gagal menampilkan data

Article

Cara Screenshot di Laptop untuk Semua Merk, Bisa untuk Meeting Online!

Written by Adila Putri Anisya

Screenshot di laptop digunakan untuk mengambil gambar layar atau tampilan yang sedang kamu lihat pada layar laptop saat ada keperluan tertentu. Cara screenshot (ss) di laptop mungkin berbeda-beda pada setiap merk. Hal tersebut terkadang tidak diketahu. Itulah mengapa penting untuk mengenal laptopmu dan cara menggunakannya. 

Pada kesempatan kali ini, kamu akan mengetahui berbagai cara ss di laptop, terutama saat kamu sedang meeting di Zoom atau Google Meet. Simak selengkapnya berikut ini, ya!

Baca juga: 5 Aplikasi Digital Journaling yang Bisa Bikin Kamu Kembali Produktif

CARA SCREENSHOT DI LAPTOP PADA BERBAGAI OPERASI WINDOWS

Laptop dengan operasi Windows, baik Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows 11, Windows XP, dan Windows Vista, memiliki cara yang sama dalam melakukan screenshot (ss), namun ada juga yang memiliki cara lain dan sedikit berbeda. 

Sebenarnya, merk laptop apapun tidak masalah, yang terpenting adalah jenis Windows yang digunakan. 

Berikut adalah berbagai cara screenshot di komputer dan laptop yang dapat kamu lakukan.

SCREENSHOT DENGAN TOMBOL LOGO WINDOWS + PRT SC

Bagi kamu yang memiliki laptop dengan Windows 7 – 11, Windows XP maupun Windows Vista, maka bisa dengan melakukan tombol logo Windows + Prt Sc. Simak langkah-langkahnya:

  • Tekan secara bersamaan logo Windows + Prt Sc (Print Screen) 
  • Layar akan berkedip sebentar untuk menandakan layar berhasil ditangkap
  • Kemudian, hasil ss tersebut nanti akan tersimpan di folder Pictures/screenshot di laptopmu

SCREENSHOT DENGAN TOMBOL PRT SC

Kalau sebelumnya menggunakan tombol Windows, sekarang kamu hanya menggunakan tombol Prt Sc saja. Ini bisa dilakukan pada Windows 7 Ultimate. 

Jika menggunakan cara ini, sedikit berbeda dengan sebelumnya, hasil screenshot tidak langsung berada di folder, melainkan kamu harus menggunakan aplikasi seperti Paint atau Microsoft Word untuk menyimpannya. 

Simak langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Prt Sc pada layar yang ingin kamu ss
  • Bukan aplikasi Paint atau Microsoft Word 
  • Klik ‘CTRL-V’ untuk paste hasil screenshot
  • Save (File > Save As > JPEG ) lalu pilih folder untuk menyimpannya

SCREENSHOT DENGAN TOMBOL ALT + PRT SC

Cara screenshot di laptop Asus dan laptop merk lainnya bisa dengan menggunakan tombol Alt + Prt Sc, ini digunakan untuk Windows XP, 7, 8, 10 dan 11. 

Untuk menemukan hasilnya, sama dengan teori sebelumnya, yaitu kamu harus membuka aplikasi Paint atau Microsoft Word. Bedanya, hasil ss hanya menangkap jendela yang aktif saja, tidak dengan taskbarnya.

SCREENSHOT DENGAN TOMBOL LOGO WINDOWS + SHIFT + S

Laptop dengan Windows 10 bisa coba menggunakan cara screenshot ini. Kelebihan dari cara ss ini adalah, kamu bisa menarik kursor untuk memilih bagian layar pilihanmu. Misalnya, kamu ingin hanya ss bagian bawah layar, maka kamu bisa arahkan kursor kamu ke bagian itu saja.

Simak langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol logo Windows + Shift + S secara bersamaan
  • Kerahkan kursor ke bagian yang ingin kamu ss
  • Selesai, hasil ss akan berada di folder screenshot di laptop kamu

SCREENSHOT DENGAN TOMBOL LOGO WINDOWS + VOLUME DOWN

Untuk laptop dengan Windows Surface, bisa melakukan screenshot dengan tombol logo Windows + Volume Down. Untuk menemukan hasil ss, kamu bisa pergi ke folder screenshot di laptopmu. Di sana, sudah tersimpan hasil ss secara otomatis.

Baca juga: Simak 7+ Rumus Excel untuk Mempermudah Pekerjaanmu, Wajib Dicatat!

CARA SCREENSHOT SAAT ZOOM MEETING 

Lalu bagaimana dengan screenshot saat zoom meeting? Sebenarnya kamu bisa melakukan cara-cara sebelumnya. Namun ada lagi yang bisa kamu lakukan khusus di aplikasi Zoom:

TOMBOL ALT + SHIFT + T

  • Bukan aplikasi Zoom
  • Pergi ke Settings, lalu pilih ikon gerigi di pojok kanan atas
  • Klik Keyboards Shortcuts
  • Setelah itu pilih bagian Screenshot
  • Sekarang, saat zoom meeting di laptop kamu bisa menekan tombol Alt + Shift + T secara bersamaan

SCREENSHOT ZOOM CHAT DI LAPTOP

Jika kamu ingin melakukan ss di room chat aplikasi Zoom, kamu bisa langsung menekan tombol screenshot yang terletak di bagian bawah chat. Kamu bisa menggunakan kursor untuk memilih bagian layar yang ingin ditangkap. Hasilnya bisa kamu kirim melalui chat di Zoom.

Baca juga: Belajar SEO bagi Pemula: Konsep Dasar, Tools dan Tips Mempelajarinya!

CARA SCREENSHOT DI MACBOOK

Kalau tadi cara screenshot di laptop dengan operasi Windows, sekarang screenshot di macbook. Bagi kamu yang memiliki MacBook, kamu bisa melakukan ss dengan 3 cara berikut.

SCREENSHOT DENGAN SHIFT + COMMAND + 4

Cara screenshot pertama di MacBook adalah dengan menekan tombol Shift + Command + 4. Cara ini dilakukan untuk ss layar penuh. Kamu bisa memilih bagian layar yang ingin kamu tangkap menggunakan kursor. 

SCREENSHOT DENGAN TOMBOL SHIFT + COMMAND + 3

Kamu dapat menggunakan Shift + Command + 3 untuk mengambil screenshot pada MacBook. Ini adalah pintasan keyboard yang digunakan untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar pada MacBook kamu. 

Pada cara yang ini, kamu bisa mengedit tangkapan layar di gambar mini yang terdapat di sudut layar MacBook. Jika tidak ingin, maka abaikan saja.

SCREENSHOT DENGAN TOMBOL SHIFT + COMMAND + 4 + SPASI

Selain menggunakan kedua cara diatas, kamu juga bisa menggunakan tombol Shift + Command + 4 + Spasi, cara ini sama seperti cara yang pertama akan menangkap layar yang sedang aktif. 

Baca juga: Ini 5 Tools AI Gratis Online yang Bikin Pekerjaan Kamu Lebih Mudah!

REKOMENDASI TOOLS SCREENSHOT PIHAK KETIGA

Menangkap layar laptop juga bisa menggunakan tools atau pihak ketiga yang tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Ada beberapa tools screenshot yang bisa kamu gunakan, antara lain:

Cara screenshot di laptop mudah bukan? Kamu hanya menyesuaikan operasi Windows yang kamu gunakan. Khusus untuk MacBook, memang ada cara tersendiri. Kamu tinggal melakukan cara ss MacBook yang sudah dipaparkan di atas. Semoga informasi ini membantu!

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar personal growth dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 12 Rekomendasi Tools Digital Marketing yang Wajib Dikuasai Digital Marketer

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond