gagal menampilkan data

Article

Ternyata Begini Karakter Golongan Darah A, B, AB, dan O Menurut Konsep Ketsuekigata! Sesuaikah Denganmu?

Written by Adila Putri Anisya

Karakter golongan darah A, B, AB dan O ternyata memiliki kepribadian berbeda-beda. Di negara Jepang, konsep ini disebut ‘ketsuekigata’ yang artinya golongan darah dapat membentuk temperamen seseorang.

Dilansir dari verywellmind, ketsuekigata adalah kerangka pemikiran yang didasarkan oleh prinsip ilmiah yang tidak berakar pada fakta. Meski demikian, kepercayaan ini populer di Jepang hingga ke negara Barat, seperti Amerika Serikat.

Kalau kamu tertarik mengenal karakter setiap golongan darah, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 6 Tipe Kepribadian Perempuan: Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta, Sigma

KARAKTER GOLONGAN DARAH A, AB, B DAN O MENURUT KONSEP KETSUEKIGATA

Sama seperti kepercayaan astrologi, meski secara pasti tidak ada yang bisa menentukan karakter seseorang, namun kepercayaan ketsuekigata tentang golongan darah sudah melekat di banyak orang, terutama di negara Jepang. 

Kalau kamu tertarik membahas bagaimana karakter setiap golongan darah, berikut adalah penjelasannya!

GOLONGAN DARAH A

Orang dengan golongan darah A, secara umum memiliki sifat yang terorganisir dan perfeksionis, mereka selalu berhati-hati dalam setiap tindakan. Mereka mencintai perdamaian, itulah mengapa mereka tidak suka melanggar aturan masyarakat yang sudah ditetapkan.

Kalau kamu punya teman dengan golongan darah A, maka kamu beruntung. Mereka adalah sosok yang dapat diandalkan dan dipercaya. Mereka tak ragu membantu orang terdekatnya dikala susah. Mereka hanya menunjukan emosinya kepada orang yang dianggapnya nyaman.

Sifat PositifSifat NegatifKompatibilitas 
Penuh perhatianKeras kepalaCocok dengan golongan darah O dan tidak cocok dengan B.
TerorganisirMudah stres
SopanMudah cemas
BijaksanaSensitif
BersemangatTerlalu perfeksionis

GOLONGAN DARAH B

Secara keseluruhan, orang dengan golongan darah B memiliki sifat ambisius. Meski tujuan mereka kelihatannya tidak mudah, mereka akan berusaha keras untuk mewujudkan dengan segala kemampuan yang dimiliki.

Salah satu hal yang membuat mereka ambisius adalah kreativitasnya. Mereka mudah mengambil keputusan dengan cepat. Sayangnya, karakteristik golongan darah B suka memiliki aturan sendiri yang terkadang tidak mengikuti apa yang telah ditentukan oleh masyarakat.

Sifat PositifSifat NegatifKompatibilitas 
KuatEgoisCocok dengan golongan darah AB dan tidak cocok dengan A.
Suka berpetualangTidak kooperatif
Aktif/mudah bergaulKurang bertanggung jawab
KreatifCeroboh
CeriaRasa bangga yang tinggi

GOLONGAN DARAH AB

Karakteristik golongan darah AB adalah kombinasi dari golongan darah A dan B. Oleh karena itu, orang dengan golongan darah AB sering kali memiliki kepribadian yang unik. Mereka cenderung memiliki sifat-sifat yang berbeda-beda tergantung pada situasi dan lingkungan di sekitar mereka.

Ketika bertemu dengan orang baru, mereka sangat berhati-hati, seringkali menyembunyikan sifat aslinya Namun, ketika sudah memiliki hubungan yang dekat, mereka pasti akan menunjukan sifat aslinya. 

Sifat PositifSifat NegatifKompatibilitas 
Dapat diandalkanEgoisCocok dengan golongan darah AB dan tidak cocok dengan O.
RamahPelupa
RasionalTidak mudah memaafkan
Mudah beradaptasiCenderung pemalu dan penyendiri (dingin)
AmbisiusMenghindari masalah

GOLONGAN DARAH O

Karakter golongan darah O secara umum adalah memiliki wawasan yang luas. Mereka seringkali ditunjuk sebagai ketua karena sikap alaminya sebagai pemimpin. 

Hal yang membuat orang lain menyukai pemilik darah O yaitu karena sikapnya yang ramah, santai, dan optimis. 

Meskipun dikenal sebagai orang yang bersahabat, mereka terkadang perlu menunjukkan sifat egois untuk mencapai tujuan yang baik. Walau demikian, tindakan ini dapat dianggap egois oleh orang-orang dengan golongan darah A yang cenderung "sensitif".

Sifat PositifSifat NegatifKompatibilitas 
Mudah bergaulPencemburuCocok dengan golongan darah A dan tidak cocok dengan AB.
Percaya diriTidak peka
Penuh semangatGila kerja
TekunSombong
SetiaTerlalu kompetitif

Baca juga: Mengenal Karakter Gen Z: Benarkah Generasi Manja?

CATATAN

Jika kamu bertanya “apakah golongan darah mempengaruhi sifat seseorang?” hal ini tergantung dengan perspektif kamu. Pasalnya, tak ada bukti konkrit tentang penelitian ini.

Namun, pada tahun 1930, profesor Jepang bernama Tokeji Furukawa, membuat laporan dalam Journal Social Psychology berjudul “A Study of Temperament and Blood-Groups”, dalam jurnal tersebut, ia berpendapat bahwa:

 “Membangun hubungan antara kepribadian dan golongan darah, mungkin berguna untuk studi objektif tentang temperamen”.

Menurutnya, empat cairan tubuh manusia (A, B, AB, dan O) mempengaruhi kepribadian seseorang, yang dibagi dalam dua grup yaitu fisiologis dan psikologis. Berdasarkan medis, memang golongan darah berbeda-beda berdasarkan antigennya, namun Furukawa menganggap golongan darah jauh melampaui lingkup antigen.

Meski Furukawa menjelaskan secara rinci dalam makalah yang dibuatnya. Namun, peneliti lain menentang konsep tersebut. Namun, sampai saat ini konsep ketsuekigata tidak pernah hilang.

Jadi, apakah karakter golongan darah di atas sesuai denganmu? Yuk, diskusi lebih lanjut dengan gabung komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Ini Prospek Kerja Idealmu Berdasarkan Tipe Kepribadian ABCD!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond