gagal menampilkan data

Article

10 Pertanyaan untuk HRD yang Bisa Kamu Tanyakan saat Interview Kerja!

Written by Adila Putri Anisya

Pada saat menjalani proses interview kerja, setiap calon karyawan pasti ingin memberikan kesan yang baik kepada HRD perusahaan yang mereka lamar. Agar dapat menghadapi interview dengan HRD dengan baik, ada beberapa pertanyaan untuk HRD yang perlu disiapkan. 

Pertanyaan-pertanyaan ini tidak hanya menunjukkan ketertarikan kita terhadap perusahaan, tapi juga dapat memberikan kesempatan kepada kita untuk menunjukkan kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang kita lamar.

Berikut adalah 10 pertanyaan yang dapat diajukan kepada HRD beserta alasannya sebagai calon karyawan yang siap dalam proses interview kerja.

Baca juga: 7 Contoh Pertanyaan Interview User dan Jawabannya yang Wajib Kamu Ketahui!

PERTANYAAN UNTUK HRD SEBAGAI KANDIDAT SAAT INTERVIEW KERJA

Saat interview kerja, kita tak hanya diajukan pertanyaan oleh HRD. Namun, biasanya HRD juga memberikan kesempatan kepada kandidatnya di akhir interview, seperti “ada yang ingin ditanyakan?” 

Nah, jika HRD bertanya seperti itu, pastikan untuk mengajukan beberapa pertanyaan karena ini dapat menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Lalu, apa saja yang harus ditanyakan ke HRD? Simak contoh pertanyaan untuk HRD ketika interview berikut!

BAGAIMANA DESKRIPSI PEKERJAAN UNTUK POSISI INI?

Dengan menanyakan deskripsi pekerjaan, kamu dapat memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang tanggung jawab dan tugas utama yang akan mereka emban. 

Pertanyaan ini juga menunjukkan ketertarikan kita terhadap pekerjaan tersebut. Tak hanya itu, kamu juga bisa lebih paham tentang tugas yang akan dikerjakan sehingga bisa memenuhi ekspektasi perusahaan.

APA HARAPAN PERUSAHAAN TERHADAP SAYA JIKA BERKESEMPATAN MENGISI POSISI INI?

Pertanyaan ini sebenarnya adalah kesempatan bagi kamu untuk memahami lebih dalam tentang visi dan nilai perusahaan yang ingin mereka wujudkan. Selain itu, kamu juga bisa lebih tahu apa yang diharapkan perusahaan jika kita berhasil mendapatkan posisi tersebut.

Dengan mengetahui harapan perusahaan, kamu dapat menilai, apakah kamu memenuhi persyaratan atau memiliki kesanggupan yang relevan.

APA TANTANGAN TERBESAR DARI PEKERJAAN DI POSISI INI?

Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangannya sendiri. Untuk itu, kamu bisa bertanya tentang tantangan terbesar pekerjaan dari posisi yang kamu lamar.

HRD dapat menggunakan kesempatan ini untuk memberikan wawasan lebih lanjut mengenai posisi tersebut, memberikan gambaran tentang tantangan yang mungkin timbul, dan memberikan kita kesempatan untuk menunjukkan bagaimana pengalaman dan keterampilan yang dimiliki dapat mengatasi tantangan tersebut.

APA SAJA KEMAMPUAN YANG PENTING UNTUK SUKSES DALAM POSISI INI?

Pertanyaan untuk HRD saat interview ini menunjukkan bahwa kamu dapat memahami apa yang diperlukan untuk berhasil dalam posisi tersebut. Seorang pekerja yang sukses perlu memiliki suatu kemampuan tertentu untuk mencapai visi misi perusahaan.

BAGAIMANA PROSES PENGEMBANGAN KARIER DI PERUSAHAAN INI?

Sukses dalam berkarier merupakan impian para pekerja. Dengan karier yang bagus, kamu akan mendapatkan banyak hal baik, seperti gaji lebih tinggi, networking lebih luas, dan kesempatan bagus lainnya. 

Dengan menanyakan tentang proses pengembangan karir, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan yang memberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. 

SIAPA SAJA ORANG YANG AKAN TERLIBAT BEKERJA DENGAN SAYA?

Mengetahui siapa saja orang yang terlibat dalam pekerjaanmu dapat membantu kamu memahami bagaimana dinamika pekerjaan di perusahaan tersebut.

Selain itu, pertanyaan ini juga membantu kamu mengetahui berapa banyak orang yang akan terlibat sehari-hari, sehingga dapat membantumu mengelola ekspektasi terkait volume pekerjaan.

BAGAIMANA PERUSAHAAN MENDUKUNG KESEIMBANGAN KERJA DAN KEHIDUPAN PRIBADI KARYAWAN?

Keseimbangan kerja merupakan hal penting bagi karyawan. Mungkin banyak dari kamu yang tidak suka lembur atau bekerja di hari libur. 

Dengan mengajukan pertanyaan untuk HRD ini. kamu dapat mengetahui apakah perusahaan peduli dengan keseimbangan tersebut, serta memastikan apakah perusahaan mendukung kesejahteraan karyawannya.

BAGAIMANA SISTEM KERJA DI PERUSAHAAN INI?

Sekarang ini, bekerja tidak hanya pergi ke kantor setiap hari. Beberapa perusahaan menawarkan berbagai sistem kerja, mulai dari work from office, work from home, atau hybrid. 

Cobalah tanya seputar ini ke HRD, apakah mereka memberikan fleksibilitas kepada karyawannya untuk memilih sistem kerja. Pasalnya, sistem kerja bisa menjadi kesempatan baik untuk beberapa karyawan.

APA GOALS YANG INGIN DICAPAI DALAM WAKTU DEKAT DAN PANJANG?

Pertanyaan untuk HRD ini menunjukkan bahwa kamu tidak hanya melihat pekerjaan sebagai tugas sehari-hari, tetapi kita juga memikirkan kontribusi jangka pendek dan jangka panjang yang diinginkan perusahaan.

Jawaban dari pertanyaan ini dapat membuka pintu untuk diskusi lebih lanjut tentang bagaimana kamu dan perusahaan dapat mendukung pencapaian goals tersebut, 

BAGAIMANA PERUSAHAAN MENGUKUR KEBERHASILAN KARYAWAN?

Pertanyaan ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana perusahaan mengevaluasi kinerja karyawannya. Dengan mengetahui cara perusahaan mengukur keberhasilan, kamu dapat menilai apakah perusahaan akan mendapatkan penghargaan yang pantas jika berhasil bekerja di perusahaan tersebut.

Dalam menghadapi proses interview kerja, persiapan yang matang sangat penting. Dengan menanyakan pertanyaan untuk HRD seperti diatas, kamu dapat menunjukkan ketertarikan dan komitmenmu terhadap perusahaan. 

Selain itu, pertanyaan-pertanyaan ini juga dapat membantumu memahami lebih baik tentang posisi yang dilamar dan menilai apakah perusahaan tersebut sesuai dengan tujuan dan nilai-nilaimu.

Diskusi bareng yuk seputar interview kerja bersama komunitas Girls Beyond Circle. Klik di sini untuk bergabung!

Baca juga: Contoh Perkenalan Diri Interview untuk Fresh Graduate hingga Berpengalaman 

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond