gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Kepribadian INTP: Dari Inovatif Sampai Nggak Peka, Sesuai Denganmu?

Written by Adila Putri Anisya

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) selalu menjadi topik yang seru untuk dibahas. Kali ini, Girls Beyond akan membahas tentang kepribadian INTP. 

INTP adalah kependekan dari Introvert, Intuition, Thinking, dan Perceiving. Orang dengan kepribadian ini cenderung introvert, artinya mereka lebih suka memusatkan energi mereka pada pemikiran dan refleksi internal.

Jika kamu memiliki kepribadian ini dan penasaran dengan INTP sifatnya seperti apa, serta siapa pasangan yang cocok untuknya, simak ulasan berikut sampai habis.

Baca juga: Mengungkap Kepribadian MBTI INFJ: Unik dan Paling Langka di Dunia!

KELEBIHAN KEPRIBADIAN INTP

Dilansir dari 16personalities, INTP memiliki personality ‘logician’, di mana mereka mengandalkan pemikiran secara logis. Untuk mengenal lebih jauh tentang kelebihan INTP, berikut penjelasannya.

PEMIKIR ANALITIS

INTP memiliki kemampuan analitis yang luar biasa. Mereka cenderung mencoba memahami dan menganalisis setiap aspek situasi secara logis sebelum membuat keputusan.

Ketika INTP dihadapkan dengan situasi atau informasi baru, mereka seringkali membandingkan dengan apa yang telah dilalui untuk dapat “memprediksi” apa yang akan terjadi selanjutnya.

INOVATIF DAN KREATIF

Orang dengan MBTI ini memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi. Dalam menghadapi situasi, mereka selalu berpikir out of the box. 

Mayoritas dari mereka menyukai tantangan intelektual dan mencari cara baru untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

SOSOK MANDIRI

INTP cenderung mandiri dan mampu bekerja sendiri. Mereka merasa nyaman dalam kesendirian dan dapat fokus dengan baik pada pekerjaan mereka.

Sifatnya tersebut dipengaruhi oleh introvert-nya. Mereka akan mendapatkan lebih banyak energi ketika melakukan pekerjaannya dengan seorang diri.

FLEKSIBEL DAN ADAPTIF

Fleksibel dan adaptif merupakan kepribadian INTP yang membuat semua orang suka mengobrol dengan mereka. Sifat ini mencerminkan kepemahaman mereka dengan berbagai topik dan perubahan.

Berbekal kemampuan inovatif dan kreatifnya, mereka siap untuk mengeksplorasi ide baru yang menantang. Tak heran jika mereka mudah berdamai dengan keadaan.

JUJUR

Seorang INTP sangat mengutamakan kebenaran dalam hidupnya. Mereka tidak suka dibohongi, itulah mengapa mereka bersikap jujur dan apa adanya. 

Bahkan, ketika mengungkapkan kebenaran yang mungkin melukai perasaan orang lain, mereka tetap memilih untuk menyampaikannya dengan jujur dan tanpa diselubungi oleh tipu daya.

Baca juga: Intip Gaya Belajar yang Sesuai dengan Tipe Kepribadian MBTI, Kamu yang Mana?

KEKURANGAN KEPRIBADIAN INTP

Di balik kelebihan kepribadian INTP, tentu ada kekurangan yang dimilikinya. Kelemahannya ini, terkadang membuat masalah pada dirinya sendiri dan orang sekitarnya. 

Lantas, apa saja kekurangan MBTI INTP?

KURANG PEKA

Pemilik kepribadian INTP cenderung meremehkan pentingnya nilai-nilai irasional, seperti emosi, etiket, tradisi dan kasih sayang. Hal ini dapat membuat mereka “tidak sengaja” terlihat tidak peka, meski secara umum niat mereka baik.

Contohnya, ketika mereka terlalu fokus pada pemecahan masalah tanpa memperhatikan dampaknya pada hubungan interpersonal. Ini membuat mereka kurang peduli dengan perasaan orang lain, meski niat mereka sebenarnya mencari solusi efektif.

SULIT MENGAMBIL KEPUTUSAN

INTP adalah sosok yang dikenal sebagai pemikir, di mana pikiran mereka senantiasa aktif dan terkadang cenderung berlebihan atau disebut sebagai overthinker. 

Terkadang, kecenderungan ini membuat mereka terjebak dalam pola pikir yang terus-menerus. Akibatnya, ketika dihadapkan pada pengambilan keputusan, mereka seringkali kesulitan untuk memutuskan. 

SUKA BERARGUMENTASI DAN MENENTANG

Ketidakpekaan INTP dalam situasi yang dihadapinya membuat mereka sulit dalam berinteraksi sosial. Mereka cenderung menolak aturan, ekspektasi, atau adat istiadat yang menurutnya tidak logis.

Meskipun sering dianggap sebagai seseorang yang open minded, tetapi dalam beberapa kasus, mereka juga cenderung mempertanyakan banyak hal, bahkan melalui jalur perdebatan.

MERAGUKAN DIRI SENDIRI

Dalam beberapa situasi, mereka seringkali ragu dengan dirinya sendiri. Seorang INTP suka sekali berbagi ide-ide baru, namun masalahnya muncul ketika mereka harus menjelaskan rasionalitas di balik pola pikirnya.

Ketika berada dalam situasi semacam itu, mereka dapat menjadi terburu-buru dalam menyampaikan gagasan mereka, yang pada akhirnya dapat membuat lawan bicara kesulitan untuk mengikuti ide dan saran yang disampaikan.

Baca juga: Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Tipe MBTI Kamu

SIAPA PASANGAN YANG COCOK UNTUK MBTI INTP?

Setelah mengenal kepribadiannya, pertanyaan pun muncul, “MBTI INTP cocok dengan siapa ya?”. Setiap MBTI memiliki kompatibilitas hubungan masing-masing. Satu sama lain memiliki kecocokan yang berbeda.

Dilansir dari Very Well Mind, orang dengan kepribadian INTP cocok dengan tiga MBTI yaitu ENTJ, ESTJ, atau ENTP. Di sisi lain, mereka tidak cocok dengan orang dengan MBTI ISFJ dan ESFJ.

Secara keseluruhan, orang dengan MBTI INTP menunjukkan ciri yang unik dengan pemikirannya yang sangat logis. Namun di sisi lain, mereka juga kurang peka terhadap aspek emosional yang bahkan bisa melukai perasaan orang lain.

So, apakah kepribadian INTP di atas sesuai denganmu?

Suka bahas tentang kepribadian? Tambah pengetahuanmu seputar MBTI lebih banyak yuk, dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle.

Baca juga: 7 Tes Kepribadian Online Ini Bantu Cari Jati Diri, Ke-7 Recommended!

Sumber foto: Pexels