gagal menampilkan data

Article

Yuk, Kuliah di Amerika Serikat dengan 7 Beasiswa Ini!

Written by Angela Ranitta

Amerika Serikat adalah salah satu negara tujuan kuliah yang diidam-idamkan banyak orang. Nggak heran, sebab AS menjadi rumah bagi ribuan universitas dengan kualitas pendidikan juara. Gelar dari kampus-kampus AS sudah diakui secara internasional, sehingga nggak sulit bagi para penyandangnya untuk mencari kerja. 

Apakah kamu termasuk salah satu yang ingin kuliah di Amerika Serikat? Tentunya, kamu bisa mewujudkan cita-citamu tersebut! Berikut adalah sejumlah beasiswa kuliah di AS yang bisa kamu gunakan untuk mewujudkan mimpimu!

Fulbright Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan untuk kamu yang ingin berkuliah S2 maupun S3 di Negeri Paman Sam. Cakupannya meliputi biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, tunjangan visa, dan tiket PP Indonesia-AS atau sebaliknya. Berbekal Fulbright Scholarship, kamu bisa berkuliah di kampus-kampus keren AS, seperti American University dan Kent State University. 

Informasi selengkapnya mengenai Fulbright Scholarship bisa kamu baca di sini.

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Global Undergraduate Exchange Program

Beasiswa ini juga diselenggarakan oleh AMINEF, lembaga yang menawarkan Fulbright Scholarship. Bedanya, beasiswa ini berbentuk program pertukaran mahasiswa di AS. Global Undergraduate Exchange Program (UGRAD) diberikan kepada mahasiswa S1 yang tengah menjalani semester 3-5. Selama satu semester, kamu berkesempatan untuk belajar di kampus ternama di AS. 

Meski cuma satu semester, UGRAD mencakup biaya kuliah, uang saku, hingga asuransi kesehatan. Bahkan kamu akan difasilitasi tempat tinggal gratis berupa asrama, buku referensi kuliah, serta konsumsi selama berada di sana. Kamu bisa membaca informasi lebih lengkap mengenai UGRAD di sini

Knight-Hennessy Scholars Fund

Beasiswa ini ditawarkan oleh salah satu universitas swasta ternama di AS, Stanford University. Knight-Hennessy Scholars Fund diberikan untuk kamu yang ingin berkuliah S2 atau S3 di sana. Kamu akan mendapatkan pembiayaan selama 3 tahun masa studi di Stanford University

Kamu bisa cek informasi lebih detail mengenai Knight-Hennessy Scholars Fund di sini.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

American University Scholarship

Kampus swasta identik dengan biaya kuliah yang lebih tinggi daripada kampus negeri. Namun, kamu nggak perlu khawatir apabila berkuliah di kampus yang satu ini. Sebab, American University menawarkan beasiswa menarik bagi para pelajar internasional. Beasiswa tersebut ditawarkan bagi jenjang S1 maupun S2. American University Scholarship terbagi ke dalam dua skema, yaitu Merit Awards dan Fellowship/Assistantship (khusus mahasiswa S2). 

Informasi selengkapnya tentang American University Scholarship bisa kamu baca di sini, ya.

Emerging Global Leader Scholarship

Masih dari American University, ada beasiswa khusus buat kamu para calon pemimpin. Emerging Global Leader Scholarship diberikan kepada orang-orang yang memiliki komitmen untuk membuat perubahan di negara asalnya. Dengan beasiswa ini, kamu bisa kuliah gratis sampai lulus nantinya dari American University. Selain itu, kamu akan mendapatkan akomodasi tempat tinggal berupa asrama di sana.

Kamu bisa baca informasi selengkapnya tentang Emerging Global Leader Scholarship di sini, ya.

American Association of Women University 

Beasiswa yang satu ini cukup spesial, karena hanya diberikan kepada perempuan. American Association of Women University (AAUW) memberikan bantuan pendidikan bagi para perempuan yang berkuliah di AS. AAUW membuka program International Fellowships bagi mahasiswa S2, S3, maupun post-doctoral. Kisaran dana pendidikan yang bakal kamu dapatkan adalah 20-50 ribu dollar AS. Selain itu, AAUW juga memberikan hibah sebesar 5-7 ribu dollar AS bagi alumni International Fellowships yang telah kembali ke negara asalnya. 

Informasi lebih detail mengenai beasiswa AAUW bisa kamu baca di sini.

Baca juga: 8 Beasiswa Khusus Perempuan, Kamu Perlu Tahu!

Freeman Asian Scholarship

Wesleyan University merupakan salah satu kampus swasta di Middletown, Connecticut yang terkenal dengan pendidikan liberal arts-nya. Kampus ini menawarkan beasiswa bagi para pelajar Asia yang ingin menuntut ilmu di sana. Freeman Asian Scholarship meliputi biaya pendidikan, asrama, tunjangan kebutuhan kuliah, hingga tiket PP dengan total hingga 80 ribu dollar AS. 

Kamu bisa membaca informasi lebih lengkap mengenai Freeman Asian Scholarship di sini, ya.

Baca juga: Beasiswa Menarik untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Eropa

Nah, itu tadi tujuh beasiswa yang bisa kamu gunakan untuk meraih kesempatan emas berkuliah di Amerika Serikat. Tetap semangat dan semoga berhasil, ya! Kalau kamu pengen sharing lebih banyak seputar beasiswa dan pendidikan, yuk gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond