gagal menampilkan data

Article

6 Daftar PTN yang Membuka Ujian Mandiri 2024

Written by Adila Putri Anisya

Bagi kamu yang tidak masuk daftar siswa eligible atau pun gagal masuk pada jalur SNBP, tak perlu khawatir karena kamu dapat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jalur lainnya yaitu SNBT dan ujian mandiri 2024.

Jika kamu memilih ujian mandiri, Girls Beyond telah merangkum 6 PTN di Indonesia yang membuka jalur mandiri beserta syarat dan jadwalnya, simak sampai habis!

Baca juga: 7 Jalur Masuk Universitas Indonesia (UI), Calon Mahasiswa 2024 Wajib Tahu!

DAFTAR PTN YANG MEMBUKA UJIAN MANDIRI 2024

Jalur mandiri merupakan metode penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh PTN itu sendiri. Dalam jalur ini, calon mahasiswa mendaftar langsung ke PTN yang diinginkan dengan memenuhi syarat dan prosedur yang telah ditetapkan.

Berikut tujuh daftar PTN yang membuka ujian mandiri.

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Sumber foto: Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mengumumkan jadwal seleksi mandiri untuk tahun ini. Proses ujian mandiri yang diselenggarakan oleh UGM menggunakan sistem berbasis komputer dan terbuka bagi siswa kelas 12 serta lulusan dalam dua tahun terakhir, dengan batas usia maksimal 25 tahun pada tanggal 1 Juli 2024.

Biaya pendaftaran ujian mandiri UGM 2024 ini dikenakan sebesar Rp325 ribu untuk setiap tes SAINTEK dan SOSHUM. Sementara itu, biaya pendaftaran untuk tes campuran adalah Rp350 ribu (tes dilaksanakan di Jogja).

Jadwal UM UGM:

  • Pendaftaran online: 17 April 2024 pukul 15.00 WIB - 7 Mei 2024 pukul 15.00 WIB.
  • UM CBT Pekanbaru, Medan, Makassar, Balikpapan, Kupang: (belum diumumkan).
  • UM CBT Yogyakarta: 11-14 Juni 2024 (gelombang 1) dan 2-4 Juli 2024 (gelombang 2).
  • UM CBT Jakarta: 30 Juni-4 Juli 2024.
  • Pengumuman: 9 Juli 2024.

Cek informasi selengkapnya, untuk syarat dan prosedur di sini.

UNIVERSITAS INDONESIA (UI)

Sumber foto: Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menamakan seleksi mandiri dengan istilah SIMAK UI. Menurut informasi yang tersedia di laman resmi Simak.ui.ac, proses seleksi jalur mandiri SIMAK UI akan berlangsung mulai 19 Juni hingga 8 Juli 2024. 

Untuk ujian SIMAK UI sendiri dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2024 dan diumumkan pada tanggal 24 Juli 2024. Jika kamu ingin daftar jalur ini, silakan ikuti panduannya di https://penerimaan.ui.ac.id.

Sementara itu, persyaratan dan mekanisme ujian belum diumumkan, kamu bisa memantau informasi SIMAK UI pada laman Instagram resmi mereka di @instagram.com  dan websitenya di sini.

UNIVERSITAS PADJADJARAN (UNPAD)

Sumber foto: Detiknews

Universitas Padjadjaran membuka tiga skema untuk seleksi mandiri, yaitu seleksi berdasarkan nilai ujian, seleksi berdasarkan minat dan bakat, dan sarjana kelas internasional.

Jalur mandiri UNPAD hanya dibuka untuk para lulusan SMA/sederajat, dari angkatan 2022, 2023, 2024, serta paket C dengan batas usia maksimal 22 tahun. 

Belum ada informasi mengenai jadwal Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Namun dilihat dari tahun 2023, pendaftaran kemungkinan dibuka akhir bulan Maret.

Untuk pengumuman jadwal ujian mandiri UNPAD 2024, silakan pantau akun Instagram @smupunpad atau websitenya di sini.

UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP_

Sumber foto: Universitas Diponegoro

UNDIP membuka ujian seleksi mandiri dengan biaya pendaftaran Rp350 ribu. 

Bagi kamu yang ingin masuk UNDIP jalur mandiri, diwajibkan memenuhi syarat, yaitu lulusan SMA/sederajat maksimal di tahun 2022, 2023, dan 2024, dan paling tinggi usia pendaftar 22 tahun. 

Calon mahasiswa yang mendaftar ujian mandiri UNDIP 2024 akan mengikuti ujian dengan materi yang setara dengan UTBK-SNBT, meliputi Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).

Sementara itu, jadwal pembukaan ujian mandiri 2024 UNDIP berdasarkan tahun 2023, dibuka pada bulan Mei. 

Untuk informasi ter-update, silakan pantau akun Instagram resminya di @undip.official atau cek websitenya di sini.

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH (ITS)

Sumber foto: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, ITS seringkali membuka jalur seleksi mandiri untuk calon mahasiswa baru. 

Biasanya, seleksi jalur mandiri dilakukan dengan berbagai prosedur yang ditetapkan oleh ITS, seperti tes tertulis, wawancara, dan penilaian berkas. Seleksi di ITS menggunakan nilai rapor dan didukung dengan prestasi akademik dan non akademik.

Calon mahasiswa yang mendaftar ditujukan untuk lulusan SMA/sederajat pada tiga tahun terakhir, yaitu 2022, 2023, dan 2024. 

Jalur mandiri untuk sarjana ini, dibuka hanya untuk jurusan eksakta, kecuali untuk program studi Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan, dapat menerima juga siswa dari jurusan non-eksakta.

Belum ada jadwal ujian mandiri ITS, silakan pantau Instagramnya di @its_admission dan cek websitenya di sini.

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Sumber foto: Detikcom

Selanjutnya universitas yang menawarkan ujian mandiri 2024 adalah Universitas Brawijaya. Universitas yang berlokasi di Jawa Timur ini, membuka Seleksi Mandiri (Selma) mulai dari nilai rapor, jalur prestasi, penyandang disabilitas dan khusus D3.

Data nilai rapor yang diperlukan dalam jalur mandiri ini yakni nilai pada lima semester, yaitu kelas 10 semester 1-2, kelas 11 semester 1-2, dan kelas 12 semester 1).

Sementara itu, untuk persyaratan khususnya pada setiap jalur seleksi mandiri, berbeda-beda. Untuk informasi terbaru, kamu bisa cek Instagram resmi mereka di @univ.brawijaya dan websitenya di sini.

Jadwal ujian mandiri 2024 kebanyakan belum diumumkan, namun biasanya segera diumumkan setelah pengumuman SNBP 2024. Jadi, pastikan untuk kamu, memantau akun resmi Universitas yang dituju agar tidak ketinggalan informasinya.

Dapatkan informasi ter-update lainnya seputar seleksi mandiri dengan join komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5 PTN dengan Ujian Mandiri Tanpa Syarat Nilai UTBK 2023

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond