gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Banyak Diskon, Black Friday adalah Hari Belanja yang Paling Dinanti, Intip Sejarahnya!

Written by Adila Putri Anisya

Black Friday adalah hari belanja terbesar di dunia. Peringatan ini ada setiap tahun pada hari Jumat setelah Thanksgiving di Amerika Serikat. Di hari tersebut jutaan orang akan berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan untuk mendapatkan diskon dan penawaran menarik. Tapi, apa sebenarnya Black Friday dan bagaimana sejarahnya?

Baca juga: Misteri Dibalik Hilangnya 10 Hari di Kalender 1582 Oktober, Sudah Tahu Belum?

BLACK FRIDAY ADALAH HARI DISKON SEDUNIA YANG BERAWAL DARI SEJARAH KELAM

Istilah Black Friday atau Jumat Hitam pertama kali muncul pada tahun 1869 di Amerika Serikat, yang mana saat itu pasar emas sedang jatuh hingga terjadi krisis keuangan. Jatuhnya pasar saham, membuat para penjual mengalami kebangkrutan massal.

Versi lain menyebutkan bahwa Black Friday diawali dengan kekacauan yang terjadi di kota Philadelphia tahun 1950-an. Saat itu, warga lokal dan turis memadati kota sebelum pertandingan sepak bola Angkatan Darat dan Angkatan Laut AS.

Kekacauan ini berawal dari banyak orang yang merampok barang dari toko-toko, sehingga membuat para penjual di sana rugi besar-besaran. Tak hanya itu, kepadatan di kota Philadelphia juga membuat jalanan macet, sehingga polisi harus bekerja lembur. Itulah mengapa, Jumat tersebut diberi nama “Hitam” untuk menggambarkan rasa “duka”.

Baca juga: 5 Shio Hoki 2024 yang Beruntung dalam Keuangan dan Percintaan, Ada Shio-mu?

DARI HARI KELAM MENJADI PERINGATAN HARI DISKON BESAR-BESARAN

Seiring berjalannya waktu, Black Friday adalah hari belanja yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Para penjual mulai memberikan diskon besar-besaran untuk menarik lebih banyak pelanggan. 

Pada hari tersebut, penjual akan membuka tokonya lebih awal dan memberikan diskon dan penawaran terbaik untuk masyarakat. Orang-orang akan mengantri sejak dini pagi untuk mendapatkan barang-barang dengan harga yang jauh lebih murah dari biasanya.

Tak hanya di Amerika Serikat, Black Friday juga telah menyebar ke seluruh dunia. Negara-negara seperti Inggris, Kanada, Jerman, dan Australia bahkan Indonesia juga merayakan Black Friday dengan diskon dan penawaran menarik. 

Seiring berjalannya waktu, Black Friday tak hanya diperingati satu hari Banyak penjual sekarang menawarkan diskon selama seminggu penuh, yang dikenal sebagai “Black Friday week”. Selain itu, ada juga “Cyber Monday” yang jatuh pada hari Senin setelah Black Friday untuk menyelesaikannya.

Baca juga: 5 Tempat Workshop Museum di Jakarta, Cocok untuk Healing!

BAGAIMANA BLACK FRIDAY DI INDONESIA?

Sama seperti di negara lainnya, Indonesia juga ikut merayakan, namun hanya di toko yang diselenggarakan oleh toko-toko luar negeri, seperti Sephora X Foreo, iBox, hingga Victoria Secret. Namun, sayangnya tidak memberikan diskon besar-besaran seperti di AS hingga 80%.

Selain dari toko luar negeri, beberapa toko online juga seringkali ikut memeriahkan Black Friday dan menjadikan kesempatan ini untuk menarik lebih banyak pelanggan melalui diskon besar-besaran. Tapi, lagi-lagi diskon yang diberikan tidak besar, namun jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga terbaik!

Baca juga: 5+ Rekomendasi Restoran Terdekat untuk Christmas Dinner di Jakarta, Book Sekarang!

BLACK FRIDAY 2023 KAPAN?

Hari Jumat Hitam berbeda-beda setiap tahunnya, ini selalu diadakan pada hari Jumat di minggu keempat. Jika kamu bertanya “black friday kapan?” tahun ini, akan jatuh pada tanggal 24 November. 

Dilansir dari Black-Friday, menurut data Black-Friday Global 2021, intensitas belanja di Indonesia didistribusikan cukup merata antara pukul 08.00 – 22.00 dengan puncak pukul 10.00 – 13.00.

Menurut survey, masyarakat Indonesia rata-rata membeli tiga produk dengan kategori sepatu, pakaian, kosmetik, elektronik, parfum dan travel. Jadi, persiapkan dirimu mulai dari sekarang ya, cek-cek toko yang mengadakan Black Friday, jangan sampai kelewatan!

Black Friday adalah salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang di seluruh dunia. Tanggal ini menandakan awal musim belanja Natal dan memberikan kesempatan luar biasa bagi masyarakat untuk mendapatkan diskon besar-besaran. Meskipun Black Friday merupakan tradisi dari Amerika Serikat, namun popularitasnya telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Mau tahu ada diskon apa saja di Black Friday? Yuk, gabung Girls Beyond Circle!

Baca juga: Sejarah dan Asal-Usul Halloween, Ketahui Makna di Baliknya!

Sumber foto: Pexels