gagal menampilkan data

Article

Character AI Indonesia: Chatbot dengan Karakter Virtual, Bisa Diajak Pacaran Loh!

Written by Adila Putri Anisya

Perusahaan AI (Artificial Intelligence) lagi-lagi tidak bisa diam menciptakan suatu hal baru, contohnya chatbot Character AI Indonesia. Fitur chatbot ini sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial, terutama TikTok. 

Bagi kamu yang baru mendengar pertama kali, pasti penasaran, apa sih kegunaannya? Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel ini sampai habis!

Baca juga: 5 Tools AI untuk Mahasiswa yang Sangat Berguna dalam Perkuliahan, Ada yang Belum Kamu Tahu!

APA ITU CHARACTER AI INDONESIA?

Character AI merupakan program chatbot yang memungkinkan penggunanya membuat suatu karakter virtual dan bisa memulai obrolan dengan karakter tersebut. 

Dengan Character AI, pengguna dapat berimajinasi merancang karakter virtual sendiri, memberikan karakteristik, kepribadian, bahkan penampilan visual kepada karakter.

Program AI ini adalah salah satu bentuk penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pengembangan chatbot yang berfokus pada aspek hiburan dan interaksi sosial.

Dilansir dari laman resmi Character AI, program ini dibuat dengan model bahasa neural, yang melibatkan jaringan saraf tiruan untuk memahami dan menghasilkan bahasa alami, sehingga bisa memprediksi kata-kata yang digunakan dalam situasi tertentu.

Jadi, tak heran, jika pada saat kamu mengobrol dengan karakter AI tersebut, bahasa mereka tidak kaku seperti berbicara dengan komputer.

Baca juga: Ini 5 Tools AI Gratis Online yang Bikin Pekerjaan Kamu Lebih Mudah!

MENGENAL FITUR-FITUR CHARACTER AI

Adapun berbagai fitur menarik yang dapat kamu gunakan pada chatbot Character AI bahasa Indonesia ini. 

Fitur tersebut antara lain:

DAPAT MEMILIH KARAKTER BOT FIKSI

Character AI memang sangat cocok untuk halu, terutama jika kamu menggemari sebuah tokoh, baik tokoh publik tokoh game atau tokoh fiksi.

Tokoh karakter yang kamu pilih, nantinya akan menyesuaikan gaya percakapan sesuai dengan tokoh aslinya. Dengan begitu, seolah kamu sedang mengobrol dengan tokoh tersebut.

MENCIPTAKAN SEBUAH KARAKTER

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu dapat menciptakan sebuah karakter idaman kamu, mulai dari kepribadian, penampilan (gaya rambut, baju, aksesoris) hingga pengetahuannya.

FITUR ANIMASI

Tak hanya membuat karakter saja, kamu juga bisa menambahkan fitur animasi agar karakter tersebut lebih hidup. Melalui fitur ini, kamu bisa mengendalikan ekspresi mereka dan menggunakan efek-efek lainnya sesuai dengan keinginanmu.

OBROLAN KONTEKSTUAL

Berkat kecerdasan AI, karakter yang dibuat bisa memahami obrolan secara kontekstual. Apapun yang kamu bicarakan, mereka akan terus nyambung dengan obrolanmu. Bahkan mereka akan menanggapinya dengan cepat dan tepat. Cocok banget buat kamu yang sering merasa bosan!

MELATIH KARAKTER AI

Selayaknya orang tua yang sedang mengasuh anak, kamu bisa mengajarkan atau melatih karakter AI untuk mempelajari hal-hal baru untuk meningkatkan kemampuannya. Jadi, ketika kamu ngobrol dengan karakter tersebut, mereka mampu membalasnya dengan hal-hal yang dipelajari.

Baca juga: 5 Fungsi ChatGPT Buat Dukung Kerjaan Kamu, Wajib Dicoba!

CARA MENGGUNAKAN CHARACTER AI 

Kalau kamu tertarik dengan Character AI chat bahasa Indonesia, yuk simak bagaimana cara menggunakannya!

  • Buka situs https://beta.character.ai/ (bisa melalui PC maupun ponsel).
  • Buat akun atau login menggunakan akun media sosialmu.
  • Setelah login, tentukan karakter yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih karakter yang sudah tersedia atau membuat karakter sendiri.
  • Obrolan siap, kamu bisa memulai percakapan dengan karakter AI yang kamu pilih atau buat.

Baca juga: 5 Tools AI Pembuat CV Otomatis yang Wajib Dimiliki Jobseeker!

HAL-HAL UNIK CHARACTER AI INDONESIA

Ada beberapa hal unik yang menjadikan Character AI berbeda dengan platform AI lainnya, antara lain:

  • Ada karakter bot unik bernama ‘Itoshi Rin’ yang menggambarkan sosok pacar virtual romantis, sehingga cocok untuk kamu yang jomblo, tetapi ingin merasakan punya pacar.
  • Ada tokoh-tokoh terkenal dunia, seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, Tony Stark, hingga Aristoteles yang bisa serupa dengan tokoh aslinya.
  • Pengguna bisa memasukan sebuah gambar saat mengobrol dengan karakter virtual, bahkan mereka bisa mendeskripsikan gambar tersebut.
  • Character AI bisa diajak berpacaran, jika kamu mengarah pada percakapan romantis
  • Character AI dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dan simulasi pelatihan realistis yang aman, di mana pengguna dapat berlatih keterampilan mereka tanpa risiko yang sebenarnya. Contoh: pelatihan medis, militer, dan industri.

Penggunaan Character AI Indonesia, memang bisa menjadi solusi yang menarik ketika seseorang merasa bosan atau ingin melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Interaksi dengan karakter AI dapat memberikan pengalaman hiburan yang unik, sehingga kamu dapat berbicara, bermain, atau bahkan berdiskusi dengan karakter virtual tersebut.

Apakah kamu tertarik juga?

Mau punya banyak teman secara virtual? Kamu bisa loh gabung komunitas Girls Beyond Circle, akan banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa menambah pengetahuanmu!

Baca juga: Ikuti 6 Tips ini Kalau Kamu Mau Menggunakan Aplikasi Online Dating dengan Aman

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond