gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Mengungkap Kepribadian MBTI INFJ: Unik dan Paling Langka di Dunia!

Written by Adila Putri Anisya

Dalam memahami karakteristik seseorang, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) menjadi salah satu alat yang berguna. Dengan 16 tipe kepribadian yang berbeda, salah satu tipe yang menarik untuk dikaji adalah kepribadian MBTI INFJ.

INFJ, singkatan dari Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging, adalah tipe kepribadian yang langka di dunia.  Dilansir dari Think Impact, tipe INFJ hanya 1,5 % dari populasi umum.

Kenapa INFJ itu langka? Menurut psikolog asal Kolombia, Sanaam Hafeez, ini karena INFJ memiliki sifat introvert, namun uniknya suka membantu orang lain dan suka bersosialisasi.

Kalau kamu salah satu yang memiliki MBTI INFJ, yuk simak ulasan tentang kepribadian INFJ berikut ini!

Baca juga: Intip Gaya Belajar yang Sesuai dengan Tipe Kepribadian MBTI, Kamu yang Mana?

MENGENAL KEPRIBADIAN MBTI INFJ

INFJ orang nya seperti apa sih? Dilansir dari 16Personalities, INFJ memiliki sikap idealis dan prinsip yang kuat. Bagi mereka, sukses bukanlah semata-mata terkait dengan materi atau status sosial, melainkan ditemukan dalam pencarian kepuasan batin, seperti membantu sesama dan menjadi kekuatan positif bagi perubahan dunia.

INFJ adalah orang yang visioner, mereka merasa bahwa hidup harus memiliki tujuan yang harus dipenuhi selama ada di bumi. Menurut mereka, salah satu aspek kehidupan yang berharga adalah dengan mencari tujuan tersebut.

Banyak yang mengagumi INFJ karena ketika mereka mendapatkan ketidakadilan, mereka jarang menyerah, mereka selalu mencari solusi dengan menyeimbangkan isi kepala dan hati.

Tipe INFJ kerap diakui karena kepedulian mereka yang luar biasa terhadap orang lain. Namun di sisi lain, kepedulian yang mendalam ini terkadang membuat INFJ melupakan diri mereka sendiri.

Baca juga: Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Tipe MBTI Kamu

KELEBIHAN KEPRIBADIAN INFJ

Ada banyak kelebihan kepribadian MBTI INFJ yang mungkin membuat orang di dekatnya betah dan kagum, antara lain:

MEMILIKI EMPATI YANG KUAT

INFJ memiliki kemampuan yang luar biasa untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain. 

Mereka cenderung sangat peka terhadap emosi orang lain dan dapat dengan mudah membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah seseorang. 

Tak heran jika banyak orang yang nyaman curhat mereka. Selain menjadi pendengar yang baik, mereka juga suka memberikan dukungan emosional kepada orang lain.

DEDIKASI YANG TINGGI

INFJ adalah individu yang sangat menyukai pekerjaan yang bermakna dan berarti. Mereka sangat berdedikasi dalam melakukan tugas-tugas mereka dan akan bekerja keras untuk mencapai tujuan mereka. 

Kepribadian ini juga membuat mereka menjadi pemimpin yang baik karena mereka mendorong orang lain untuk mencapai potensi terbaik mereka.

KREATIVITAS TAK TERBATAS

Kalau kamu bertanya siapa MBTI paling kreatif, INFJ adalah jawabannya. Kebanyakan dari mereka mendalami seni, musik, dan berbagai hal yang berhubungan dengan kreatifitas.

Kalau mereka bekerja sebagai musisi, mereka seringkali menciptakan lagu-lagu yang enak dan menjadi hits. Begitu pun dengan pekerja di seni-seni lainnya, pikiran out of the box membuat karya mereka banyak dicintai.

MEMILIKI PRINSIP LUAR BIASA

INFJ memiliki nilai yang kuat, terutama dalam etika. Salah satu kesalahan moral yang sangat tidak disukai olehnya adalah kebohongan. Mereka berusaha sekeras mungkin untuk tidak menipu orang lain.

Tipe kepribadian MBTI INFJ tidak pernah memanfaatkan orang lain demi kebaikan mereka, meskipun mereka bisa mendapatkan manfaat langsung dari orang tersebut.

Baca juga: 7 Tes Kepribadian Online Ini Bantu Cari Jati Diri, Ke-7 Recommended!

KELEMAHAN MBTI INFJ

Dibalik kelebihan kepribadian INFJ, mereka juga memiliki kelemahan yang mungkin dapat memberikan pandangan berbeda soal sosok INFJ. Lantas, apa saja sisi gelap dari seorang INFJ? 

TERLALU TERTUTUP

Meskipun INFJ sangat peka terhadap perasaan orang lain, mereka seringkali memiliki kesulitan dalam mengungkapkan emosi mereka sendiri. 

Mereka cenderung menahan emosi mereka dan seringkali merasa sulit untuk membuka diri kepada orang lain. Oleh karena itu, mereka perlu belajar untuk mengungkapkan perasaan mereka dengan lebih terbuka.

PERFEKSIONIS

Orang yang perfeksionis mungkin baik untuk beberapa aspek, namun dalam INFJ sikap perfeksionis ini terkadang membuat mereka dan orang lain tersiksa. 

INFJ seringkali sulit menghargai pekerjaan, situasi, kehidupan ataupun hubungan mereka jika terus berpaku dalam ketidaksempurnaan. Tak jarang mereka bertanya-tanya dan selalu mencari sesuatu yang lebih baik, sehingga menghabiskan waktu.

SENSITIF TERHADAP KRITIKAN

Tak mudah bagi INFJ untuk menerima kritik dari orang lain. Mereka sangat sensitif terhadap pikiran orang lain terhadap dirinya karena ini membuatnya kurang nyaman.

Mereka cenderung mengambil setiap kritik secara pribadi dan merasa terluka olehnya. Maka dari itu, mereka perlu belajar untuk menerima kritik sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang.

BERSIKAP TERLALU IDEALISTIK

Sebagai orang yang memiliki kreativitas, INFJ cenderung memiliki visi idealis tentang dunia. Mereka ingin membuat perubahan positif di dunia ini dan sering kali merasa frustasi ketika harapan mereka tidak terpenuhi. 

Inilah mengapa, orang dengan kepribadian MBTI INFJ perlu belajar menerima kenyataan dan menemukan keseimbangan antara idealisme dan realitas.

Kepribadian MBTI INFJ adalah salah satu tipe kepribadian yang paling langka dan unik. Mereka memiliki kelebihan yang luar biasa, namun juga memiliki kelemahan, yang mungkin membuat kamu bingung dengan sikapnya. Dengan memahami kelebihan dan kelemahan mereka, INFJ dapat mengembangkan potensi mereka dan menjadi seseorang yang lebih seimbang!

Suka bahas tentang MBTI? Yuk, diskusi lebih banyak dengan teman-teman di Girls Beyond Circle. Gabung sekarang!

Baca juga: 6 Tipe Kepribadian Perempuan: Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta, Sigma

Sumber foto: Pexels