gagal menampilkan data

Article

6 Kampus dengan Jurusan AI di Indonesia untuk Jenjang Sarjana dan Magister!

Written by Adila Putri Anisya

Jurusan AI di Indonesia masih jarang, padahal jurusan ini memiliki prospek karier yang bagus di masa depan, mengingat perkembangan digital yang semakin maju. 

Dilansir dari World Economic Forum (WEF) dalam The Future of Jobs Reports, AI atau Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) merupakan pekerjaan yang akan populer di masa mendatang. 

Maka dari itu, dengan memulai kuliah AI di kampus Indonesia, merupakan langkah yang tepat untuk mendukung kariermu menjadi AI specialist atau pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan AI.

Lalu, kampus mana saja yang ada jurusan Artificial Intelligence di Indonesia? Simak daftarnya di bawah ini ya!

Baca juga: 9 Daftar Pekerjaan Banyak Dicari 2024, Adakah Pekerjaan Impianmu?

DAFTAR KAMPUS DENGAN JURUSAN AI DI INDONESIA

Dilansir dari Instagram resmi @ditjen.dikti, berikut adalah enam kampus dengan jurusan Artificial Intelligence di Indonesia.

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (ITS)

Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka prodi baru pada tahun ajaran 2023-2024 bernama Rekayasa Kecerdasan Artifisial (RKA) untuk jenjang S1.

Dilansir dari laman resmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, program studi ini merupakan pengembangan dari program studi Teknik Informatika, yang berada di bawah naungan Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FT-EIC).

Program AKR ini mempelajari cara mengembangkan sistem yang memungkinkan mereka meniru kemampuan manusia dalam berpikir, belajar, dan beradaptasi dengan lingkungan.

UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR)

Jurusan AI di Indonesia  Universitas Airlangga
Sumber foto: Detikcom

Pada tahun 2023, Universitas Airlangga, Surabaya Jawa Timur membuka jurusan Artificial Intelligence di indonesia bernama Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan.

Program studi ini berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan Artificial Intelligence untuk menghasilkan sistem otonom yang nantinya dapat diterapkan di berbagai bidang.

Dilansir dari laman resmi Universitas Airlangga, kuliah jurusan Artificial Intelligence di Indonesia ini mempelajari ilmu dasar, seperti matematika dan fisika. Selain itu juga ada ilmu komputer, elektronika, mekatronik, sistem kendali hingga desain robot.

UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

Jurusan AI di Indonesia selanjutnya adalah Bina Nusantara (BINUS). Kampus ini menawarkan jurusan AI jenjang S1 dengan fokus utama AI Terapan. Mahasiswa/wi akan diberikan pemahaman komprehensif tentang konsep dan keterampilan AI.

Mahasiswa jurusan AI ini nantinya mempelajari seputar natural language processing, deep learning, neural network, machine learning, computer vision, dan cognitive computing. 

Kalau kamu tertarik masuk jurusan AI di BINUS, kamu bisa mendaftarnya mulai tahun depan kalender akademik 2024/2025.

UNIVERSITAS SYIAH KUALA (USK)

Universitas Syiah Kuala, Aceh, menawarkan kuliah jurusan Artificial Intelligence di indonesia untuk program magister sejak ajaran 2022/2023 lalu, yang termasuk dalam jurusan Informatika.

Dilansir dari laman resmi Universitas Syiah Kuala, adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa jurusan ini, yakni berlatar belakang sarjana bidang informatika/ilmu komputer/statistika/matematika/teknologi informasi/teknik komputer/sistem informatika/teknik elektro.

Calon mahasiswa nantinya akan menghadapi uji bidang studi hingga melakukan wawancara yang prosesnya bisa memakan waktu sekitar 3 bulan.

UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM)

Jurusan AI di Indonesia selanjutnya ada di Universitas Gadjah Mada (UGM). UGM menawarkan jurusan Kecerdasan Artificial untuk program magister atau S2.

Menurut laman resminya, Universitas Gadjah Mada, prodi magister kecerdasan Artificial termasuk dalam Fakultas MIPA, yang nantinya akan mempelajari konsep fundamental di bidang kecerdasan AI.

Jika kamu ingin kuliah jurusan AI di UGM, kamu harus memenuhi segala persyaratan dan lulus dalam ujian tulis yang diadakan oleh prodi magister Kecerdasan Artificial sendiri.

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Universitas Sumatera Utara membuka program studi lanjutan dari sarjana Ilmu Komputer & Teknologi Informasi yang merupakan bidang peminatan, yakni program magister Sains Data dan Kecerdasan Buatan yang berfokus membekali mahasiswa dalam dua ilmu khusus yakni sains data dan kecerdasan buatan.

Dilansir dari laman resminya, Universitas Sumatera Utara, program studi ini mengalokasikan sebanyak 40 SKS pembelajaran yang diselesaikan mahasiswa dalam rentang 2-5 tahun.

Setelah melihat daftar kampus dengan jurusan AI di Indonesia, adakah kampus yang kamu tuju? 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Adakah Pilihanmu?

Tertarik dengan kuliah AI di kampus Indonesia? yuk, diskusi bareng teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle, dapatkan teman baru di sana!


Baca juga: 5 Tools AI untuk Mahasiswa yang Sangat Berguna dalam Perkuliahan, Ada yang Belum Kamu Tahu!

Sumber foto: Institute Teknologi Sepuluh Nopember

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond