu mengoptimalkan presentase yang paling tinggi. Jika UAS yang paling tinggi, jangan sampai kamu meninggalkan UAS, karena itu bisa mempengaruhi IPK kamu.

Baca juga: Ujian Anti-Stres dengan 7 Metode Belajar Efektif di Bawah Ini

PARTISIPASI AKTIF DALAM KELAS

cara mendapatkan ipk tinggi dengan partisipasi aktif dalam kelas
Sumber foto: Pexels

Berpartisipasi aktif di kelas, tidak hanya memperoleh nilai bagus dari dosen, namun juga dapat membantu kamu memahami materi lebih baik. Kamu bisa mengajukan pertanyaan yang belum kamu pahami. Ini sangat membantu sewaktu-waktu UTS atau UAS. 

Namun, pastikan untuk tidak bertanya terlalu banyak dan menghalangi mahasiswa lain di kelas, jika masih banyak yang belum paham, kamu bisa bertanya ke teman atau dosen di lain kesempatan.

Baca juga: Intip Gaya Belajar yang Sesuai dengan Tipe Kepribadian MBTI, Kamu yang Mana?

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DENGAN BAIK

cara mendapatkan ipk tinggi dengan manajemen waktu belajar dengan baik
Sumber foto: Pexels

Mengelola waktu dengan efektif dapat membantu kamu memaksimalkan hasil belajar dan meningkatkan performa akademik. Berikut ini cara mendapatkan IPK tinggi di semester awal dengan manajemen waktu yang baik.

  • Buat jadwal rutin. Tetapkan waktu belajar setiap mata kuliah dan alokasikan waktu untuk istirahat dan rekreasi.
  • Prioritaskan tugas. Prioritaskan tugas berdasarkan tenggat waktu dan bobot mata kuliah.
  • Gunakan teknik pomodoro. Kerjakan tugas selama 25 menit, diikuti istirahat singkat selama 5 menit.
  • Buat to-do-list. Buat daftar tugas yang perlu diselesaikan dan update secara berkala.
  • Jaga kesehatan. Tidur yang cukup, makan dengan nutrisi seimbang, dan rutinitas olahraga dapat mendukung kinerja belajar lebih baik. 

Baca juga: Manajemen Waktu Jadi Lebih Efisien, Inilah 10 Teknik Time Management yang Kamu Wajib Tahu!

PRAKTIKAN TEKNIK MENCATAT CORNELL

cara mendapatkan ipk tinggi dengan teknik mencatat cornell
Sumber foto: Milenialis.id

Teknik mencatat Cornell adalah cara mendapatkan IPK tinggi yang cukup efektif. Metode ini dapat membantu pemahaman informasi lebih baik, terutama ketika mempersiapkan diri sebelum ujian. Teknik ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya ingat dan fokus terhadap materi yang ada.

Berikut adalah cara singkat mempraktikan teknik mencatat Cornell:

  • Bagi 3 bagian kolom dalam 1 halaman catatan
  • Kolom paling kiri digunakan untuk menulis kata kunci atau pertanyaan, bagian kanan untuk menulis catatan, dan bagian bawah adalah kolom ringkasan
  • Tulis materi perkuliahan/meeting di kolom catatan
  • Setelah perkuliahan/meeting selesai, tulis pertanyaan materi yang ingin disampaikan
  • Setelah itu, tuliskan jawaban dan kesimpulannya di kolom paling bawah

Teknik Cornell membantu kamu terlibat aktif dalam proses belajar, sehingga formatnya jadi mudah diakses dan di review. Hal ini dapat membantu meningkatkan pemahaman informasi, serta mempermudah persiapan ujian dan pekerjaan akademik lainnya.

Jadi jika kamu bertanya “apa yang harus dilakukan agar IPK tinggi?” mungkin cara diatas bisa membantu kamu. Namun, ini semua kembali kepada pribadi masing-masing. Jika kamu menemukan cara mendapatkan IPK tinggi yang lain, maka tidak masalah untuk terus melanjutkannya. 

Ingatlah, untuk menuju IPK tinggi adalah proses yang memerlukan waktu dan usaha. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, yang penting adalah komitmen untuk terus belajar dan tumbuh secara akademik!

Gabung Girls Beyond Circle dan dapatkan saran terbaik dari teman-teman komunitas untuk mendapatkan IPK tinggi. Join now!

Baca juga: Mulai Upskilling dengan 5 Platform Kursus Online Ini, Dijamin Gratis dan Bersertifikat!

Sumber foto: Milenialis.id, Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond