gagal menampilkan data

Article

Bisa Gantikan Google? Pahami Perplexity AI: Kegunaan & Cara Pakainya

Written by Adila Putri Anisya

Perplexity AI disebut-sebut sebagai mesin pencarian pesaing Google. Pasalnya, AI (Artificial Intelligence) ini, dapat memberikan jawaban cukup akurat, bahkan menyertakan sumber-sumber terpercaya.

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menghadapi berbagai pertanyaan yang memerlukan jawaban, dan mesin pencarian seperti Google telah menjadi alat yang sangat penting. Namun, hadirnya Perplexity AI telah menarik perhatian banyak orang untuk mencoba memanfaatkannya.

Lantas, benarkah mesin pencarian tersebut dapat menggantikan Google sepenuhnya? Lalu, bagaimana cara pakainya?

Baca juga: Ini 5 Tools AI Gratis Online yang Bikin Pekerjaan Kamu Lebih Mudah!

APA ITU PERPLEXITY AI?

Perplexity AI adalah mesin pencarian yang dikembangkan dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Mesin pencarian ini seperti chatbot, dengan memberikan informasi yang relevan dan akurat kepada penggunanya. 

Dilansir dari laman resmi Perplexity, mesin pencari ini merupakan tempat pengguna mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban ringkas dan akurat yang didukung oleh serangkaian sumber yang dikurasi. 

Berbeda dari mesin pencarian Google, misi Perplexity adalah memberdayakan pengguna untuk berbuat “lebih banyak”, termasuk meringkas konten, menjelajahi topik baru, atau bahkan menjadi sedikit lebih “kreatif”.

Baca juga: Character AI Indonesia: Chatbot dengan Karakter Virtual, Bisa Diajak Pacaran Loh!

APA SAJA KEGUNAAN PERPLEXITY AI UNTUK SEHARI-HARI?

Perplexity AI memiliki berbagai kegunaan yang dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Dilansir dari The Verge, bahkan pengguna platform ini telah mencapai satu juta pengguna setiap hari dan terus berkembang dengan cepat.

Memangnya, Perplexity AI buat apa saja? Berikut penjelasannya.

MENJAWAB PERTANYAAN

Perplexity dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul, mulai dari pertanyaan sederhana seperti definisi kata, hingga pertanyaan yang lebih kompleks tentang berbagai topik.

Tak hanya itu, platform ini juga mampu menghasilkan berbagai format teks kreatif dari konten teks, seperti puisi, kode, skrip, karya musik, email, surat, dan lain-lain.

MERINGKAS ARTIKEL DAN HALAMAN WEB

AI ini juga sangat berguna dalam merangkum artikel-artikel yang panjang dan kompleks menjadi informasi yang lebih mudah dipahami. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan inti dari suatu artikel tanpa harus membaca semuanya.

MENJELAJAHI TOPIK

Fitur Copilot Perplexity, dapat membantu pengguna menjelajahi berbagai topik dengan memberikan informasi yang relevan dan terkini. 

Kemampuannya yang luas, membuat AI ini dapat menjadi panduan yang baik untuk memahami lebih dalam tentang suatu topik secara mendalam dan mempelajari hal-hal yang baru.

MENDAPATKAN KUTIPAN, PENELITIAN ATAU SUMBER

Perplexity AI dapat menemukan kutipan, penelitian, dan sumber dengan mengajukan pertanyaan spesifik karena platform ini akan memberikan sumber sehingga bisa tahu kredibilitasnya.

Hal tersebut dapat membantumu memahami suatu topik, menemukan informasi yang lebih baik, dan meningkatkan penelitian di sekolah maupun di tempat kerja. 

Baca juga: 6 Kampus dengan Jurusan AI di Indonesia untuk Jenjang Sarjana dan Magister!

CARA MENGGUNAKAN PERPLEXITY AI

CARA MENGGUNAKAN PERPLEXITY AI
Sumber foto: Perplexity.ai 

Menggunakan Perplexity sangatlah mudah. Kamu dapat menggunakannya tanpa harus membuat akun. Tetapi, jika ingin mendapatkan fitur yang maksimal, kamu harus mendaftar.

Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  • Kunjungi laman https://www.perplexity.ai/.
  • Jika belum memiliki akun, klik sign up lewat Google, Apple, atau email.
  • Terdapat kotak pencarian di tengah layar, masukkan kata kunci yang ingin dicari.
  • Gunakan Perplexity AI dalam bahasa Indonesia, jika hasilnya ingin bahasa Indonesia.
  • Ajukan pertanyaan, lalu klik tombol tanda panah “ ⮕”.
  • Hasil pencarian/pertanyaan akan muncul di layar, pengguna dapat melihat jawaban singkat, judul artikel dan tautan sumber informasi lebih lengkap.
  • Jika ingin membaca informasi lebih lanjut, pengguna bisa mengklik tautan sumber yang tersedia.
  • Tersedia juga fitur search image, search videos, hingga pertanyaan yang relevan.
  • Jika masih belum puas dengan jawaban, atau ingin merangkumnya, kamu bisa gunakan fitur “ask follow-up”.

Baca juga: 5 Tools AI Pembuat CV Otomatis yang Wajib Dimiliki Jobseeker!

PERPLEXITY AI COCOK UNTUK SIAPA SAJA?

AI, termasuk perplexity AI Indonesia, telah menjadi bagian penting dalam berbagai sektor, seperti industri, kesehatan, dan pendidikan. Platform ini dapat digunakan oleh siapa saja, terutama:

PELAJAR DAN MAHASISWA

Perplexity AI dapat membantu pelajar dan mahasiswa dalam menemukan informasi yang relevan untuk tugas-tugas sekolah atau penelitian akademik mereka. 

Terutama kemampuannya untuk menjawab pertanyaan dan merangkum artikel sangat berguna dalam proses belajar.

PENELITI

Penggunaan platform AI ini, dapat menjadi alat bantu yang berguna bagi peneliti dan akademisi dalam menemukan literatur terkait penelitian mereka, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, dan merangkum hasil penelitian terkini.

PROFESIONAL

Bagi para profesional dan pengusaha, Perplexity dapat menjadi alat yang berguna dalam mencari informasi untuk memecahkan masalah kerja, menemukan tren industri, atau bahkan melakukan riset pasar.

PENGGUNA UMUM

Siapapun yang memiliki akses internet, dan tertarik untuk memperluas pengetahuan atau mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sehari-hari, akan merasa terbantu dengan kehadiran Perplexity.

Baca juga: 5 Tools AI untuk Mahasiswa yang Sangat Berguna dalam Perkuliahan, Ada yang Belum Kamu Tahu!

BENARKAH PERPLEXITY AI BISA GANTIKAN GOOGLE?

Meskipun perplexity AI menawarkan potensi yang menarik untuk meningkatkan hasil pencarian, masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa AI ini dapat sepenuhnya menggantikan Google. 

Mesin pencari seperti Google telah membangun infrastruktur yang sangat besar dengan algoritma yang kompleks dan database yang luas. 

Google juga telah mengumpulkan data pengguna selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian. Perplexity AI masih dalam tahap pengembangan dan belum memiliki kesempurnaan yang sama dengan Google.

Meskipun demikian, Perplexity dapat menjadi tambahan yang berguna dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan spesifik dan merangkum informasi dalam konteks tertentu. 

Hal Ini membuatnya menjadi alat yang berguna untuk mendapatkan jawaban cepat dan efisien dalam beberapa kasus. Namun, Google tetap menjadi raksasa dalam dunia pencarian online dan masih menjadi pilihan utama bagi banyak orang dalam mencari informasi secara luas di internet.

Jadi, apakah kamu tertarik menggunakan Perplexity AI?

Mau dapatkan insight dan informasi ter-update lainnya seputar AI? Yuk, diskusi bareng teman-teman di Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5 Fungsi ChatGPT Buat Dukung Kerjaan Kamu, Wajib Dicoba!

Sumber foto: Logowik

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond