gagal menampilkan data

Article

Deretan Lembaga Bantuan Hukum Gratis Online dan Juga Offline

Written by Lintang Olivia

Jika kamu saat ini sedang mengalami permasalahan hukum, namun terkendala masalah keuangan, maka kamu bisa mencari lembaga bantuan hukum gratis. Faktanya, hal ini diatur dalam undang-undang, lho.

Nah, berikut rekomendasinya yang berada di sekitar Jakarta dan ada juga yang tersebar di beberapa daerah lainnya. Beberapa lembaga ada yang menyediakan konsultasi secara online juga. Yuk, langsung saja kita bahas dari offline sampai yang bisa online, ya!

Baca juga: 10 Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Cocok untuk Gen Z, Bisa Hasilkan Untung Besar!

CARA MENGAJUKAN BANTUAN DI LEMBAGA BANTUAN HUKUM GRATIS

Syarat umum yang harus dipenuhi untuk mendapatkan konsultasi hukum gratis di lembaga tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 14 ayat (1) UU No.16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum yaitu:

  • Mengajukan permohonan secara tertulis yang isinya mengenai identitas kamu dan uraian singkat mengenai permasalahan hukum yang dialami.
  • Lalu, menyerahkan dokumen yang berkaitan dengan masalah hukum.
  • Kemudian, melampirkan surat keterangan tidak mampu dari lurah atau pejabat yang setingkat di daerah tempat tinggal. Jika tidak ada, bisa diganti dengan dokumen apa saja seperti kartu bantuan langsung tunai, kartu beras miskin dan lainnya yang menerangkan bahwa kamu masuk dalam golongan tidak mampu. 

Namun, di bawah ini ada lembaga yang tidak mensyaratkan harus melampirkan surat keterangan tidak mampu. 

1. YAYASAN LEMBAGA HUKUM INDONESIA (YLBHI)

lembaga bantuan hukum gratis
Sumber foto: YLBHI

YLBHI adalah lembaga bantuan hukum gratis yang dapat menangani berbagai kasus hukum dan juga kasus pelanggaran HAM. YLBHI menaungi  18 kantor lembaga hukum di 18 provinsi Indonesia. Lalu, kamu bisa kunjungi website resminya untuk mengajukan pertanyaan. Selain itu, di situ juga tertera nomor telepon yang bisa dihubungi dan daftar semua alamat kantor cabang lainnya.

2. LEMBAGA BANTUAN HUKUM MAWAR SARON 

lembaga bantuan hukum gratis
Sumber foto: LBH Mawar Saron

LBH Mawar Saron merupakan lembaga bantuan hukum gratis  yang bisa menangani kasus pidana, perdata sampai masalah ketenagakerjaan. Berpusat di Jakarta, kantor ini juga ada di Semarang, Surakarta dan Batam. 

Lembaga ini merupakan bagian dari yayasan Hotma Sitompoel, yaitu salah satu pengacara kondang di Indonesia. Kalian bisa cek situs resmi untuk melihat informasi kantor cabang lainnya dan juga follow Instagramnya untuk melakukan konsultasi hukum secara online.

3. LBH JAKARTA

lembaga bantuan hukum gratis
Sumber foto: LBH Jakarta

LBH Jakarta merupakan lembaga bantuan hukum gratis yang bisa menangani kasus hukum yang berkaitan dengan kepentingan golongan dan pelanggaran hak asasi manusia. 

LBH Jakarta merupakan bagian dari Yayasan Lembaga Hukum atau (YLBHI). Untuk kamu yang berdomisili di  Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Karawang juga bisa melakukan konsultasi di sini. 

Kantornya buka dari hari Senin-Kamis di jam 09.00-15.00 WIB dan berlokasi di Jl. Pangeran Diponegoro No.74, RT.9/RW.2, Pegangsaan, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat. Harap membawa persyaratan seperti  KTP dan SKTM (surat keterangan tidak mampu) untuk konsultasi hukum. 

4. LBH APIK 

lembaga bantuan hukum gratis
Sumber foto: LBH Apik

Jika kamu mengalami masalah hukum seperti KDRT dan pelecehan seksual, maka kantor LBH Apik merupakan lembaga bantuan hukum gratis yang bisa kamu datangi. Saat ini LBH Apik mempunyai 18 kantor yang tersebar di Indonesia yang pusatnya berada di Jakarta. Cabang lainnya bisa kamu cek di situs resminya.

5. POS BANTUAN HUKUM ADVOKAT INDONESIA(POSBAKUMADIN)

lembaga bantuan hukum gratis
Sumber foto: Posbakumadin

Posbakumadin merupakan lembaga yang terbiasa dalam menangani kasus seperti narkotika, perceraian, penganiayaan, KDRT dan lainnya. Posbakumadin termasuk LBH gratis terdekat  yang bisa kamu temui di seluruh Pengadilan Negeri atau Pengadilan Agama yang tersebar di Indonesia. Biasanya, lokasinya berada sekitar wilayah lingkungan Pengadilan. Selain datang langsung, Kamu bisa konsultasi gratis dengan menghubungi: 

  • Nomor untuk konsultasi: (021) 5670892 (Senin-jumat, 08.00-17.00 dan sabtu, 08.00-13.00) 
  • Situs resmi:  Posbakumadin.

6. PERQARA

lembaga bantuan hukum gratis
Sumber foto: Kalibrr

Perqara adalah lbh online gratis yang bisa menangani kasus hukum diantaranya seperti ketenagakerjaan, perkawinan atau perceraian, soal tanah dan pajak. Bisa dibilang, Perqara merupakan sebuah platform konsultasi hukum pertama yang ada aplikasinya. 

Oleh karena itu, aplikasinya bisa kamu download di App Store dan Google Play. Selain ada fitur chat, kamu juga bisa video call atau konsultasi lewat websitenya.

7. AWAS KBGO

lembaga bantuan hukum gratis
Sumber foto: awaskbgo

Awas KBGO dibuat khusus sebagai wadah untuk melaporkan kasus hukum berbasis digital seperti revenge porn atau kasus manipulasi foto dengan menempel bagian tubuh vulgar yang disebar di media sosial. Konsultasi hanya bisa lewat situs resminya dan akan ditanggapi dalam waktu 2 x 24 jam. 

Kemudian, jika kamu sedang menghadapi masalah kekerasan berbasis gender seperti KDRT, pelecehan atau kekerasan seksual.  Maka kamu bisa kunjungi website carilayanan.com untuk mencari berbagai lembaga bantuan hukum gratis lainnya yang tersebar di Indonesia.

Jika kamu butuh teman untuk sharing lebih banyak, gabung komunitas Girls Beyond Circle sekarang, yuk!

Baca juga: Bisa Gantikan Google? Pahami Perplexity AI: Kegunaan & Cara Pakainya

Sumber foto: Pexels

Kenalin, namaku Lintang Olivia, penulis artikel ini. Let’s connect on LinkedIn!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond