gagal menampilkan data

Article

Perbedaan, Kelebihan & Kekurangan Perusahaan Corporate dan Startup, Kamu Cocok yang Mana?

Written by Adila Putri Anisya

Dalam membangun karier, cukup penting untuk mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya memilih bekerja di antara perusahaan corporate dan startup. 

Bagi Gen Z, bekerja di lingkungan startup sering dianggap lebih fleksibel, sementara sebagian lainnya memilih perusahaan corporate karena menawarkan prospek karier yang menjanjikan.

Nah, bagi kamu yang baru memasuki dunia kerja atau sedang bingung dalam menentukan pilihan karier, memahami secara mendalam kelebihan dan kekurangan kedua tipe perusahaan ini dapat memberikan pandangan yang berharga untuk membantu dalam pengambilan keputusan kedepannya. So, simak sampai habis ya!

Baca juga: 10 Perusahaan Indonesia yang Diminati Fresh Graduate, Adakah Incaranmu?

MENGENAL DEFINISI PERUSAHAAN CORPORATE DAN STARTUP

Sebelum mendalami perbedaan corporate dan startup, sebaiknya ketahui terlebih dahulu definisi kedua perusahaan tersebut.

DEFINISI PERUSAHAAN CORPORATE

Perusahaan corporate adalah perusahaan besar yang telah mapan dan memiliki struktur hirarki yang jelas. Tipe perusahaan ini biasanya memiliki banyak cabang di berbagai wilayah dan sektor industri

Perusahaan corporate terkenal dengan ketahanan dan stabilitasnya. Mereka memiliki sumber daya yang melimpah, prosedur yang teruji, keuntungan yang lebih stabil dan lebih fokus pada produktivitas.

DEFINISI PERUSAHAAN STARTUP

Startup atau perusahaan rintisan adalah perusahaan yang baru didirikan dengan tujuan mengembangkan produk atau layanan yang inovatif dan potensial. 

Tipe perusahaan ini biasanya memiliki tim yang kecil dan fleksibel, serta beroperasi dalam lingkungan yang dinamis. 

Startup seringkali berfokus pada pengembangan teknologi dan berusaha untuk memecahkan masalah yang ada di pasar. Mereka dianggap lebih inovatif, kolaboratif, dan fokus pada pertumbuhan.

Baca juga: Eksplor Perusahaan Big 4 Kantor Akuntan Publik di Indonesia: Intip Gaji dan Cara Masuknya!

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PERUSAHAAN CORPORATE VS STARTUP

Setiap tipe perusahaan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kedua jenis perusahaan ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Untuk mempertimbangkan pilihan karier, simak kelebihan dan kekurangan perusahaan corporate dan startup berikut ini.

KELEBIHAN BEKERJA DI PERUSAHAAN CORPORATE

Perusahaan corporate memiliki kelebihan-kelebihan yang cocok untuk mereka yang ingin memiliki karier yang stabil. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

STABILITAS

Kelebihan utama bekerja di perusahaan corporate adalah stabilitas yang tinggi. Seperti yang diketahui, bahwa perusahaan besar biasanya memiliki konsumen yang kuat selama bertahun-tahun, nama mereka sudah dikenal, sehingga tingkat kepercayaan konsumen lebih tinggi.

Kestabilan ini tak hanya mengurangi risiko layoff karyawan, tapi juga dalam memberikan gaji, benefit, dan fasilitas yang stabil. Kemungkinan penutupan perusahaan rendah, sehingga kariermu aman. 

Walaupun suatu saat mengalami penurunan stabilitas, sangat memungkinkan mereka memberikan pesangon pada karyawannya, ini dapat membantu kamu mencari pekerjaan lain.

LINGKUNGAN KERJA LEBIH FORMAL

Kalau kamu suka lingkungan kerja yang formal, seperti bekerja di gedung-gedung tinggi, meja yang disekat-sekat, dan hirarki yang jelas, budaya kerja corporate mungkin cocok untuk kamu.

Dengan formalitas yang tinggi, struktur organisasi menjadi lebih terdefinisi. Setiap tingkat hierarki memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas, memudahkan karyawan untuk menavigasi lingkungan kerja.

JENJANG KARIER

Jenjang karier perusahaan corporate lebih jelas. Salah satunya karena pembagian tugas yang lebih struktur. 

Perusahaan corporate memiliki cakupan wilayah bisnis lebih luas, ini memberikan kesempatan karyawan untuk mendapatkan promosi jabatan yang menjanjikan.

Meski jenjang karier menjanjikan, namun persaingannya cukup ketat. Untuk mencapai promosi jabatan dalam waktu dekat, sangat tergantung dengan kemampuanmu.

KEKURANGAN BEKERJA DI PERUSAHAAN CORPORATE

Adapun kekurangan bekerja di perusahaan corporate yang dapat kamu pertimbangkan, antara lain:

KESEMPATAN BERINOVASI SULIT

Dalam perusahaan corporate, inovasi seringkali tertekan karena fokus pada pertumbuhan yang stabil. Mereka cenderung lebih memilih untuk mengembangkan produk yang telah mapan daripada mencoba ide-ide baru yang berisiko tinggi. Hal ini dapat menghambat kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar.

PERATURAN BIROKRASI RUMIT

Salah satu kekurangan perusahaan corporate adalah birokrasi yang rumit. Struktur organisasi yang kompleks dapat menghambat pengambilan keputusan yang cepat dan fleksibel. Proses persetujuan dan pelaporan yang panjang juga dapat memperlambat inovasi yang dibutuhkan untuk tetap bersaing di pasar.

KOMPETISI LEBIH KETAT

Perusahaan corporate biasanya memiliki struktur organisasi yang lebih besar dan kompleks. Dengan adanya jenjang karier yang lebih rinci, karyawan memiliki lebih banyak tingkatan atau posisi yang dapat mereka raih. 

Sayangnya, hal ini menciptakan persaingan yang lebih intens untuk mendapatkan promosi dan naik jabatan. Kamu harus memiliki kemampuan lebih unggul daripada karyawan lainnya untuk mencapai posisi jabatan yang diinginkan.

KELEBIHAN BEKERJA DI PERUSAHAAN STARTUP

Perusahaan startup di Indonesia, memiliki kelebihan yang mungkin cocok untuk fresh graduate dan kaum-kaum muda. Berikut beberapa kelebihannya:

LEARNING PATH YANG BERAGAM

Bekerja minimal satu tahun di perusahaan startup, dapat memberikan pengalaman beragam. Dengan budaya kerja startup yang berfokus pada pertumbuhan, membuat kamu terintegrasi dengan berbagai role yang relevan dengan pekerjaanmu.

Banyak fresh graduate yang tertarik dengan startup karena menyukai tantangan dan belajar banyak, sehingga mampu meningkatkan keterampilan mereka dalam berbagai role.

WAKTU BEKERJA FLEKSIBEL

Bekerja secara fleksibel mungkin bisa menjadi kelebihan, tapi juga bisa menjadi kekurangan. Dalam aspek positif, kamu tak terlalu dikekang dengan aturan waktu bekerja, ketika pekerjaanmu selesai, kamu bisa mendapatkan waktu untuk santai.

Selain itu, startup juga fleksibilitas dalam mengambil keputusan dengan cepat tanpa harus melalui proses birokrasi yang rumit. Startup bisa dengan mudah mengubah strategi bisnis mereka untuk menghadapi perubahan pasar yang cepat.

BUDAYA KERJA YANG DINAMIS

Startup umumnya memiliki kultur kerja yang dinamis, inovatif, dan tidak kaku. Mereka mendorong kreativitas dan inisiatif dari para karyawan mereka. 

Lingkungan kerja yang positif dan kolaboratif dapat meningkatkan produktivitas dan motivasi karyawan.

KEKURANGAN BEKERJA DI PERUSAHAAN STARTUP

Disamping kelebihan bekerja di startup, tentu ada kekurangan yang mungkin membuat kamu tidak nyaman, yaitu:

CENDERUNG TIDAK STABIL

Melansir dari Berkeley News 90% perusahaan startup gagal dalam tiga tahun pertama. Hal inilah yang membuat startup tidak stabil dibandingkan dengan corporate.

Ketidakstabilan startup, berdampak pada karier karyawan. Tak jarang mereka melakukan layoff lebih sering dibandingkan corporate, ini disebabkan persaingan inovasi antar startup yang ketat.

BEBAN KERJA LEBIH BANYAK

Meski beban kerja setiap perusahaan berbeda-beda, namun startup cenderung memiliki beban kerja lebih banyak. Karyawan startup mungkin banyak bekerja hingga malam hari atau dihubungi klien saat libur.

Tak jarang tugas yang bukan jobdesknya datang tiba-tiba. Untuk sebagian orang hal ini mungkin baik untuk bertumbuh, namun untuk sebagian lagi bisa menjadi beban kerja karena melampaui keahlian mereka. Bekerja di startup harus pintar-pintar mengatur work life balance.

Itu dia kelebihan dan kekurangan corporate dan startup yang bisa kamu pertimbangkan. Setiap tipe perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, memilih antara perusahaan corporate dan startup tergantung pada tujuan, preferensi, dan kesanggupanmu!

Tertarik berbicara soal karier? Jangan lupa gabung komunitas Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: 10 Perusahaan Gaji Tinggi untuk Fresh Graduate, Wajib Apply!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond