gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Lebih Jauh Mengenal Kepribadian ESFP, Si Friendly tapi Mudah Bosan!

Written by Septia Sapoetri

ESFP adalah salah satu jenis kepribadian MBTI dengan kepanjangan dari Extrovert, Sensing, Feeling, dan Perceiving. Kepribadian ESFP dikenal sebagai sosok yang ramai, bersemangat, dan selalu optimis alias si friendly dan too much energy!

Tetapi, di balik kemampuan bersosialisasinya yang baik, sosok ESFP juga lekat dekat label impulsifnya. Lantas, bagaimana sih kepribadian ESFP yang sebenarnya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Mengungkap Kepribadian MBTI INFJ: Unik dan Paling Langka di Dunia!

PERSONALITY ESFP

Kepribadian ESFP Personality ESFP
Sumber foto: Pexels

ESFP memiliki julukan The Entertainers atau Si Penghibur. Bukan tanpa alasan, sosok dengan kepribadian ini memiliki energi positif yang mampu menghidupkan suasana menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya itu, tindakannya yang spontan dan ekspresif kerap membuatnya menjadi pusat perhatian.

Orang dengan personality ESFP tahu cara menikmati hidup, mereka akan fokus pada apa yang terjadi saat ini, dan tidak terlalu memusingkan hal-hal yang belum terjadi. Di samping itu, kepribadian ESFP sangat pengertian dan berempati terhadap perasaan orang lain.

PRO - KONTRA KEPRIBADIAN ESFP

Kepribadian ESFP Kelebihan ESFP Kekurangan ESFP
Sumber foto: Pexels

Setiap kepribadian tentu memiliki sisi positif dan negatifnya, termasuk orang dengan MBTI ESFP. Segmen ini akan membahas kelebihan ESFP dan kekurangan ESFP sekaligus agar kamu dapat benar-benar memahami kedua sisi tersebut dengan baik.

Bersemangat x Mudah Bosan

Seperti yang sudah dijelaskan, ESFP merupakan sosok yang bersemangat dan optimis, orang lain mungkin akan menilai energi ESFP selalu 100% setiap saat. Namun, di sisi lain, sosok ini juga mudah sekali bosan, apalagi jika harus mengulangi rutinitas yang sama persis setiap harinya.

Mereka membutuhkan rutinitas baru sebagai selingan atau hal baru untuk di-explore. Tetapi, ESFP tetaplah ESFP yang mudah bosan. Meskipun bersemangat di awal, mereka akan kembali merasa bosan, dan mencari hal lain lagi. Sudah nggak aneh lagi, ‘kan, kalau lihat mereka sering update hobi baru di Instastory-nya?

Praktikal x Tidak Menyukai Teori Abstrak

Personality ESFP sangat praktis, mereka lebih suka belajar dari pengalaman atau dari apa yang sudah mereka ketahui sebelumnya. Ini juga yang mengakibatkan mereka tidak begitu menyukai pembelajaran yang terkonsep, karena hal-hal teoritis cenderung sulit mereka terima. Namun, mereka akan unggul dalam situasi di mana mereka dapat berinteraksi dengan orang. Benar, sosok ini memang extrovert sejati!

Baca juga: Intip Gaya Belajar yang Sesuai dengan Tipe Kepribadian MBTI, Kamu yang Mana?

Friendly x Sensitif x Cari Aman

Jika ada penghargaan manusia paling friendly, ESFP sudah dipastikan akan masuk di urutan nominasi tersebut. Bagaimana tidak, mereka sangat pengertian dan mudah berempati, senang untuk membangun percakapan dengan seseorang, juga memiliki sisi menyenangkan. Mereka punya semua hal yang dibutuhkan untuk bersosialisasi.

Namun, di balik starter pack-nya tersebut, ada kepribadian ESFP yang mudah tersinggung dan sedikit sensitif. Semakin tidak baik karena sifat tersebut combo dengan sifat mereka yang suka menghindari konflik alias cari aman.

Hidup untuk Saat ini x Tidak Visioner x Impulsif

Di pro kontra ESFP selanjutnya, ada karakter mereka yang sangat menikmati hidup di masa kini, sehingga mereka cenderung bertindak spontan dan impulsif.

Bisa dibilang, karakter itu ada di antara positif dan negatif. Tindakan spontan dari ESFP menunjukkan bahwa mereka fleksibel dan dapat berimprovisasi meskipun tanpa rencana apa-apa sebelumnya. Namun, tidak jarang tindakan tersebut impulsif, di mana mereka tidak memikirkan dampak di masa depan.

ESFP DAN HIDUPNYA 

Setelah mengetahui tentang personality dan pro-kontra dari sosok ESFP. Lantas, bagaimana ESFP menjalani hidupnya dalam berhubungan dengan orang lain, akademik, dan karier?

Hubungan dengan Orang Lain

ESFP sangat mudah berinteraksi dengan orang lain, mereka mudah berteman, atau lebih cocok disebut dengan ‘senang’ berteman. Dengan sifat mereka yang pengertian dan mudah berempati, mereka juga mampu memberikan kenyamanan untuk orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, ESFP akan menjadi teman yang menyenangkan karena selalu memiliki ide bermain dan mengajak kamu melakukan hal-hal seru. Bersama ESFP, kamu akan menikmati setiap momennya!

Gaya Belajar

Orang dengan kepribadian ESFP akan menikmati proses pembelajaran, jika hal tersebut adalah hal yang menarik minatnya. Rasa keingintahuan membuat mereka bersemangat dan mudah dalam menerima materi.

Sosok ESFP juga lebih cepat memahami jika materi disajikan secara visual dan disampaikan tentang penerapan praktisnya. Mereka memang lebih cocok untuk hal-hal yang sifatnya praktik, dibanding teoritis. Selain itu, ESFP kemungkinan besar akan menunda tugas-tugas mereka hingga menit terakhir. Ya, mereka adalah kaum deadliners!

Karier

Dengan keaktifan dan keterampilan sosial yang tinggi, ESFP cocok mengambil karir yang bersinggungan langsung dengan manusia dan melibatkan banyak variasi. Poin pentingnya, ESFP sangat tidak cocok dengan pekerjaan yang terstruktur dan monoton karena ini akan menjadi hal sulit dan membosankan bagi mereka.

Beberapa profesi yang cocok untuk MBTI ini, yaitu aktor/aktris, guru, pengusaha, event organizer, konselor, sales, psikolog, dan pekerja sosial.

Itu semua merupakan pembahasan tentang kepribadian ESFP, si penghibur dan extrovert sejati.

Kamu ingin sharing dan diskusi tentang MBTI? Yuk, bergabung bersama komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Tipe MBTI Kamu

Sumber: Pexels

Halo! Aku Septi, atau lengkapnya Septia Sapoetri, salah satu kontributor program YTTA GB dan ini artikelku. Let’s connect on Instagram!