gagal menampilkan data

Article

Sikap Ambisius dalam Berkarier, Termasuk Baik atau Buruk?

Written by Adila Putri Anisya

Dalam dunia kerja yang kompetitif, seringkali kita mendengar kata “ambisius” digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki tujuan karier yang tinggi. Tapi, apakah sikap ambisius ini baik atau buruk? Apakah menjadi ambisius akan membawa kesuksesan atau justru menimbulkan konsekuensi negatif? 

Termukan jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Rahasia Karier Sukses di Tahun 2023, 10 Human Skills Ini Wajib Kamu Kuasai

MENGENAL SIKAP AMBISIUS

Sikap ambisius adalah keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan yang tinggi. Orang yang ambisius biasanya memiliki motivasi yang kuat untuk meraih prestasi, meraih materi, kenaikan jabatan, atau mendapatkan pengakuan atas kerja keras yang telah dilakukan.

Dalam dunia ini, ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang bersifat ambisius, baik karena faktor genetik, lingkungan keluarga, lingkungan sosial, maupun pengalaman pribadi.

Biasanya orang-orang seperti ini tidak mudah menyerah dan tidak takut untuk mengambil langkah yang besar demi tercapai cita-cita dan keinginan dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadinya.

Baca juga: Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Tipe MBTI Kamu

KELEBIHAN SIKAP AMBISIUS DALAM BERKARIER

Sifat ambisius yang sehat dan terarah, dapat memberikan manfaat bagi seseorang dalam berkarier, antara lain:

KEMAJUAN KARIER YANG CEPAT

Motivasi yang tinggi dan fokus pada tujuan karier yang jelas, membuat orang ambisius memiliki peluang tinggi untuk mencapai kemajuan karier yang lebih cepat. Mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan, sehingga mendapatkan penghargaan dan naik jabatan dengan lebih cepat.

KEBERHASILAN DALAM FINANSIAL

Ambisi yang tinggi seringkali berkaitan dengan keinginan untuk mencapai keberhasilan finansial. Orang dengan sikap ambisius, akan bekerja keras untuk mencapai tujuan finansial mereka. Dengan konsistensi dan kerja kerasnya, mendorong mereka mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN

Dalam berkarier, naik jabatan merupakan incaran setiap pekerja. Kenaikan jabatan ini akan membuat mereka menjadi pemimpin. Hal ini mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, seperti memimpin rapat, mengelola tim, dan mengambil keputusan yang tepat.

Baca juga: 4 Langkah Mudah untuk Membangun Personal Branding Agar Karier Berkembang

KEKURANGAN SIKAP AMBISIUS DALAM BERKARIER

Meskipun ambisius dapat memberikan sejumlah manfaat dalam karier, namun ada juga sejumlah dampak negatif yang bisa timbul jika sikap ini tidak dikendalikan dengan baik, yaitu:

KESEIMBANGAN HIDUP TERGANGGU

Orang yang ambisius dalam bekerja, cenderung hanya fokus pada pekerjaan mereka. Hal ini dapat mengorbankan waktu dan energi yang seharusnya diberikan untuk kehidupan pribadi, keluarga, atau aktivitas sosial. Akibatnya, keseimbangan hidup dapat terganggu dan dapat menimbulkan stres dan kelelahan.

KURANG CERMAT MENGAMBIL KEPUTUSAN

Dalam berkarier, mungkin kita akan dihadapi dengan berbagai keputusan yang besar. Orang yang ambisius, biasanya mereka kurang cermat dalam mengambil keputusan. Mereka terkadang mengambil resiko tanpa mempertimbangkan konsekuensi yang mungkin terjadi. Hal ini dapat menimbulkan kegagalan yang signifikan.

MUDAH STRES DAN CEMAS

Ambisi yang tinggi seringkali disertai dengan tekanan yang besar untuk mencapai tujuan. Orang yang ambisius cenderung mengalami stres dan kecemasan yang lebih tinggi, terutama jika mereka tidak dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Baca juga: Kurangi Stres, Ini 4 Cara Mengatasi Overthinking pada Remaja

JADI, APAKAH ORANG AMBISIUS ITU BAIK ATAU BURUK DALAM KARIER?

Secara keseluruhan, memiliki sifat ambisi dalam berkarier dapat memberikan manfaat yang besar jika diarahkan dengan baik, seperti kemajuan karier yang cepat, keberhasilan finansial, dan keterampilan kepemimpinan. 

Namun, perlu diingat bahwa sikap ini juga dapat memiliki dampak negatif, seperti terganggunya keseimbangan hidup, kurang cermat dalam mengambil keputusan, hingga tekanan stres yang tinggi.

Penting bagi setiap orang untuk mengeksplorasi dan mengembangkan sifat ambisius mereka dengan bijaksana. Mengidentifikasi tujuan yang realistis dan memperhatikan keseimbangan hidup merupakan salah satu kunci untuk menjaga sifat ambisius agar tetap positif. 

Selain itu, penting juga untuk selalu menghargai dan menghormati orang lain di sekitar kita, serta berusaha untuk bekerja sama dengan baik dalam tim saat bekerja. Dengan demikian sikap ambisius dapat dianggap baik!

Perluas koneksi dan grow up bersama dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle. Join di sini sekarang juga!

Baca juga: Susah Mencari Work-Life Balance? Cobain Work-Life Integration!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond