gagal menampilkan data

Article

KPopers Wajib Tahu! Ini 10+ Istilah Dalam Konser KPop yang Sering Disebut Penggemar!

Written by Adila Putri Anisya

Kamu KPopers dan akan segera nonton konser idolamu? Kalau ya, kamu wajib banget tahu istilah dalam konser KPop yang sering disebut oleh penggemar dan promotor. Pasalnya, ada beberapa kata asing yang mungkin tidak familiar di telinga penggemar baru, seperti misalnya send off, hi-bye, soundcheck, dan lain sebagainya.

Meski tak semua istilah konser KPop digunakan, namun setidaknya kamu tidak “buta” dengan istilah-istilah ini yang mungkin akan kamu tanyakan di masa depan.

Yuk, cari tahu berbagai istilah dalam konser musik KPop!

Baca juga: Bingung Pilih Outfit Nonton Konser? Ini 7 Rekomendasi OOTD yang Bisa Jadi Inspirasi Kamu!

10+ ISTILAH DALAM KONSER KPOP

Seiring berjalannya waktu, konser KPop mengalami kemajuan, yang membuat terciptanya istilah-istilah baru. Kira-kira apa saja ya? 

QN 

Pernahkah kamu melihat seorang penggemar menginginkan QN kecil saat ingin nonton konser KPop? Contohnya, “Semoga aku dapat QN kecil biar liat bias deket”. Memangnya apa sih QN konser KPop itu? Queue Number atau QN adalah nomor antrian penonton sebelum masuk ke venue konser. Selain QN, adapun SN (seat number) untuk menunjukan nomor tempat duduk di dalam venue. Semakin kecil nomornya, semakin besar kesempatan menonton idolamu secara dekat.

SOUND CHECK

Apa itu sound check di konser? Istilah ‘soundcheck’ sebenarnya tak hanya di konser KPop, hampir semua konser musik akan melakukan soundcheck sebelum acara dimulai. Namun, yang berbeda dari konser KPop adalah, soundcheck dijadikan sebagai benefit tambahan untuk penggemar yang membeli kategori tertentu. Ini artinya, penggemar bisa menonton latihan suara atau berinteraksi sebentar dengan idola sebelum konser dimulai.

HI-BYE SESSION

Hi-Bye adalah sesi di mana kamu akan dibariskan untuk menyapa dan melewati idol. Dalam sesi ini, kamu akan berdekatan langsung dan berinteraksi dengan mereka. Sayangnya, sesi Hi-bye biasanya dilakukan secara cepat dan kebanyakan tidak diperbolehkan merekam.

SEND OFF

Hampir mirip dengan Hi-Bye session, send off dalam konser KPop memberikan kesempatan penggemar untuk melihat idolanya pulang sehabis konser. Jika Hi-Bye penggemar yang melewati idol, send off kebalikannya, idol yang melewati penggemar. Selama send off penggemar akan berdiri di sepanjang jalur yang dijaga oleh staf keamanan. 

MENT

Istilah dalam konser KPop selanjutnya adalah ‘ment’. Saat konser berlangsung sang idol akan melakukan ment, yaitu waktu yang dialokasikan idol di atas panggung untuk berbicara kepada fans, misalnya pengenalan member, speech setelah tampil, atau speech penutup konser. 

VCR 

VCR adalah video atau gambar yang ditayangkan sebelum konser dimulai, saat break untuk ganti kostum dan ketika konser berakhir. VCR konser bertujuan menghibur penggemar agar tidak bosan disela-sela waktu kosong selama konser. 

VCR dikemas berupa tayangan dengan alur cerita atau konsep tertentu, yang terkait dengan pertunjukan selanjutnya.

HOLDING ROOM

Sebelum masuk ke venue konser, penggemar akan ditempatkan dalam holding room. Di holding room, penggemar akan antri sesuai dengan section masing-masing dan tentunya sesuai dengan QN/SN yang didapatkannya. 

Dalam holding room, terdapat berbagai tenan makanan yang dijual, sehingga penggemar bisa makan atau minum terlebih dahulu.

FAN PROJECT

Dalam rangka menyambut dan mengapresiasi kedatangan idol ke Indonesia, penggemar biasanya akan menyiapkan projek khusus. Projek yang dibuat sangat bervariasi, mulai dari handbanner, nyanyi bareng ditengah break, hingga rekaman video dari penggemar untuk idola yang akan ditonton bersama-sama.

FANCHANT

Fanchant adalah istilah dalam KPop yang merujuk pada respon suara yang disiapkan penggemar selama performance berlangsung. Penggemar akan melontarkan teriakan bersama-sama, seperti menyebut nama member, menyanyikan lirik bersama, atau mengikuti instruksi yang diberikan oleh sang idola. Ini menciptakan performance lebih ‘hidup’ dan bersemangat.

FANCAM

Saat konser, hampir seluruh penonton akan merekam idol mereka saat perform diatas panggung. Inilah yang disebut dengan fancam, video rekaman yang diambil oleh penggemar selama konser. Fancam yang diambil selama konser biasanya akan diunggah ke media sosial oleh penggemar.

ENCORE

Encore merupakan bagian tambahan dari sebuah pertunjukan yang terjadi setelah pertunjukan utama selesai. Para penggemar biasanya akan bersaut “Encore! Encore! Encore!” kepada sang idola sebelum meninggalkan panggung. Encore biasanya menyanyikan lagu yang tidak ada dalam setlist lagu konser atau mengulang lagu yang sama ditunjukan sebelumnya.

Memahami istilah dalam konser KPop dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan pengalaman konsermu. Ini cukup penting bagi KPopers, terutama jika kamu ingin lebih terlibat dalam interaksi dengan grup atau fandom

Kira-kira, istilah konser KPop apa lagi yang belum kamu tahu?

Dapatkan banyak teman online dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Tips Menabung untuk Menonton Konser Idamanmu

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond