gagal menampilkan data

Article

Selain HUT TNI, Tanggal 5 Oktober Hari Apa Saja?

Written by Adila Putri Anisya

Bulan Oktober bisa dibilang sebagai bulan yang penuh dengan hari-hari penting. Contohnya, pada tanggal 5 Oktober, ada beberapa peringatan yang perlu kamu ketahui. Memangnya, tanggal 5 Oktober hari apa di Indonesia dan dunia? 

Yuk, simak!

Baca juga: Misteri Dibalik Hilangnya 10 Hari di Kalender 1582 Oktober, Sudah Tahu Belum?

5 OKTOBER HARI APA SAJA?

Selain merayakan HUT TNI, kira-kira 5 oktober memperingati hari apa saja ya? Pada tanggal ini, setidaknya ada 5 peringatan, baik secara nasional maupun internasional. Apa saja? Berikut informasinya.

HUT TNI

Setiap tanggal 5 Oktober, TNI (Tentara Nasional Indonesia) akan merayakan ulang tahunnya. Kali ini TNI merayakan HUT TNI ke-78.

Tema yang diangkat pada perayaan HUT TNI 2023 kali ini adalah “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

Sebelum bernama “TNI”, TNI dinamakan sebagai ‘Tentara Keamanan Rakyat’ (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945. Pada saat itu, Indonesia baru saja memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda pada tanggal 17 Agustus 1945.

Tak berlangsung lama, pada tahun 1946, TKR diubah menjadi TRI (Tentara Republik Indonesia). 

Setelah banyak mengalami perubahan, seperti APRI kemudian ABRI, akhirnya tahun 1999 nama TNI pun lahir. 

Perubahan ini mencerminkan peran yang semakin luas TNI dalam keamanan nasional dan pemeliharaan kedaulatan.

HARI GURU SEDUNIA

Hari Guru Sedunia juga diperingati pada tanggal 5 Oktober. Hari besar ini ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1994 untuk menghormati peran guru di seluruh dunia. 

UNESCO mendukung peringatan ini dan berupaya untuk meningkatkan status dan kualitas pendidikan serta menghargai kontribusi para guru dalam meningkatkan akses dan mutu pendidikan di seluruh dunia.

Jika 5 Oktober adalah Hari Guru Sedunia, Indonesia memiliki tanggal tersendiri untuk merayakan hari guru, yakni tanggal 25 November yang merupakan Hari Guru Nasional.

HARI KECELAKAAN PESAWAT C-13 TNI AU

Tanggal 5 Oktober tahun 1991 menjadi hari berduka bagi TNI AU yang saat itu merupakan hari peringatan HUT TNI ke-46. 

Pesawat C-130 Hercules jatuh di Condet, Jakarta Timur, hingga mengakibatkan 133 prajurit tewas.

Tak lama dari kecelakaan pesawat C-130, pesawat A-1324 juga mengalami kecelakaan setelah lepas landas, akibat kebakaran mesin.

Hari yang seharusnya menjadi hari bahagia untuk para TNI, justru berujung dalam peristiwa nahas yang menelan ratusan prajurit. 

Pada tanggal 6 Oktober, seluruh korban kecelakaan pesawat disemayamkan di Taman Makam Bahagia ABRI, Tangerang. 

HARI MENINGITIS SEDUNIA

Peringatan Hari Meningitis Sedunia atau World Meningitis Day dimulai tahun 2009 oleh komunitas penderita meningitis. 

Menurut informasi, terdapat 2,5 juta kasus baru meningitis yang terjadi. Ini membuat suatu organisasi bernama CoMO mengkoordinasikan Hari Meningitis Sedunia.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit meningitis, pendidikan masyarakat tentang tanda dan gejala penyakit ini, serta upaya pencegahan dan pengobatan.  

Hari Meningitis Sedunia kini didukung oleh organisasi kesehatan terkemuka seperti Pusat Pengendalian Penyakit AS dan UNICEF, sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan meningitis sebagai prioritas kesehatan.

PERTEMPURAN SUNGAI THAMES

Tanggal 5 Oktober 1813 menjadi hari bersejarah bagi pasukan Amerika yang kala itu berhasil mengalahkan pasukan Inggris di Sungai Thames. 

Pertempuran ini menimbulkan kematian pemimpin penduduk asli Amerika, Tecumseh, dan berakhirnya konfederasinya.

Di bawah kepemimpinan William H. Harrison, pasukan Amerika memulai serangan untuk merebut kembali wilayah yang hilang di Front Great Lakes dan Detroit. 

Setelah merebut benteng tersebut, Harrison dan pasukan mengejar tentara Inggris yang melarikan diri ke Kanada dengan tujuan dapat menghancurkan mereka sepenuhnya.

Jadi, tanggal 5 oktober hari apa saja? Pada tanggal tersebut diperingati sebagai HUT TNI, Hari Guru Sedunia, Hari Kecelakaan Pesawat TNI, Hari Meningitis Sedunia hingga Pertempuran Sungai Thames. 

Semoga informasi ini membantu ya!

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan gabung Girls Beyond Circle di sini!

Baca juga: Cek Tanggal Merah Oktober 2023 dan Hari Besarnya!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond