gagal menampilkan data

Article

Belajar SEO bagi Pemula: Konsep Dasar, Tools dan Tips Mempelajarinya!

Written by Adila Putri Anisya

Bagi kamu yang ingin bekerja di dunia digital, seperti digital marketing atau content writer, mempelajari SEO sangatlah penting! Belajar SEO bagi pemula secara keseluruhan, dapat membantumu mencapai hasil terbaik dalam hal visibilitas, traffic, dan engagement. 

Jadi, SEO belajar apa saja sih? tanpa basa-basi lagi, yuk langsung saja kenalan dengan SEO!

Baca juga: Begini Serunya Belajar SEO Bareng Girls Beyond dan Editor-in-Chief Female Daily, Intip Yuk!

APA ITU SEO?

Dilansir dari Search Engine Land SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari, adalah proses meningkatkan situs web untuk meningkatkan visibilitasnya di Google atau mesin pencari lainnya setiap kali orang mencari. 

Banyak orang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi, produk, atau layanan. Dengan mengoptimalkan konten di mesin pencari, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan peluang traffic dan konversi.

Semakin baik visibilitas konten/webistemu di mesin pencari, maka semakin tinggi kemungkinan kontenmu ditemukan dan di klik pengguna, sehingga pengunjung pun akan semakin banyak.

Baca juga: 3 Perbedaan Content Writer dan Copywriter Dalam Dunia Kepenulisan

KONSEP DASAR SEO YANG PERLU DIKETAHUI OLEH PEMULA

Bagaimana cara belajar SEO untuk pemula? ini diawali dengan mengenali konsep-konsep dasar, ada beberapa hal-hal dasar yang perlu kamu pahami, antara lain:

KATA KUNCI (KEYWORD) 

Kata kunci atau keyword adalah Istilah yang digunakan saat pengguna mencari informasi di mesin pencari. Memahami kata kunci yang relevan dapat mengoptimalkan kontemu agar sesuai dengan yang dicari audiens.

KONTEN BERKUALITAS

Konten yang disajikan harus lah berkualitas, informatif dan relevan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh audiens. Ini akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari mesin pencari pengguna.

STRUKTUR WEBSITE SEO-FRIENDLY 

Untuk memudahkan audiens ke webisitemu, penting untuk memiliki struktur website yang SEO-friendly. Contohnya homepage Girls Beyond yang berisi kategori-kategori produk.

OPTIMASI SEO ON-PAGE

Cara belajar SEO bagi pemula selanjutnya adalah harus memahami optimasi on-page. SEO on page adalah landasan penting untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web dalam hasil pencarian yang berada di dalam website. 

SEO on page meliputi pemilihan server, platform CMS, riset kata kunci, optimasi konten, optimasi judul halaman, hingga internal linking.

OPTIMASI SEO OFF-PAGE

Jika optimasi on page mengoptimasi di dalam website, maka off page mengoptimasi di luar website. Alias, tidak berhubungan dengan website tersebut. Ini meliputi link building, branding, dan sosial signal.

Baca juga: 12 Rekomendasi Tools Digital Marketing yang Wajib Dikuasai Digital Marketer

TOOLS YANG HARUS DIPELAJARI PEMULA UNTUK MELAKSANAKAN STRATEGI SEO

Cara belajar SEO bagi pemula selanjutnya adalah mempelajari tools-nya. Berikut adalah beberapa tools SEO yang dapat kamu gunakan.

  • Google Search Console. Alat gratis dari Google membantu memahami kinerja websitemu. Kamu dapat melihat bagaimana webstemu muncul di hasil pencarian, melacak kata kunci dan lain sebagainya. 
  • Google Analytics. Platform analisis web yang memberikan informasi mendalam tentang traffic situs web, perilaku pengguna, dan banyak metrik lainnya.
  • SEMrush. Tools untuk riset kata kunci, analisis pesaing, pelacakan peringkat, analisis traffic, dan masih banyak lagi.
  • Ahrefs. Tools untuk analisis backlink, riset kata kunci, analisis pesaing, dan pemantauan traffic.
  • Yoast SEO. Plugin SEO populer untuk platform WordPress yang membantu kamu mengoptimasi konten di situs WordPress kamu.
  • Ubersuggest. Alat gratis yang membantu dalam riset kata kunci, analisis traffic dan ide konten.
  • Keywordtool.io.  Alat riset kata kunci untuk menemukan ide kata kunci yang relevan, mendapatkan saran kata kunci, dan melihat estimasi volume pencarian untuk kata kunci tertentu.

Baca juga: Ada 5 SEO Tools untuk Pemula, Gratis Semua!

TIPS MEMPELAJARI SEO UNTUK PEMULA

Belajar SEO bagi pemula bisa menjadi tantangan, tetapi dengan mengetahui tips berikut, kamu dapat memahami konsep dasar dan membangun fondasi yang kuat.

MEMAHAMI KONSEP DASAR SEO 

Mulailah dengan memahami konsep dasar SEO, seperti kata kunci, optimasi on-page, backlink, dan faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat. Ini akan membantu kamu membangun fondasi yang kuat.

MANFAATKAN SUMBER DAYA GRATIS

Mau belajar SEO pemula gratis? kamu bisa memanfaatkan sumber daya online, seperti artikel, tutorial dan video yang membahas dasar-dasar SEO. Atau platform seperti Moz, SEMRush dan Youtube yang memiliki materi gratis untuk pemula. 

IKUT KURSUS ONLINE

Pertimbangkan untuk mengikuti kursus online gratis atau berbayar tentang SEO di platform seperti RevoU, Coursera, Udemy, atau edX. Kursus ini sering kali dirancang dengan struktur yang teratur dan lebih mendalam.

GABUNG KOMUNITAS ONLINE

Bergabunglah dengan forum atau komunitas online yang berfokus pada SEO. kamu dapat bertanya, berdiskusi, dan belajar dari pengalaman praktisi lain.

PRAKTIK SECARA LANGSUNG

Terapkan konsep-konsep yang KAMU pelajari pada situs web pribadi atau blog. Praktik langsung akan membantu kamu  memahami lebih baik dan melihat dampaknya secara nyata.

Penting untuk dipahami bahwa mempraktikan SEO bukanlah hal yang cepat. Pastikan untuk terus memperbarui pengetahuan kamu karena dunia SEO terus berkembang. Mesin pencari seperti Google sering memperbarui algoritma mereka untuk memberikan hasil yang lebih baik kepada pengguna.

Ketahui lebih banyak tentang tips belajar SEO bagi pemula dengan join ke komunitas Girls Beyond Circle, dapatkan teman baru yang tertarik dengan SEO disana! 

Baca juga: 7 Bootcamp Digital Marketing Terakreditasi untuk Menunjang Karier Masa Depan

Sumber Gambar : Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond